Sababay Winery Bali, Kilang Anggur Berkualitas Internasional Milik Indonesia

Sababay Winery Bali

Menemukan wine atau minuman anggur yang berasal dari Bali bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menjumpai beragam produsen wine yang pemiliknya berasal dari Indonesia di ini. Sababay Winery Bali merupakan salah satunya. Bahkan, Sababay dikenal sebagai salah satu kilang anggur terbaik yang ada di Bali.

Sababay Winery Bali 2 1024x568 » Sababay Winery Bali, Kilang Anggur Berkualitas Internasional Milik Indonesia

Sababay memang bukanlah produsen minuman anggur pertama di Pulau Bali. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2010, diinisiasi oleh pendirinya yang bernama Evi Gozali bersama dengan ibunya Mulyati Gozali. Awalnya, Evi tak berniat untuk mendirikan perusahaan kilang anggur, melainkan berbisnis di sektor perhotelan.

Namun, niatannya itu berubah setelah dia bersama Mulyati berkunjung ke sebuah perkebunan anggur yang ada di Banjar, Buleleng pada rentang tahun 2009. Dari situ, dia mendapati sebuah fakta yang cukup mencengangkan. Harga per kg buah anggur yang didapatkan petani ternyata hanya Rp500 per kg. Dari situ, dia pun berniat untuk menciptakan usaha yang mampu memberi penghidupan layak untuk para petani anggur.

Asal Mula Sababay Winery Bali

Pada tahun 2010, Evi bersama Mulyati kemudian secara resmi mendirikan Sababay Winery Bali. Nama Sababay memang cukup unik. Nama ini didapatkan dari Teluk Saba yang merupakan sebuah teluk indah di kawasan Gianyar, Bali. Awalnya, dia sempat berinisiatif untuk memproduksi jus jeruk. Namun, nilai jualnya terlalu rendah, hanya Rp50 ribu per liter. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan kalau anggur diolah menjadi minuman wine.

Sababay Winery Bali 3 1024x568 » Sababay Winery Bali, Kilang Anggur Berkualitas Internasional Milik Indonesia

Sababay Winery Bali kemudian bekerja sama dengan para petani yang ada di Buleleng. Evi menjelaskan, bahwa perusahaannya telah bekerja sama dengan lebih dari pemilik 80 hektar kebun buah anggur. Tak hanya memasok buah anggur dari sana. Sababay Winery juga memberikan pelatihan agar para petani bisa menghasilkan anggur yang berkualitas.

baca juga: Tips Berburu Oleh-Oleh Pie Susu Khas Bali yang Lezat

Ada dua jenis anggur yang didapatkan Sababay Winery Bali dari para petani. Dua jenis anggur itu adalah anggur hijau dan anggur merah. Selanjutnya, untuk proses pengolahan buah anggur menjadi wine, dia bekerja sama dengan seorang pembuat anggur yang berasal dari Bordeoux, Perancis bernama Nicholas Martin Delacressonniere. Menariknya, Evi mengaku tak pernah mencari, tetapi mendapat penawaran.

Sababay Winery Bali 4 1024x768 » Sababay Winery Bali, Kilang Anggur Berkualitas Internasional Milik Indonesia

via Lampung Pro

Saat ini, Sababay Winery Bali menjadi salah satu perusahaan produsen anggur Bali yang begitu ternama. Mereka menggunakan tangki dengan tinggi mencapai 3 meter dan diameter 1,5 meter untuk mengolah buah anggur sehingga menjadi minuman beralkohol yang disukai oleh wisatawan mancanegara. Kualitasnya juga tak perlu dipertanyakan. Sebagai buktinya, Sababay Winery dalam setiap bulannya memproduksi sebanyak 500 ribu botol wine.

baca juga: Joger Pabrik Kata Kata, Oleh-Oleh Dari Bali Yang Tak Lekang Jaman

Pemasaran wine hasil produksi Sababay Winery Bali juga begitu luas. Mereka telah memiliki sebanyak 21 distributor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Pasar internasional juga menjadi target dari Sababay Winery. Apalagi, produk Sababay kini telah memperoleh sebanyak 33 penghargaan kelas internasional.

Lokasi Sababay Winery Bali

Kalau Anda tertarik dengan produk wine dari Sababay, bisa datang secara langsung ke alamat mereka yang berada di Jl. Profesor Doktor Ida Bagus Mantra Nomor 333X, Keramas, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Tempat ini bisa Anda kunjungi pada rentang antara pukul 09.30 sampai 16.30. Hanya saja, Sababay Winery tutup saat akhir pekan.

Produk wine yang bisa Anda temukan di Sababay juga beragam. Beberapa produk di antaranya adalah Black Velvet, Ludisia, Mascetti, Moscato d’Bali, ataupun White Velvet.

Foto via Sababay Winery Bali