Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali


Berlibur ke pulau Bali adalah hal yang sangat menyenangkan. Banyak sekali obyek wisata yang bisa dijelajahi di pulau dewata ini. Mulai dari pantai, pasar seni, tempat ibadah, hingga pemandian air panas. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam selain pantai, berikut adalah 5 pemandian air panas alami terpopuler di Bali yang bisa dikunjungi.

Nikmati Sensasi Pemandian Air Panas di Bali

Apabila Anda berencana untuk liburan ke Bali, tidak ada salahnya memilih tempat berlibur selain pantai yaitu pemandian air panas. Tidak perlu bingung mencari rekomendasi tempatnya karena artikel berikut akan memberi Anda informasi singkat tentang pemandian air panas alami yang ada di Bali.

1. Toya Devasya Natural Hot Springs

wisata pemandian air panas di bali » Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali
(sumber gambar: Authentic-indonesia.com)

Sangat menyenangkan rasanya berendam di salah satu dari 5 pemandian air panas alami terpopuler di Bali. Badan lebih rileks, pegal hilang, bahkan stress juga berkurang. Apabila anda ingin merasakan air panas alami sambal menikmati indahnya pemandangan danau Batur, maka silahkan kunjungi Toya Devasya

Toya Devasya Natural Hot Springs terletak di Toya Bungkah Kintamani, Desa Pekraman batur, Kecamatan Bangli, Bali. Anda bisa menikmati fasilitas di sini dengan membayar Rp100.000,00 untuk WNI dari luar pulau Bali, dan Rp150.000,00 untuk WNA. Apabila Anda memiliki KTP Bali, maka cukup membayar Rp 60.000,00 saja.

Tarif sebesar itu tidaklah terlalu mahal karena Anda sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti welcome drink, sampo, sabun, dan handuk untuk membilas. Apabila malas keluar area untuk makan, Anda bisa juga mengambil paket berenang dengan makan siang yang disediakan oleh pengelola.

2. Air Panas Penatahan

Pemandian Air Panas Penatahan » Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali

Berikut adalah salah satu dari 5 pemandian air panas alami terpopuler di Bali yang berlokasi di Tabanan. Sumber Air Panas Penatahan terletak di Jalan Buruan Penatahan, Desa Penatahan, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Anda bisa menikmati relaksasi berendam di air panas sambal menyaksikan panorama alam Tabanan yang hijau,

Sumber Air Panas Penatahan berlatar belakang pemandangan sawah yang berundak-undak sehingga memberi nuansa alam yang menyegarkan. Harga tiket masuk ke sana hanya Rp 10.000,00 per orang. Apabila Anda menghendaki kolam pribadi yang bisa Anda gunakan sendiri, silahkan membayar Rp 25.000,00 per orang untuk satu jam.

3. Toya Bungkah

pemandian air panas di bali 2 1 » Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali
(sumber gambar: M-kuta)

Toya Bungkah adalah pemandian air panas alami yang berlokasi di Desa Batur, Kintamani. Pemandian ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 7 malam dengan waktu kunjungan terbaik antara pukul 8 hingga 11. Bagi Anda WNI yang masuk ke sana akan dikenai tiket Rp 70.000,00 per orang, sedangkan WNA akan dikenai harga tiket Rp 190.000,00 per orang.

Terdapat 4 jenis kolam yang tersedia di Toya Bungkah yang bisa dipilih, Kolam air panas tersebut adalah yaitu kolam anak-anak, kolam untuk berjemur, kolam untuk berenang, dan kolam untuk kegiatan terapi. Fasilitas yang ada di tempat pemandian air panas ini cukup lengkap, ada restoran, toilet ruang ganti baju, dan pool bar.

4. Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian Air Panas Banjar 2 » Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali
Kolam pertama dan kolam kedua di Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian Air Panas Banjar konon sudah terkenal sebagai tempat pemandian sejak ratusan tahun yang lalu. Obyek wisata ini terletak Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Selain dapat berendam di kolam, Anda juga bisa menikmati kucuran air panas dari pancuran yang berbentuk naga.

Pemandian Air Panas Banjar memiliki 3 buah kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam kedua adalah yang paling luas dan dalam sehingga digemari pengunjung yang hendak berenang. Anda harus berhati-hati karena kedalaman kolam berbeda. Kolam ketiga biasa digunakan untuk anak-anak dan untuk terapi pijat punggung.

Apabila Anda ingin suasana yang lebih pribadi, silahkan pilih fasilitas jacuzzi. Anda juga bisa memanfaatkan jasa pijat dan lulur yang ditawarkan oleh pengelola. Badan akan kembali terasa segar dan rasa penat pun hilang. Bila ingin melanjutkan dengan makan, pemandian ini menyediakan restoran semi outdoor dengan nuansa khas Bali.

5. Yeh Panes

pemandian air panas di bali 4 » Rekomendasi 5 Pemandian Air Panas Alami Terpopuler di Bali
(sumber gambar: balikami)

Salah satu sumber air panas yang juga bisa menjadi alternatif liburan saat berkunjung ke pulau Bali adalah Yeh Panes.  Sumber air panas Yeh Panes ini terletak di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Pemandian ini berlokasi sekitar 41 kilometer dari Kota Denpasar Bali dan bisa ditempuh selama 45 menit menggunakan kendaraan pribadi. 

Di pemandian ini, Anda bisa merasakan sensasi pemandian air panas yang sangat alami dan indah. Sumber air di Yeh Panes keluar secara alami dari bagian bawah pura dan pohon beringin. Airnya yang mengandung banyak belerang juga dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Dijamin dengan mendatangi lokasi ini, Anda bisa menikmati suasana yang rileks dan santai. 

Demikianlah ulasan tentang 5 pemandian air panas alami terpopuler di Bali. Apabila Anda ingin suasana yang berbeda selain pantai, maka pemandian air panas bisa menjadi alternatif untuk mengisi liburan. Selamat bersenang-senang!


Like it? Share with your friends!

Jarot Triguritno
Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel