Puncak Jati Desa Timuhun, Pilihan Tempat yang Tepat Menyaksikan Keindahan Klungkung dari Atas Bukit

Puncak Jati Desa Timuhun

Nusa Penida menjadi destinasi yang paling terkenal di Kabupaten Klungkung. Namun, bukan berarti Klungkung tidak memiliki tempat liburan menarik lain. Bagi Anda yang doyan berburu foto instagramable, Puncak Jati Desa Timuhun bisa menjadi pertimbangan lokasi berlibur yang menarik. Dari puncak bukit yang satu ini, Anda dapat memperoleh pemandangan berupa keindahan alam Klungkung dari atas bukit.

Nama Puncak Jati memang jarang dikenal oleh para wisatawan. Demikian pula Desa Timuhun yang merupakan desa di wilayah Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Desa ini dulunya merupakan wilayah dari Kerajaan Gelgel. Nama Timuhun yang ada pada desa ini, memiliki arti sebagai pertemuan. Alasannya, karena dulunya tempat ini merupakan lokasi pertempuran pasukan dari 4 wilayah, yakni Gelgel, Bangli, Gianyar, serta Dalem Tarukan.

Desa Timuhun Klungkung sebagai Desa Wisata

Desa Timuhun baru saja memperoleh status sebagai desa wisata. Status tersebut tidak sekadar nama. Suasana yang ada di Desa Timuhun, memang sangat mendukung bagi para wisatawan untuk melakukan aktivitas liburan. Di sini, para wisatawan dapat menemukan areal sawah yang tertata rapi. Jumlah sawah yang bisa ditemukan di Desa Timuhun juga sangat luas.

Puncak Jati Desa Timuhun 1 » Puncak Jati Desa Timuhun, Pilihan Tempat yang Tepat Menyaksikan Keindahan Klungkung dari Atas Bukit

Nah, satu tempat yang menarik dari Desa Timuhun bisa Anda temukan ketika mengarah bagian utara desa. Di sini, terdapat area perbukitan yang menjadi lokasi favorit para kawula muda Desa Timuhun. Bukit ini masih penuh dengan pohon yang hijau. Suasana yang rindang dan asri dengan udara sejuk, membuat bukit yang disebut dengan Puncak Jati atau Pucak Jati itu menjadi lokasi liburan yang asyik.

Pemandangan Indah Desa Timuhun dari Puncak Jati

Puncak Jati Desa Timuhun 2 » Puncak Jati Desa Timuhun, Pilihan Tempat yang Tepat Menyaksikan Keindahan Klungkung dari Atas Bukit

Puncak Jati dalam beberapa tahun terakhir mulai dikenal oleh para wisatawan. Mereka yang berkunjung serta menikmati keindahan alam Puncak Jati tidak hanya masyarakat lokal. Banyak pula wisatawan domestik serta turis asing yang tertarik dengan suasana alami yang ada di Puncak Jati.

Pemandangan yang ada di Puncak Jati Desa Timuhun memang sangat istimewa. Dari sini, Anda dapat melihat pemandangan Desa Timuhun tanpa terhalang apapun. Pemandangan berupa sawah milik warga, kebun cabai yang berwarna merah, serta rumah warga tertata begitu asri.

Puncak Jati Desa Timuhun 3 » Puncak Jati Desa Timuhun, Pilihan Tempat yang Tepat Menyaksikan Keindahan Klungkung dari Atas Bukit

Tidak hanya itu, Anda dapat pula menyaksikan pemandangan Gunung Agung di kejauhan. Pemandangan gunung tertinggi yang berselimut kabut tipis. Pepohonan yang rindang di Bukit Jati juga membuat pemandangan kian menarik. Anda bisa bersantai dengan memasang hammock di sana.

Kalau mau, Anda bisa pula memilih untuk berkemah di area Bukit Jati. Hanya saja, tempat ini sebenarnya bukan area wisata. Oleh karena itu, fasilitas yang bisa Anda temukan bakal sangat terbatas. Meski begitu, dengan mendirikan tenda di Puncak Jati, Anda bisa menikmati pemandangan pagi hari serta sore hari dengan puas.

Cara Menuju Lokasi Puncak Jati Desa Timuhun

Desa Timuhun memiliki lokasi yang relatif cukup mudah Anda jangkau. Hanya saja, jarak antara Desa Timuhun dengan Kota Denpasar memang cukup jauh. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 60 menit naik kendaraan melintasi Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra untuk terlebih dahulu sampai ke Kota Semarapura.

Puncak Jati Desa Timuhun 4 » Puncak Jati Desa Timuhun, Pilihan Tempat yang Tepat Menyaksikan Keindahan Klungkung dari Atas Bukit

Selanjutnya, Anda dapat menjangkau Desa Timuhun dalam waktu yang cukup singkat dari Semarapura. Hanya perlu waktu tempuh kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai ke Timuhun. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke Puncak Jati. Anda tak perlu khawatir, bukit ini sudah disertai dengan jalanan beraspal yang memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Foto via @DesaTimuhun