Salak Gula Pasir, Jenis Oleh-Oleh Buah Manis yang Enak Khas Bali

salak gula pasir khas Bali

via Sabtu Sore

Salak menjadi jenis buah yang begitu familier di telinga masyarakat Indonesia. Salak pondoh yang berasal dari Yogyakarta jadi jenis salak yang sering disukai. Jenis salak lainnya yang memiliki rasa tak kalah lezat adalah salak gula pasir khas Bali.

Salak gula pasir khas Bali menjadi jenis oleh-oleh yang begitu menarik saat Anda liburan ke Bali. Buah yang satu ini dikenal sebagai komoditas unggul masyarakat Bali. Secara khusus, salak jenis ini merupakan produk agrowisata yang kerap dijumpai di kawasan Karangasem.

salak gula pasir khas Bali 1 1024x680 » Salak Gula Pasir, Jenis Oleh-Oleh Buah Manis yang Enak Khas Bali

via Alfiyani Novi

Keunggulan Salak Gula Pasir Khas Bali

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membedakan salak gula pasir dengan salak lain? Keunggulan utama yang dimiliki oleh salak jenis ini dibandingkan dengan salak lainnya adalah karena rasanya yang begitu manis.

baca juga: Kerupuk Kulit Babi, Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Enak

Sejatinya, salak gula pasir khas Bali merupakan bagian dari salak bali. Hanya saja, salak gula pasir memiliki keunggulan yang membuatnya terlihat berbeda dibandingkan dengan salak bali. Apalagi, kalau dalam istilah pertanian, salak gula pasir merupakan kultivar dari salak bali.

salak gula pasir khas Bali 3 1024x768 » Salak Gula Pasir, Jenis Oleh-Oleh Buah Manis yang Enak Khas Bali

via Salak Bali Nanta Food

Rasa yang begitu manis dari salak gula pasir bisa diperoleh karena salak ini memang memiliki kandungan air tinggi. Tak heran kalau masyarakat Bali pun kerap melakukan fermentasi pada jenis buah ini yang kemudian menjadikannya sebagai wine salak dengan kandungan alkohol mencapai 13,5%.

Salak jenis ini memiliki bentuk yang mungil, lebih kecil dibandingkan salak bali ataupun salak pondoh. Daging buahnya juga tidak terlalu tebal, biasanya berwarna putih. Di dalam buah ini, biasanya terdapat sekitar 1 sampai 3 juring salak. Hanya saja, tak semua juring itu punya biji, karena ukurannya yang terlalu kecil.

salak gula pasir khas Bali 2 » Salak Gula Pasir, Jenis Oleh-Oleh Buah Manis yang Enak Khas Bali

via Sabtu Sore

Salak gula pasir yang dikonsumsi ketika usia muda, memiliki rasa yang cenderung asam. Sementara itu, ketika buah ini dimakan ketika sudah berusia tua, daging buahnya berubah menjadi terasa begitu manis. Tekstur dagingnya juga cukup kasar.

baca juga: Warung Stop Makan Yuk Uluwatu, Pilihan Tempat Makan Murah saat Liburan ke Bali

Berburu Salak Gula Pasir Khas Bali Murah

Momen terbaik untuk bisa membeli oleh-oleh khas Bali ini dengna harga murah adalah pada musim panennya yang biasanya terjadi di bulan Februari. Ketika musim panen tersebut, Anda bisa membeli salak gula pasir khas Bali dengan harga sekitar Rp13 ribu sampai Rp25 ribu yang isinya sekitar 18 buah.

Pembelian salak gula pasir untuk oleh-oleh bisa dilakukan di pasar tradisional ataupun toko pusat oleh-oleh khas Bali. Pasar tradisional yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Pasar Sindhu yang lokasinya berada di kawasan Sanur.

Lalu, bagaimana ketika tengah tidak musim panen salak gula pasir? Dalam momen seperti ini, mau tak mau, Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam. Biasanya, ketika di luar musim panen, salak gula pasir dipatok dengan banderol berkisar antara Rp60 ribu sampai Rp90 ribu per kg.

Selain mahal, pembelian ketika bukan musimnya juga mengharuskan Anda untuk menunggu terlebih dahulu. Pembelian tak bisa secara langsung dilakukan, utamanya ketika membeli di pasar tradisional. Biasanya, pembelian dapat dilayani setelah terlebih dahulu melakukan pemesanan 2 hari sebelumnya.

Namun, terlepas momen apapun yang Anda jalani ketika membeli buah khas Bali ini, bisa dipastikan tidak akan kecewa. Apalagi, salak ini memiliki cita rasa yang begitu khas. Dijamin enak, deh!