Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

Pura Pucak Kedaton Tabanan

via Apa Aja Guna

Keberadaan Gunung Batukaru yang merupakan gunung tertinggi kedua bagi masyarakat Bali sangat penting. Bahkan, ketika berada di sini, Anda bakal kerap menjumpai masyarakat Bali yang melakukan pendakian. Tujuan mereka bukan untuk mengisi liburan dengan aktivitas hiking, tetapi bersembahyang dan berkunjung ke Pura Pucak Kedaton Tabanan.

Pura Pucak Kedaton Tabanan 3 » Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

via Ashram Gayatri

Pura Pucak Kedaton memang dikenal sebagai salah satu pura dengan lokasi yang fenomenal di Bali. Pura ini berada di puncak Gunung Batukaru yang memiliki ketinggian 2.276 meter di atas permukaan laut (mdpl). Keberadaannya melengkapi Pura Luhur Batukaru yang dikenal sebagai stana Dewa Mahadewa yang berlokasi di kaki Gunung Batukaru.

baca juga: Bali Alus, Produk Prawatan Wanita Asli Denpasar Sebagai Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali

Pura Pucuk Kedaton Tabanan, Pura Negeri Atas Awan

Seperti halnya Pura Luhur Batukaru, Pura Pucuk Kedaton juga dikenal sebagai pura yang menjadi manifestasi Dewa Mahadewa. Pura ini kerap disebut pula sebagai salah satu pura tertinggi yang ada di Bali. Para pemedek atau masyarakat Bali yang berkeinginan untuk bersembahyang di pura ini harus melakukan perjuangan cukup berat. Meski begitu, hal tersebut tidak menghentikan niatan mereka.

Pura Pucak Kedaton Tabanan 1 1024x768 » Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

via Oratoretku

Jalur menuju Pura Pucuk Kedaton memang beda dengan jalur di pura lain. Untuk menuju ke pura ini, Anda harus melintasi jalur pendakian yang cukup curam. Meski, jalur pendakian ke puncak Gunung Batukaru memang tidak terlalu berbahaya. Bahkan, Rute pendakian ini kerap disebut sebagai salah satu jalur pendakian yang sesuai untuk pendaki pemula.

baca juga: 5 Wisata Pantai di Canggu Terpopuler yang Wajib Anda Kunjungi

Pura Pucak Kedaton Tabanan 4 1024x768 » Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

via Ashram Gayatri

Namun, perjalanan berat yang perlu dilakukan selama menuju ke lokasi Pura Pucuk Kedaton bakal terbayarkan dengan pemandangan indah selama di perjalanan. Ketika berada di puncak gunung, Anda bisa menyaksikan keberadaan Gunung Agung yang berada di sebelah timur. Selain itu, ada pula pemandangan Danau Tamblingan yang cantik di bagian utara.

Pura Pucak Kedaton Tabanan 2 1024x768 » Pura Pucak Kedaton Tabanan, Pura Suci yang Berlokasi di Puncak Gunung Batukaru

via Apa Aja Guna

Karena dikenal sebagai tempat ibadah, para pendaki yang melintasi jalur menuju ke Pura Pucuk Kedaton diharapkan untuk bertindak sopan. Di sini, para pendaki dilarang untuk mengucapkan kata-ata kasar atau ucapan yang mengindikasikan rasa lelah selama di perjalanan. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan untuk mengambil sesuatu dari pura ataupun membuang sampah sembarangan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menuju Pura Pucak Kedaton Batukaru

Ketika ingin melakukan pendakian menuju ke Puncak Gunung Batukaru, Anda dapat menemukan 3 pilihan titik pendakian awal yang sering digunakan, baik oleh pendaki ataupun masyarakat setempat. Tiga rute pendakian tersebut adalah Desa Jatiluwih yang berada di ketinggian 840 mdpl, Pura batukaru di ketinggian 835 mdpl, serta Desa Pujungan yang punya ketinggian mencapai 1.090 mdpl.

Durasi perjalanan pendakian hingga sampai ke Pura Pucak Kedaton memakan waktu sekitar 5 sampai 6 jam. Dengan catatan, perjalanan bisa berlangsung lancar ketika kondisi cuaca terlihat cerah. Anda akan menjumpai keberadaan 5 pos pemberhentian selama di perjalanan. Tetap bersikap sopan ketika berada di pos, karena masing-masing pos memiliki pura di dalamnya.

Selain itu, apapun aktivitas yang ingin Anda lakukan, baik liburan atau sembahyang, persiapkan bekal yang cukup. Ketika menuju ke Pura Pucak Kedaton, Anda tengah menjelajahi hutan liar. Selain itu, ikuti jalur yang sudah ditentukan kalau tidak ingin tersesat. Tidak seperti gunung lain, Gunung Batukaru tidak mempunyai tim penyelamatan khusus kalau ada orang yang tersesat dan hilang.