Pura Kebo Edan Ubud, Pura Suci yang Menjadi Perlindungan dari Segala Jenis Ilmu Hitam

Pura Kebo Edan Ubud

via Jawa Pos

Nama Pura Kebo Edan Gianyar memang kurang begitu populer di telinga wisatawan mancanegara ataupun domestik. Oleh karena itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Pura Kebo Edan tidak terlalu tinggi. Meski begitu, pura ini memiliki berkah tersendiri bagi umat Hindu Bali. Mereka percaya kalau kunjungan ke Pura Kebo Edan bisa memberi perlindungan terhadap berbagai jenis ilmu hitam, termasuk leak.

Pura Kebo Edan Ubud 3 » Pura Kebo Edan Ubud, Pura Suci yang Menjadi Perlindungan dari Segala Jenis Ilmu Hitam

via Bali Tours Club

Pura Kebo Edan memang sudah lama dikenal sebagai pura suci yang terkenal sebagai pura yang bertolak belakang atau anti dengan segala jenis ilmu hitam. Perlindungan itu bisa didapatkan karena Pura Kebo Edan tidak lain karena keberadaan sosok Bhairawa. Keberadaannya bisa menghilangkan berbagai jenis efek negatif yang ditimbulkan oleh praktisi ilmu hitam.

Cara Bhairawa di Pura Kebo Edan Gianyar Memberi Perlindungan dari Ilmu Hitam

Bagi masyarakat awam, mungkin kurang begitu percaya terkait perlindungan terhadap yang diberikan oleh Bhairawa kepada para pengunjung. Namun, Jro Mangku Ngakan Putu Duaja yang merupakan juru kunci pura mengungkapkan kalau dirinya sudah berulang kali melihat secara langsung pengunjung yang merasakan perlindungan tersebut.

Pura Kebo Edan Ubud 2 » Pura Kebo Edan Ubud, Pura Suci yang Menjadi Perlindungan dari Segala Jenis Ilmu Hitam

via Bali Tours Club

baca juga: Makam Pangeran Mas Sepuh Bali, Wisata Religi Wali Pitu yang Menjadi Ziarah Umat Hindu dan Islam

Hal yang sering terjadi adalah, para pengunjung dengan kepemilikan ilmu hitam, tidak mempunyai keberanian untuk masuk ke area pura. Ketika mereka berani melanggar pantangan tersebut, bisa jadi orang tersebut bakal mengalami kebingungan sehingga tidak menemukan jalan keluar dari pura. Padahal, Pura Kebon Edan Gianyar memiliki struktur bangunan yang terbagi menjadi tiga, yakni jaba pisan, madya mandala, atau utama mandala layaknya pura lain.

Pura Kebo Edan Ubud 1 » Pura Kebo Edan Ubud, Pura Suci yang Menjadi Perlindungan dari Segala Jenis Ilmu Hitam

via Jawa Pos

Pura ini memiliki 3 pelinggih utama. Pelinggih Bhatara Siwa Bhairawa atau yang disebut pula dengan nama Arca Batu Sakti, Bhairawa Bima Sakti, serta Ratu Balian, berada di bagian tengah diapit oleh 2 pelinggih lain. Pelinggih ini memiliki ketinggian mencapai 3,6 meter dengan bentuk yang terlihat menyeramkan. Apalagi, Arca Bhairawa diposisikan tengah duduk di antara tumpukan mayat manusia.

baca juga: Menilik Keberadaan Pura Samuan Tiga Ubud, Pura Bersejarah yang Menjadi Pemersatu Bali

Di samping kiri dan kanan pelinggih Bhairawa, Anda akan menjumpai keberadaan 2 pelinggih lain yang masing-masing berbentuk kerbau dan babi, yang disebut arca Bawi dan Kebo. Arca Kebo menjadi simbol pemarah, sementara itu Bawi menjadi representasi dari sifat malas. Keberadaan Siwa Bhairawa, menjadi perantara yang menetralisir kedua jenis sifat negatif tersebut.

Keberadaan dua pelinggih yang mengapit archa Bhairawa ini juga dipercaya punya keistimewaan tersendiri. Masyarakat Bali banyak yang berkunjung ke Pura Kebo Edan dengan tujuan untuk meminta permohonan kesembuhan ternak yang sakit. Sebagai tambahan, kedua pelinggih tersebut juga memiliki peran penting yang bisa memberi anugerah bagi orang yang mengalami kesulitan memperoleh keturunan.

baca juga: Pura Batu Kursi Pemuteran, Pura Keramat di Bali Tempat Memohon Jabatan

Lokasi Pura Kebo Edan Ubud

Dengan keutamaan seperti itu, Pura Kebo Edan menjadi pura dengan peran penting di Bali. Secara administratif, pura yang beralamat di Jl. Raya Tampak Siring, Blahbatuh, Gianyar ini berada di wilayah Desa Pejeng. Anda dapat menemukan Pura Kebo Edan berada di wilayah perbatasan Desa Pejeng dengan Desa Bedulu. Kalau mau, Anda dapat berkunjung melihat keunikan Pura Kebo Edan barang sejenak ketika liburan ke Ubud.