Pura Dalem Purwa Pengastulan, Pura Bersejarah yang Memiliki Patung Unik di Bali

Pura Dalem Purwa Pengastulan

via Bali Express

Pura yang ada di Pulau Bali memang begitu banyak. Namun, setiap pura yang berdiri di pulau ini, memiliki keunikan serta ciri khas masing-masing. Pura Dalem Purwa Pengastulan merupakan salah satu pura dengan keunikan yang mungkin akan sangat sulit Anda jumpai di pura lain.

Pura Dalem Purwa Pengastulan merupakan salah satu pura tiga kahyangan yang terletak di Dusun Purwa, Desa Pengastulan di Kabupaten Seririt. Seperti halnya pura dalem lain, pura ini merupakan pura yang dibangun sebagai tempat penyembahan kepada Dewa Siwa, sosok Dewa Pelebur dalam kepercayaan pemeluk agama Hindu di Bali.

Pura Dalem Purwa Pengastulan 2 » Pura Dalem Purwa Pengastulan, Pura Bersejarah yang Memiliki Patung Unik di Bali

via Bali Express

Pura Dalem Purwa Pengastulan Merupakan Pura Kuno Bersejarah di Bali

Pura ini juga merupakan salah satu pura yang berusia sangat tua di Bali. Keberadaannya jauh sebelum berdirinya Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu, pura ini kerap disebut sebagai pura kuno. Nah, keunikan yang ada pada pura ini bisa Anda temukan pada deretan patung di area mandala utama. Di situ, terdapat patung yang sengaja didesain dalam posisi (mohon maaf) tengah berhubungan intim seperti yang ada dalam Kamasutra.

baca juga: Mengetahui Perbedaan Pura Desa, Puseh, dan Pura Dalem

Para ahli sejarah memperkirakan bahwa pembangunan pura ini dilakukan sebelum tahun 1.352 Masehi. Apalagi, desain arsitektur Pura Dalem Purwa Pengastulan memiliki perbedaan yang begitu mencolok dibandingkan dengan pura-pura yang ada setelah masa Kerajaan Majapahit di Bali. Perbedaan tersebut di antaranya adalah posisi Palinggih Prajapati dan Palinggih Gedong Dalem yang berada di satu area dan terletak di hulu desa, atau yang kerap disebut nyuwun setra.

Posisi penempatan palinggih tersebut jauh berbeda dibandingkan dengan pura yang dibangun setelah masa pendudukan Kerajaan Majapahit. Pura pada zaman Kerajaan Majapahit memiliki penempatan Pura Dalem serta Pura Prajapati secara berbeda. Oleh karena itu, keberadaan pura ini menjadi salah satu peninggalan sejarah yang begitu penting bagi masyarakat Bali, khususnya bagi warga Desa Pengastulan.

Desain Arsitektur Unik Pura Dalem Purwa Pengastulan

Pura Hindu di Bali ini memiliki 3 area mandala seperti yang kerap dijumpai pada pura lain. Nista mandala terletak pada bagian terluar. Selanjutnya, ada madya mandala yang berbatasan dengan nista mandala, dengan disertai pembatas berupa candi bentar. Selanjutnya, ada area mandala utama yang menjadi tempat keberadaan Palinggih Dewa Gede Dalem, Palinggih Dewa Bagus Bukit, Palinggih Prajapati, dan lain-lain.

baca juga: Mengenal Jenis Pura di Bali Berdasarkan Fungsi serta Karakteristiknya

Sampai di sini, Anda tidak akan menemukan hal unik yang dimiliki oleh Pura Dalem Purwa Pengastulan. Keunikan tersebut bisa ditemukan pada deretan palinggih. Di situ, Anda akan menjumpai patung-patung yang sengaja dibentuk dengan posisi seperti layaknya sepasang manusia yang (mohon maaf) sedang  bersenggama seperti di adegan Kamasutra. Alat kelamin patung laki-laki tersebut pun terlihat begitu jelas, meski telah dibungkus dengan wastra poleng.

Lalu, ada pula patung yang memperlihatkan sosok perempuan hamil yang tengah melahirkan bayi. Menariknya lagi, ada patung lain yang memperlihatkan sosok perempuan tengah diapit oleh dua patung laki-laki. Seperti halnya patung yang juga tengah berhubungan s3ksual.

Melihat fenomena patung tersebut, Anda tentu akan berpikir hal yang tidak-tidak. Padahal, menurut kepercayaan masyarakat Hindu setempat, patung tersebut merupakan simbol menyatunya antara kekuatan Dewa Siwa dengan Dewi Durga atau Dewi Parwati. Pada tahapan selanjutnya, simbol penyatuan tersebut menjadi penyebab munculnya kebahagiaan, kemakmuran, serta kesejahteraan.