Purpa Fine Art Gallery Seminyak, Pilihan Tempat yang Tepat Berburu Lukisan Kontemporer Unik

Purpa Fine Art Gallery Seminyak

Banyak seniman terkenal yang lahir dan besar di Bali. Tidak hanya seniman yang asli kelahiran Pulau Dewata, banyak pula yang merupakan warga negara asing dengan tingkat kecintaan sangat tinggi terhadap Bali. Oleh karena itu, cukup masuk akal kalau banyak wisatawan yang memilih Bali sebagai destinasi tepat ketika berburu lukisan berseni tinggi.

Purpa Fine Art Gallery Seminyak 3 » Purpa Fine Art Gallery Seminyak, Pilihan Tempat yang Tepat Berburu Lukisan Kontemporer Unik

Nah, buat Anda yang punya ketertarikan terhadap kesenian, khususnya lukisan kontemporer, ada satu tempat menarik yang perlu dikunjungi. Tempat tersebut adalah Purpa Fine Art Gallery Seminyak. Galeri seni yang ada di Seminyak ini memang memiliki hubungan yang dekat dengan Purpa Gallery Ubud yang telah berdiri sejak tahun 1970-an.

Latar Belakang Berdirinya Purpa Fine Art Gallery Bali

Purpa Fine Art Gallery Seminyak 2 » Purpa Fine Art Gallery Seminyak, Pilihan Tempat yang Tepat Berburu Lukisan Kontemporer Unik

Purpa Gallery Ubud merupakan galeri seni yang didirikan oleh kurator seni terkenal dari Bali, yaitu Nyoman Purpa. Nah, Purpa Fine Art Gallery, merupakan galeri lukisan berseni tinggi yang secara khusus dibangun oleh anak dari Nyoman Purpa, yaitu Ari Purpa. Galeri ini didirikannya pada tahun 2014, dan digunakan untuk memamerkan sekaligus memajang lukisan seni kontemporer.

Galeri seni lukisan ini merupakan tempat yang memperlihatkan selera kesenian dari Ari Purpa sendiri. Di waktu yang sama, Ari Purpa juga berusaha mendorong eksistensi pelukis lokal sehingga popularitasnya tidak kalah dibandingkan dengan pelukis dari mancanegara. Sebagai buktinya, lukisan yang ada di Purpa Fine Art Gallery, 80 persen merupakan hasil karya pelukis lokal.

Deretan Hasil Karya Pelukis Ternama di Purpa Fine Art Gallery Seminyak

Purpa Fine Art Gallery Seminyak 1 » Purpa Fine Art Gallery Seminyak, Pilihan Tempat yang Tepat Berburu Lukisan Kontemporer Unik

Meski dikenal sebagai galeri seni yang terbilang baru, tetapi nama Purpa Fine Art Gallery sudah cukup dikenal di kalangan pencinta seni. Apalagi, galeri kesenian di Seminyak ini menjadi tempat untuk memajang berbagai hasil karya lukisan pelukis terkemuka. Beberapa nama pelukis di galeri kesenian ini, sudah memiliki reputasi kelas dunia.

Mohammed Harahap merupakan salah satu pelukis lokal dengan reputasi besar yang karyanya bisa Anda jumpai di Purpa Fine Art Gallery. Hasil karya Harahap merupakan salah satu koleksi kebanggaan yang ada di Museum Rudana dan Museum Agung Rai Bali. Tidak hanya itu, Harahap juga mencatatkan diri sebagai pelukis yang karyanya bisa ditemukan di Fukuoka Art Museum Jepang, serta British International Museum di London.

Sementara itu, ada pula karya pelukis tenar dari luar negeri, yaitu Mersuka Dopazo. Pelukis yang satu ini merupakan salah satu seniman mancanegara, tepatnya dari Spanyol, yang sudah kadung cinta dengan Bali. Sebagai buktinya, Mersuka memilih untuk tinggal di Bali. Selain itu, pelukis wanita ini juga memiliki keunikan tersendiri, karena menggunakan media campuran dalam hasil lukisannya.

Dengan koleksi yang beragam, Ari Purpa mengungkapkan kalau pengunjung yang belanja lukisan di tempatnya datang dari berbagai tempat. Hanya saja, mayoritas klien Ari Purpa, adalah wisatawan yang berasal dari Eropa dan Australia yang tengah liburan ke Bali. Salah satu pengalaman tak terlupakan dari Ari Purpa adalah ketika berhasil menjual lukisan untuk pertama kalinya.

Lukisan bersejarah dalam perjalanan hidup Ari Purpa tersebut adalah hasil karya dari pelukis muda Bali, yaitu Ketut Budiantara. Lukisan tersebut memiliki ukuran 100 x 150 cm yang menggambarkan dua gadis bersaudara dengan warna perpaduan antara emas, kuning, serta hijau. Ari Purpa pun sering terharu ketika mengingat pengalaman tersebut.

Saat ini, Purpa Fine Art Gallery merupakan salah satu galeri seni terkemuka di Bali. Apalagi, Ari Purpa memiliki jadwal rutin untuk berpartisipasi dalam pameran lukisan yang berlangsung di luar negeri, termasuk di Singapura dan Hongkong. Alih-alih berkunjung ke luar negeri, Anda dapat secara langsung menyaksikan lukisan berseni tinggi di Purpa Fine Art Gallery yang beralamat di Jl. Mertanadi Nomor 22B, Kerobokan.