Rumah Makan Pak Bagong Bali, Pilihan Makanan Halal Sekaligus Murah untuk Pecinta Kuliner Mujair

Rumah Makan Pak Bagong Bali

via Open Price

Di Bali, Anda memang berkesempatan mencari menu enak seperti ayam betutu atau sate lilit. Namun, jangan lupakan juga menu enak lainnya, seperti olahan ikan mujair yang ditawarkan oleh Rumah Makan Pak Bagong Bali. Tidak hanya terkenal kelezatannya, rumah makan ini juga menyediakan menu yang terjamin halal dan aman dikonsumsi oleh traveler muslim.

Di tempat ini, para wisatawan memang memiliki kesempatan secara khusus untuk menyantap makanan olahan ikan mujair atau nila. Ikan nila atau mujair yang disajikan di sini juga bukan ikan sembarangan, tapi ikan mujair dan nila yang sengaja didatangkan dari Kintamani. Ikan-ikan tersebut didapatkan dari hasil budidaya yang dilakukan di Danau Batur.

Rumah Makan Pak Bagong Bali 2 1024x754 » Rumah Makan Pak Bagong Bali, Pilihan Makanan Halal Sekaligus Murah untuk Pecinta Kuliner Mujair

via Open Price

Rumah Makan Pak Bagong Bali ini pun begitu terkenal, khususnya di kalangan masyarakat lokal Bali. Bahkan, dalam kurung sehari, pengelola warung ini bisa menghabiskan sebanyak 100 kg ikan nila dan mujair yang dipakai untuk menyajikan sebanyak 200 menu.

Keunggulan Olahan Nila dan Mujair Khas Kintamani di Rumah Makan Pak Bagong Bali

Di tempat ini, Anda bisa menjumpai nila serta mujair dalam tiga pilihan. Anda bisa mencoba untuk mencicipi nila goreng, bakar, ataupun nila nyatnyata. Semuanya dibuat dengan bahan nila yang berasal dari Kintamani. Keunggulan nila dari tempat ini adalah baunya yang khas dan tidak berbau tanah.

baca juga: Ayam Betutu Pak Man, Pilihan Kuliner Khas Bali yang Dijamin Kehalalannya

Tidak hanya itu, sajian nila yang diberikan di tempat ini juga disertai dengan bumbu-bumbu yang membuatnya terasa begitu lezat. Secara khusus, nyatnyat merupakan cara memasak ikan nila dan mujair yang digoreng kering. Di dalamnya, Anda bisa mendapati beragam bumbu rempah-rempah seperti kencur, jahe, merica, ketumbar, dan cabe yang dicampur dan dihaluskan.

Rumah Makan Pak Bagung Bali 1 1024x683 » Rumah Makan Pak Bagong Bali, Pilihan Makanan Halal Sekaligus Murah untuk Pecinta Kuliner Mujair

via Pulang Subuh

Dalam penyajiannya, nila nyatnyat di Rumah Makan Pak Bagong Bali tidak hanya digoreng, tapi juga direbus sekitar 10 menit. Selanjutnya, nila ini akan dibubuhi dengan bumbunyatnyata. Biasanya, menu spesial dari rumah makan tradisional Bali ini disajikan bersama dengan sambal matah, sup kacang buncis, ataupun plecing kangkung.

baca juga: Sate Lilit Khas Bali, Kuliner Pulau Dewata yang Menjadi Favorit Wisatawan

Sebagai pelengkap, wisatawan yang datang ke warung ini juga bisa memesan minuman istimewa yang disajikan, bernama loloh. Minuman ini harganya tidak terlalu mahal, dan dikenal sebagai minuman tradisional dari warga Desa Penglipuran, Bangli. Minuman ini dibuat dengan beragam jenis campuran, seperti daun sirih, katuk, daun jarak, dapdap, dan kecencem. Selanjutnya, remasan daun itu dicampur dengan air kelapa muda dan gula aren.

Dengan bahan yang tradisional seperti itu, minuman loloh ini memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping. Anda juga akan mendapati sensasi enam rasa ketika meminum minuman ini, di antaranya adalah asam, pedas, asin, ataupun manis.

Cara Menuju Lokasi Rumah Makan Pak Bagong Bali

Untuk menuju ke tempat kuliner yang menggugah selera ini, caranya sangat mudah. Anda bisa datang secara langsung ke Desa Penglipuran, Bangli. Patokannya, sangat mudah. Anda bisa menjumpai bangunan rumah makan ini sebelum bangunan Kantor Bupati Bangli. Waktu paling tepat untuk mampir ke sini adalah setelah pulang dari berkeliling ke tempat-tempat wisata yang ada di kawasan Kintamani.

Hal ini sering dilakukan oleh para wisatawan. Bahkan, tak sedikit yang berusaha untuk membawa pulang menu istimewa di sini, tak lain adalah nila bumbu nyatnyat. So, bakal tidak rugi deh kalau menyempatkan waktu untuk menyantap makanan enak di sini.