Pura Pucak Watu Geni Denpasar, Pura Unik dan Misterius yang Menyimpan Air Abadi

Pura Pucak Watu Geni Denpasar

via @pengembara_dr_negeri_ilalang

Tradisi melukat menjadi prosesi penting yang dilakukan oleh umat Hindu Bali, bertujuan untuk membersihkan jiwa serta pikiran. Prosesi melukat biasanya dilakukan di pura-pura. Kalau di Denpasar, Anda bakal menemukan Pura Pucak Watu Geni Denpasar yang sering dipilih sebagai tempat untuk melukat. Pura ini punya keunikan yang tidak dipunyai oleh pura lain. Keunikan tersebut adalah terkait keberadaan guci misterius yang menyimpan air abadi.

Penyebutan air abadi pada guci tersebut memang bukan tanpa sebab. Konon, air yang ada di guci batu itu tidak pernah habis. Padahal, air yang berasal dari guci itu merupakan sumber air yang digunakan untuk setiap upacara melukat yang dilakukan oleh para pengunjung pura. Ditambah lagi, pura ini berada di area yang ramai penduduk dan bahkan pura ini tidak pernah ditemukan dalam kondisi terkunci.

Pura Pucak Watu Geni Denpasar 3 » Pura Pucak Watu Geni Denpasar, Pura Unik dan Misterius yang Menyimpan Air Abadi

via Bali Express

Karena keunikannya tersebut, masyarakat Hindu Bali cukup banyak yang memilih untuk melukat di tempat ini. Mereka bisa memilih untuk melakukan upacara melukat secara bersama-sama atau sendiri. Padahal, biasanya upacara melukat merupakan prosesi yang dilaksanakan di area dekat dengan sumber air yang bisa hadir dalam berbagai bentuk, baik pancoran, air laut, ataupun sungai.

Sejarah Pura Pucak Watu Geni Denpasar

Lalu, bagaimana fenomena unik air yang tak pernah habis di Pura Pucak Watu Geni bisa terjadi? Fenomena ini tidak lepas dari sejarah asal usul keberadaan Pura Pucak Geni. Menurut Pemangku Pura Pucak Watu Geni, Jro Mangku Gede Made Kartana seperti dikutip dari Bali Express mengungkapkan kalau dulu terdapat penemuan batu misterius yang mengeluarkan api.

Pura Pucak Watu Geni Denpasar 1 » Pura Pucak Watu Geni Denpasar, Pura Unik dan Misterius yang Menyimpan Air Abadi

via @pengembara_dr_negeri_ilalang

Batu misterius tersebut memiliki ukuran yang sangat besar, dengan panjang mencapai 5 meter. Batu tersebut masih bisa ditemui para wisatawan yang berkunjung ke Pura Pucak Watu Geni. Batu besar tersebut, konon bakal tiba-tiba mengeluarkan asap secara misterius ketika pura mengadakan piodalan. Pemangku pura pun mengaku tidak mengetahui asal mula dari kemunculan asap tersebut.

Keunikan lain yang bisa dijumpai dari Pura Pucak Geni Denpasar adalah keberadaan guci misterius. Guci inilah yang menjadi tempat air yang digunakan untuk upacara melukat. Asal mula keberadaan guci tersebut juga cukup misterius. Konon, air yang ada di dalam guci ini tidak pernah habis, padahal pemangku pura tidak pernah mengisinya.

Kapan Waktu Melukat di Pura Pucak Watu Geni Bali?

Pura Pucak Watu Geni Denpasar 2 » Pura Pucak Watu Geni Denpasar, Pura Unik dan Misterius yang Menyimpan Air Abadi

via @pengembara_dr_negeri_ilalang

Pura Pucak Watu Geni secara rutin melakukan acara penglukatan ketika pergantian dari Hari Saraswati ke Hari Banyi Pinaruh. Pada momen tersebut, pihak pura akan menyediakan waktu khusus untuk upacara melukat selama dua hari berturut-turut. Momen inilah yang kerap dipilih para pengunjung yang ingin melakukan upacara penglukatan. Penglukatan bakal diawali pukul 00.05 yang dipercaya merupakan momen ketika Ida Bhatara yang punya stana di Pura Pucak Geni punya keinginan menyucikan umatnya.

Meski begitu, umat Hindu Bali yang ingin melakukan melukat di Pura Pucak Watu Geni tidak perlu harus menunggu dua hari spesial tersebut. Anda bisa pula memilih untuk melakukan upacara melukat kapan saja. Apalagi, bangunan pura ini selalu terbuka untuk siapa saja selama 24 jam. Anda bisa melakukan melukat pada tengah malam, pagi buta, ataupun sore hari. Hanya saja, Anda perlu membawa perlengkapan sendiri, berupa 2 buah pejati. Selain itu, kalau ingin melakukan upacara pada malam hari, Anda perlu mempersiapkan canang.