Pura Batu Kursi Pemuteran, Pura Keramat di Bali Tempat Memohon Jabatan

Pura Batu Kursi Pemuteran

via Punapi Bali

Desa Pemuteran di Kabupaten Buleleng terkenal dengan pantainya yang bernama Pantai Pemuteran. Namun, Anda juga bisa menjumpai pura yang keramat dan banyak dikunjungi wisatawan di desa ini. Nama pura tersebut adalah Pura Batu Kursi Pemuteran.

Pura Batu Kursi Pemuteran 3 1024x768 » Pura Batu Kursi Pemuteran, Pura Keramat di Bali Tempat Memohon Jabatan

via Flickr/Kars Alfrink

Bagi masyarakat Bali, Pura Batu Kursi memang memiliki status yang spesial. Mereka yang berkunjung ke Pura Batu Kursi berniat untuk meminta jabatan atau kedudukan tinggi. Hal yang cukup menarik, mereka yang datang ke sini tidak hanya masyarakat Hindu Bali, tetapi juga para wisatawan.

Pura Batu Kursi Desa Pemuteran yang Menawarkan Pemandangan Memukau

Bukan tanpa alasan kenapa para wisatawan banyak yang berkunjung ke Pura Batu Kursi. Pura ini berlokasi di atas bukit yang disebut dengan nama Bukit Batu Kursi. Bukit ini menawarkan pemandangan Desa Pemuteran yang memesona dari ketinggian.

Pura Batu Kursi Pemuteran 2 » Pura Batu Kursi Pemuteran, Pura Keramat di Bali Tempat Memohon Jabatan

via Punapi Bali

Pemandangan indah yang ada di puncak Bukit Batu Kursi membuat para wisatawan kerap memilih bukit ini sebagai lokasi trekking. Untuk melakukan aktivitas trekking di Bukit Batu Kursi juga cukup nyaman. Apalagi, di sini telah ada jalur trekking berupa tangga permanen.

Bukit Batu Kursi di Desa Pemuteran memiliki pemandangan yang tak kalah indah dibandingkan dengan Bukit Campuhan yang terkenal sebagai rute trekking di Ubud. Di sini, Anda akan bukit dengan padang rumput yang luas. Ketika musim hujan, pemandangan di sini bakal sangat hijau dan kemudian beralih menjadi bukit yang kering saat musim kemarau.

baca juga: Pura Pucak Tedung, Pura Bersejarah Penuh dengan Cerita Mitos

Pura Batu Kursi Pemuteran 1 1024x1024 » Pura Batu Kursi Pemuteran, Pura Keramat di Bali Tempat Memohon Jabatan

via Punapi Bali

Bagi para wisatawan yang ingin melakukan trekking atau sengaja menyempatkan waktu berkunjung ke Pura Bukit Kursi perlu memilih waktu yang tepat. Biar terhindar dari sengatan panas matahari, Anda dapat memilih waktu kunjungan pada pagi atau sore hari.

baca juga: Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

Ketika pagi atau sore hari, Anda bisa memperoleh suguhan pemandangan yang indah matahari terbit serta matahari terbenam. Namun, kalau Anda bersikukuh datang ke Bukit Batu Kursi pada siang hari, pastikan untuk mengenakan kostum yang tepat. Pastikan untuk memakai topi serta sunblock.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Berkunjung ke Pura Bukit Batu Kursi Pemuteran

Saat Anda ingin melakukan trekking, tidak ada aturan terkait jenis pakaian yang digunakan. Namun, lain halnya ketika Anda ingin masuk ke area pura dan menyaksikan keunikan pura yang digunakan sebagai lokasi memohon jabatan ini. Pura ini merupakan bangunan yang keramat, oleh karena itu pastikan untuk mengenakan pakaian adat yang sopan.

Selain itu, pura yang keramat juga tidak boleh dikunjungi bagi para wisatawan wanita yang tengah berada dalam kondisi datang bulan. Para pengunjung yang baru kehilangan saudara atau anggota keluarga juga dilarang untuk memasuki pura suci ini. Di waktu yang sama, pastikan pula untuk menjaga kebersihan dengan tidak menjaga sampah sembarangan.

baca juga: Uniknya Pura Pucak Mangu Pelaga, Pura Kahyangan Jagat yang Ada di Puncak Gunung

Kalau ingin berkunjung ke Pura Batu Kursi, Anda dapat terlebih dahulu menuju ke Desa Pemuteran yang ada di Kecamatan Grokgak, Buleleng. Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 123 km dari Denpasar. Kalau dari Pantai Lovina, Anda hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 46 km. Selain itu, pura ini juga cukup dekat dengan destinasi lain, seperti Pura Pulaki, Pura Pemuteran, serta Pulau Menjangan.