Pura Beji Sangsit, Pura Kuno dengan Desain Arsitektur Unik di Bali

Pura Beji Sangsit

via Michelin

Pura Beji Sangsit jadi satu dari sekian banyak pura unik yang bisa ditemukan di Pulau Dewata, Bali. Pura ini merupakan salah satu pura kuno dengan desain arsitektur klasik yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Meski, sangat disayangkan karena tidak ada catatan sejarah yang pasti mengenai keberadaan pura ini.

Para ahli sejarah memang kesulitan untuk menjumpai catatan mengenai keberadaan Pura Beji Sangsit. Tidak ada sumber tertulis berupa lontar ataupun prasasti yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi tambahan terkait pura ini. Alhasil, sumber utama dari sejarah pura hanya bisa didapatkan dari cerita nenek moyang.

Pura Beji Sangsit Jadi Pura untuk Penyembahan Pada Dewi Sri

Pura Beji Sangsit sendiri merupakan sebuah pura yang dibangun dengan tujuan untuk menyembah Dewi Sri yang tak lain merupakan Dewi Kesuburan dalam kepercayaan umat Hindu. Masyarakat yang tinggal di sekitar pura biasa melangsungkan upacara permohonan keselamatan dan kesejahteraan kepada Ida Sang Hyang Widhi yang dianggap hadir dalam bentuk manifestasi Dewi Ayu Manik Galih, Dewi Sri, dan Dewi Braban di Pura Beji.

baca juga: Museum Gedong Kirtya Singaraja, Menyaksikan Koleksi Lontar Bali dengan Nilai Sejarah Tinggi

Pura Beji Sangsit 1 » Pura Beji Sangsit, Pura Kuno dengan Desain Arsitektur Unik di Bali

via Michelin

Lewat pemujaan yang dilakukan di pura ini, masyarakat Hindu Bali percaya kalau mereka bisa mendapatkan hasil sawah yang melimpah. Meski, dalam praktiknya, mereka juga perlu melakukan penyembahan dan persembahyangan lainnya kepada Ida Betara yang dilakukan di Pura Desa Pengastulan. Penyembahan di pura ini, dilakukan untuk sarana pemberantasan hama.

baca juga: Pura Dalem Jagaraga Singaraja, Pura Unik dengan Relief Kehidupan Rakyat Bali di Zaman Kolonial

Arsitektur Unik Pura Beji Sangsit

Pura ini, bagi masyarakat Bali, memang punya nilai penting sebagai bagian dari konsep religi yang mereka percayai. Bagi para wisatawan, pura ini juga menjadi destinasi wisata religi yang tak kalah unik. Apalagi, desain arsitektur yang dimiliki oleh Pura Beji memiliki keunikan dibandingkan dengan pura lain yang ada di Bali.

Pura Beji Sangsit 2 1024x360 » Pura Beji Sangsit, Pura Kuno dengan Desain Arsitektur Unik di Bali

via Wikipedia

Keunikan pertama yang bakal Anda saksikan di pura ini adalah desain bangunan yang terlihat simetris. Bagian simetris dari pura itu bakal terlihat sangat cantik dalam jepretan sebuah kamera. Anda juga akan mendapati bahwa bangunan pura ini terbagi menjadi 3 bagian, yakni Nisata Mandala (luar), Madya Mandala (tengah), dan Utama Mandala (jeroan).

Pada bagian luar, Anda akan mendapati bale kulkul yang terlihat begitu menjulang. Sementara itu, di lokasi antara bagian luar dan tengah, Anda akan mendapati ukuran serta relief berseni tinggi. Selain itu, ada pula satu keunikan yang bisa dijumpai di sini, yakni keberadaan patung asing yang konon merupakan warga Belanda. Dua patung tersebut digambarkan tengah memegang rebab dan gitar yang terletak di jeroan pura.

Selain memiliki desain arsitektur unik, pura ini juga menawarkan suasana yang begitu rindang. Di sekeliling pura, terdapat pepohonan yang memberikan kesejukan tersendiri. Hal tersebut, membuat pura ini tak hanya menawarkan suasana unik, tapi juga nyaman bagi para pengunjung.

Lokasi Pura Beji Sangsit

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pura ini bisa datang secara langsung ke lokasinya yang ada di Desa Sangsing, Kecamatan Sawan di Buleleng. Untuk sampai ke sini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 8 km dari pusat Kota Singaraja.

Anda bisa datang ke sini pada hari-hari biasa ataupun hari libur. Hanya saja, dengan catatan, perihal kesopanan harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kedatangan Anda mengganggu proses ibadah pengunjung yang tengah beribadah, ya!