Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik dengan Berhiaskan Stalaktit dan Stalagmit Alami

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

via villabalisale

Bali terkenal dengan sebutan pulau seribu pura. Banyak pura unik yang bisa dijumpai di sini, dan Pura Goa Giri Putri Nusa Penida adalah salah satunya. Keunikan utama yang dimiliki oleh pura ini adalah pada lokasinya. Alih-alih dibangun seperti pura lain, pura ini berlokasi di dalam gua.

Pura Goa Giri Putri ini ada di Nusa Penida. Seperti yang diketahui, kawasan Nusa Penida memiliki keindahab alam yang cantik. Lokasinya berada di atas ketinggian 150 meter diatas permukaan laut, dengan panjang kurang lebih 262 meter.

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida 3 1 1024x684 » Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik dengan Berhiaskan Stalaktit dan Stalagmit Alami

via thenusapenida

Sejarah Singkat Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Sejarah pura ini diprediksi sejak jaman Neolitikum. Di zaman ini, dikatakan bahwa manusia hidup tanpa norma, peraturan bahkan perasaan. Mereka selalu hidup sebagai ancaman bagi manusia lainnya. Hukum rimba berlaku, siapa yang lebih kuat, ia akan bertahan di dunia ini.

baca juga: Pura Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Paling Indah di Pulau Dewata

Untuk menyelamatkan nyawa dan berkeluarga, goa ini digunakan sebagai tempat berlindung. Dan kemudian zaman semakin berubah, semakin besar dan luas, pura ini digunakan sebagai tempat meditasi dan fungsi spiritual. Pura ini baru ditemukan pada tahun 1990, dan saat ditemukan hingga sekarang goa ini dibuka untuk umum.

Pemberian Nama “Giri Putri” pada Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Kata “Giri Putri” diberikan kepada goa terbesar di Pulau Nusa Penida ini berdasarkan beberapa alasan. Kata Giri berarti bukit dan kata putri berarti wanita. Kata-kata tersebut diberikan berkaitan dengan goa suci ini sebagai pemujaan Dewa Siwa dengan manifestasi dewi yang memiliki sifat melindungi, merawat dan mencintai manusia.

baca juga: Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Keunikan Tradisi Melukat

Daya Tarik Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Di dalam goa ini terdapat saluran air, stalagmit, stalagtit, kelelawar dan ular. Ada empat area utama di kawasan goa yang digunakan sebagai area persembahyangan utama. Selain itu, air di dalam goa digunakan sebagai air suci untuk upacara.

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida 2 » Pura Goa Giri Putri Nusa Penida, Pura Unik dengan Berhiaskan Stalaktit dan Stalagmit Alami

via kristinakomala

Untuk masuk ke dalam goa, Anda harus masuk melalui jalur yang sangat kecil. Jalurnya hanya sebesar ember. Bahkan orang dewasa rasanya tak akan mampu masuk ke dalan. Namun, hanya kelihatannya saja. Saat Anda mencoba masuk, maka Anda akan dapat melaluinya tanpa mendapat hambatan yang berarti.

baca juga: Pura Luhur Batukaru, Pura Suci Masyarakat Hindu Bali

Setelah melalui jalan masuk yang sempit, Anda harus melalui puluhan anak tangga untuk menuju tempat persembahyangan utama. Anak tangga yang dihiasi patung dua naga pada dinding tangga terkesan megah. Permukaan anak tangga licin mengharuskan pengunjung harus berhati-hati.

Jika Anda datang tepat di hari raya umat hindu, maka Anda dapat melihat secara langsung upacara Galungan dan Kuningan di dalam Pura Goa Giri Putri.

Fasilitas Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini belum memiliki fasilitas yang lengkap. Bahkan memasuki goa, Anda akan kepanasan dan merasakan pengap. Untuk minum, Anda dapat mengambil dari mata air dekat goa. Sedangkan perbekalan lainnya, Anda dapat membawanya sendiri.

Lokasi Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Pura Goa Giri Putri terletak di Dusun Karangsari, Desa Pakraman Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jalan menuju goa cukup landai namun tetap harus berhati-hati sebab jika turun hujan, jalanan akan menjadi becek dan licin.