Pura Dalem Dukun Sakti, Pura Unik dengan Pelinggih Mirip Kubah Masjid

Pura Dalem Dukun Sakti

via Merdeka

Keberadaan pelinggih atau tugu di dalam sebuah pura merupakan hal yang cukup biasa. Apalagi, pelinggih tersebut sengaja ditempatkan sebagai stana dari para dewa yang disembah oleh umat Hindu Bali. Namun, saat berkunjung ke Pura Dalem Dukun Sakti, Anda akan menjumpai pelinggih dengan bentuk yang begitu unik dan berbeda. Pelinggih tersebut sengaja dibentuk layaknya sebuah kubah masjid.

Pelinggih berbentuk kubah masjid itu dipercaya sebagai pelinggih yang menjadi stana Tuan Mekah atau Ida Betara Tuan Mekah. Tidak ada catatan sejarah ataupun cerita yang mengungkapkan asal-usul dari pelinggih Tuan Mekah di pura ini. Hanya saja, pengempon atau umat Hindu yang melakukan persembahan pada pelinggih ini memiliki keunikan dibandingkan pengempon dari pelinggih lain.

Pura Dalem Dukun Sakti 1 » Pura Dalem Dukun Sakti, Pura Unik dengan Pelinggih Mirip Kubah Masjid

via Bali Express

Pengempon Pelinggih Tuan Mekah di Pura Dalem Dukun Sakti Tak Makan Daging Babi

Bentuk pelinggih seperti kubah masjid bukanlah satu-satunya keunikan dari Pelinggih Tuan Mekah di Pura Dalem Dukun Sakti. Pemberian sesajen di pelinggih ini juga berbeda. Dalam setiap upacara, para pengamponnya dilarang untuk makan daging babi. Demikian pula pemberian sesajen yang harus bebas dari daging babi.

Pura Dalem Dukun Sakti 3 » Pura Dalem Dukun Sakti, Pura Unik dengan Pelinggih Mirip Kubah Masjid

via Merdeka

Larangan untuk tidak memakan daging babi itu hanya berlaku ketika akan memasuki area pura. Kondisinya akan menjadi lebih ekstrem saat pelaksanaan upacara Puja Wali, yang mengharuskan pengamponnya menghindarkan diri dari daging babi. Menariknya, mereka yang menjadi pengampon Pelinggih Tuan Mekah, punya kecenderungan untuk tidak makan daging babi seterusnya.

Keunikan yang dimiliki Pelinggih Tuan Mekah di Pura Dalem Dukun Sakti tidak hanya itu. Ada fenomena menarik ketika Ida Betara Tuan Mekah merasup turun ke tubuh pemangku. Pada peristiwa ini, maka secara otomatis pemangkunya akan berbicara dengan bahasa Arab.

Selain pelinggih berbentuk kubah masjid. Ada pula pelinggih unik lainnya di Pura Dalem Dukun Sakti. Pelinggih-pelinggih tersebut di antaranya adalah stana dari Ida Betara Dalem Blambangan, Ida Betara Mahameru, serta Ida Betara Engkong. Seperti halnya Ida Betara Tuan Mekah, Ida Betara Engkong ketika merasup juga membuat pemangkunya berbicara dengan bahasa Mandarin.

Pura Dalem Dukun Sakti yang Sakti dan Mampu Menyembuhkan Beragam Penyakit

Pura ini dulunya bukan bernama Pura Dalem Dukun Sakti, melainkan Pura Dalem Dukuh Sakti. Perubahan nama pada pura ini terjadi karena pemangku terdahulu yang bernama Jro Gede Mangku Wayat Patra, merupakan sosok penyembuh yang secara khusus ditunjuk oleh Betara yang punya stana di Pura Dukun Sakti.

Pura Dalem Dukun Sakti 2 » Pura Dalem Dukun Sakti, Pura Unik dengan Pelinggih Mirip Kubah Masjid

via Merdeka

Jenis penyakit yang mampu disembuhkan oleh Jro Gede Mangku Wayan Patra juga begitu beragam. Tidak hanya menyakit medis yang bisa disembuhkan, tetapi juga penyajit nonmedis. Apalagi, cara penyembuhan yang dilakukan pemangku di sini merupakan metode penyembuhan dari petunjuk Betara.

Karena terkenal dengan kemampuan penyembuhannya tersebut, Pura Dalem Dukuh Sakti berubah nama menjadi Pura Dalem Dukun Sakti. Kondisi itu juga terus berlangsung hingga saat ini. Tak sedikit warga yang berbondong-bondong datang ke Pura Dukun Sakti untuk meminta kesembuhan dari beragam jenis penyakit.

Cukup menarik kan melihat fenomena keunikan yang dimiliki oleh Pura Dalem Dukun Sakti. Tidak hanya keberadaan pelinggih yang unik, tetapi juga dari kemampuan penyembuhannya yang sakti. Kalau ingin menuju ke pura ini, Anda dapat datang secara langsung ke lokasinya yang terletak di sebelah utara dari Balai Banjar Tuban Griya, di Badung.

Mengenai kemampuan penyembuhannya, Anda boleh percaya atau tidak, terserah pada diri masing-masing.