Sate Kakul Khas Ubud, Kuliner Tradisional Bali yang Bikin Turis Ketagihan

Sate Kakul Khas Ubud

via Berita Agar

Kuliner olahan bebek menjadi jenis makanan yang sudah sangat terkenal di Bali. Namun, ada pula jenis makanan lain yang tidak kalah populernya. Namanya adalah sate kakul khas Ubud. Sate ini menjadi jenis kuliner yang begitu disukai oleh para wisatawan mancanegara. Cita rasa yang ditawarkannya pun tidak kalah enak dibandingkan jenis sate tradisional khas Bali lain.

Sate Kakul Khas Ubud 3 » Sate Kakul Khas Ubud, Kuliner Tradisional Bali yang Bikin Turis Ketagihan

via Ratu Kuliner

Sate kakul memang menjadi salah satu jenis makanan yang merupakan ciri khas dari kawasan Ubud. Apalagi, bahan utama yang dipakai untuk pembuatan sate kakul khas Ubud adalah siput. Masyarakat Ubud di masa lalu, kerap membuat sate jenis ini karena kemudahan dalam menemukan siput di area persawahan. Nah, di era modern seperti sekarang, ternyata sate kakul bertransformasi menjadi kuliner yang begitu disukai banyak orang.

Sate Kakul Khas Ubud Disajikan dengan Rasa yang Pedas

Tempat yang paling terkenal dengan menu sate kakulnya adalah Warung Sate Kakul. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Di sini, Anda akan menjumpai suasana menikmati sate kakul secara natural. Meski begitu, tingkat kenyamanan yang bisa didapatkan di Warung Sate Kakul tidak kalah dibandingkan dengan restoran terkenal.

Ketika menyantap sate kakul khas Bali di warung ini, Anda akan mendapati rasa default-nya yang begitu pedas. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang tidak menyukai rasa pedas, bisa memilih untuk mengurangi tingkat kepedasannya. Selebihnya, sate ini menawarkan rasa yang unik, dengan daging kenyal serta sedikit manis.

baca juga: Sate Languan Bali, Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata yang Enak dan Halal

Cara menikmati sate kakul khas Ubud juga sangat mudah. Biasanya, sate kakul khas Ubud disajikan bersama dengan nasi putih hangat. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih untuk menyantap sate kakul dengan disertai ares atau sop batang pisang khas Bali.

Cara Membuat Sate Kakul Khas Ubud

Sate Kakul Khas Ubud 2 1024x683 » Sate Kakul Khas Ubud, Kuliner Tradisional Bali yang Bikin Turis Ketagihan

via Good Indonesian Food

Selain menemukan sate ini di Warung Sate Kakul, Anda juga bisa memilih untuk membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, cara pembuatan sate kakul relatif mudah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate kakul juga tidak terlalu sulit ditemukan.

Bahan utama yang diperlukan tentu saja adalah siput atau keong sawah yang sudah dibersihkan lalu ditusuk menggunakan tusuk sate. Ketika sudah bersih, maka tahap berikutnya adalah membakarnya di atas bara api. Sementara itu, bumbu yang diperlukan untuk pembuatan sate kakul umumnya adalah bumbu ikan bakar.

baca juga: Sate Lilit Be Pasih, Cita Rasa Kuliner Khas yang Ngangenin di Bali

Sate Kakul Khas Ubud 1 » Sate Kakul Khas Ubud, Kuliner Tradisional Bali yang Bikin Turis Ketagihan

via Berita Agar

Bumbu ikan bakar yang kerap dioleskan pada proses pembakaran menjadi jenis bumbu yang dioleskan pada sate kakul. Anda dapat membuat bumbu ini dengan mencampurkan bahan-bahan seperti gula merah, bawang merah, serta kecap. Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih untuk mengolesi sate kakul dengan saus tiram, kemiri, kecap manis, serai, serta tomat sebelum pembakaran

baca juga: Sate Susu Sapi Khas Bali, Kuliner Halal yang Favorit saat Bulan Puasa.

Selanjutnya, Anda pun dapat menikmati sajian ini secara langsung. Kalau memilih untuk membelinya di Bali, sate kakul bisa Anda peroleh dengan harga yang begitu murah. Seporsi sate kakul khas Ubud dengan disertai nasi dan ares, bisa didapatkan di Warung Sate Kakul dengan mengeluarkan uang hanya Rp25 ribu. Murah meriah, gaes!