Sarinbuana Eco Lodge Tabanan, Penginapan Ramah Lingkungan di Bali yang Tak Sekadar Hemat Listrik

Sarinbuana Eco Lodge Tabanan

Saat ini, banyak hotel di Bali yang melabeli dirinya sebagai penginapan ramah lingkungan. Hanya saja, terkadang label tersebut digunakan meski sebuah penginapan menggunakan sebagian kecil aspek ramah lingkungan. Namun, hal yang berbeda bakal Anda jumpai saat bermalam di Sarinbuana Eco Lodge Tabanan.

Sarinbuana Eco Lodge Tabanan 1 » Sarinbuana Eco Lodge Tabanan, Penginapan Ramah Lingkungan di Bali yang Tak   Sekadar Hemat Listrik

Sarinbuana Eco Lodge menjadi salah satu pionir hotel ramah lingkungan di Pulau Bali. Hotel semacam ini memang menjadi salah satu penginapan yang dicari oleh para wisatawan, utamanya adalah turis mancanegara. Nah, Sarinbuana Eco Lodge adalah penginapan berbasis lingkungan yang tidak sekadar memenuhi syarat penginapan hemat listrik.

baca juga: Sabung Ayam Tajen Bali, Tradisi Kuno Sebagai Bentuk Persembahan Kepada Dewa

Sarinbuana Eco Lodge Memenuhi 29 dari 33 Kriteria Ramah Lingkungan

Hotel Sarinbuana beroperasi sejak tahun 1995. Sejak pertama kali menjalankan bisnisnya, hotel ini selalu berupaya menjaga keseimbangan hubungan dengan lingkungan. Apalagi, lokasinya memang berada di kawasan yang harus dijaga keasriannya, yaitu di kaki Gunung Batukaru yang merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Bali.

Sarinbuana Eco Lodge Tabanan 2 » Sarinbuana Eco Lodge Tabanan, Penginapan Ramah Lingkungan di Bali yang Tak   Sekadar Hemat Listrik

Situs environmentallyfriendlyhotels.com menetapkan ada sebanyak 33 kriteria dari sebuh hotel ramah lingkungan. Nah, penginapan ini memenuhi sebanyak 29 kriteria di antaranya. Sebagai buktinya, resor bernuansa alami ini pernah menyabet gelar ternama Wild Asia Responsible Tourism Awards. Tidak hanya satu kali, tetapi dua kali sekaligus.

Lalu, seberapa ramah lingkungan suasana yang ada di dalam Sarinbuana Eco Lodge Bali ini? Ada banyak faktor yang bisa Anda perhatikan secara langsung. Pertama, bisa diketahui dari kualitas air. Di sini, air yang didapatkan merupakan air segar dari gunung, bebas kaporit. Kolam airnya juga bebas kaporit, dan tetap terjaga kebersihan serta kejernihannya.

Sarinbuana Eco Lodge Tabanan 4 » Sarinbuana Eco Lodge Tabanan, Penginapan Ramah Lingkungan di Bali yang Tak   Sekadar Hemat Listrik

Selanjutnya, Anda akan menemukan suasana menarik ketika memasuki waktu malam hari. Anda bisa mendengar orkestra musik alami yang dimainkan oleh hewan-hewan di sekitar hotel. Anda juga akan menemukan keberadaan serangga yang terkadang main ke kamar. Keberadaan serangga tersebut bukan menunjukkan kualitas buruk kamar, melainkan indikator ekosistem yang sehat.

baca juga: Menyesap Kopi Nikmat di Bhineka Djaja Denpasar, Kedai Kopi Tertua di Bali

Program Donasi Pohon dari Sarinbuana Eco Lodge Tabanan

Tidak hanya sekadar ramah lingkungan, Sarinbuana Eco Lodge juga turut memiliki peran aktif dalam mempromosikan gaya hidup sehat. Berbagai program disediakan pihak resor agar kealamian suasana di sekitar hotel terjaga dengan baik. Salah satu upaya yang dimaksud adalah dengan pelaksanaan program donasi pohon.

Sarinbuana Eco Lodge Tabanan 3 » Sarinbuana Eco Lodge Tabanan, Penginapan Ramah Lingkungan di Bali yang Tak   Sekadar Hemat Listrik

Para tamu hotel didorong untuk berpartisipasi dalam program donasi pohon. Untuk ikut dalam program ini, para tamu tinggal mendonasikan dana dengan jumlah tertentu, yang kemudian digunakan untuk membeli bibit dari petani lokal. Selanjutnya, pihak resor akan menaburkan bibit dan tunas pohon yang telah dikumpulkan di lereng Gunung Batukaru, setidaknya 3 kali dalam setahun.

baca juga: Biografi Ida Bagus Oka Wirjana, Maestro Tari Tradisional Klasik Bali yang Fenomenal

Masih belum cukup sampai di situ, Sarinbuana Eco Lodge juga memiliki aktivitas menarik berupa Rainforest Walk. Lewat aktivitas ini, para tamu akan diajak untuk menjelajahi kawasan hutan yang ada di sekitar Gunugn Batukaru. Mereka akan ditemani oleh pemandu yang berasal dari masyarakat lokal. Tujuannya, agar para tamu dapat melihat langsung manfaat suasana hutan yang alami dan mendorong upaya untuk menjaganya.

Cukup menarik kan pengalaman menginap di hotel ini? Kalau ingin menginap di sini, Anda bisa menuju ke lokasi hotel yang terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, Bali.

Foto via Sarinbuana Eco Lodge Bali