Sate Languan Bali, Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata yang Enak dan Halal

Sate Languan Bali

via Cek Resepku

Sate lilit menjadi jenis kuliner sate yang paling terkenal di Pulau Bali. Sate lilit dapat dibuat dengan beragam jenis daging, mulai dari daging babi, sapi, ayam, ataupun ikan. Namun, tahukah Anda ada pula jenis sate tradisional yang menawarkan cita rasa tak kalah enak dibandingkan sate lilit. Namanya, sate languan Bali.

Sate languan Bali bisa dibilang merupakan salah satu jenis sate lilit. Apalagi, proses pembuatannya juga begitu mirip dengan sate lilit. Sate ini dibuat dengan menggunakan daging yang dililitkan, bukan ditusuk seperti umumnya sate. Hanya saja, sate languan merupakan jenis sate lilit yang secara khusus menggunakan bahan daging ikan.

baca juga: Sate Susu Sapi Khas Bali, Kuliner Halal yang Favorit saat Bulan Puasa

Sate Languan Bali 1 » Sate Languan Bali, Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata yang Enak dan Halal

via sharpholidays.in

Sate languan menjadi kuliner khas yang begitu terkenal di Kabupaten Klungkung. Dalam penyajiannya, sate languan biasa disertai dengan nasi putih. Jenis ikan yang digunakan untuk pembuatan sate languan bisa beragam. Hanya saja, umumnya ikan yang dipakai untuk membuat sate languan Bali adalah daging ikan tongkol.

baca juga: Sate Babi Bawah Pohon, Kuliner Jalanan Favorit di Pulau Bali

Namun, Anda juga bisa membuat sate ini dari jenis ikan lainnya seperti tengiri. Di Bali, pembuatan sate languan begitu populer di kawasan pesisir. Apalagi, pembuatannya memang dilakukan dengan menggunakan bahan dasar ikan laut, bukan ikan air tawar. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan kehalalan dari makanan tradisional Bali ini.

Cara Membuat Sate Languan Khas Bali

Pembuatan sate languan Bali tidak begitu sulit. Anda terlebih dahulu harus mempersiapkan daging ikan yang telah dibersihkan dari tulang-tulangnya. Selanjutnya, campur daging ikan tersebut dan ditumbuk sampai halus, lalu tambahkan santan.

baca juga: Sate Lilit Khas Bali, Kuliner Pulau Dewata yang Menjadi Favorit Wisatawan

Sate Languan Bali 2 » Sate Languan Bali, Kuliner Tradisional Khas Pulau Dewata yang Enak dan Halal

via Cek Resepku

Tahapan selanjutnya, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti jahe, garam, terasi, bawang putih, dan bawah merah yang ditumbuk. Sebagai pengharum, Anda juga bisa menambahkan bawang merah, cabe, serta bawang putih goreng. Semua campuran ini kemudian menjadi adonan yang biasa disebut masyarakat Bali sebagai luluh sate.

Ketika luluh sate languan Bali telah terbentuk, tahapan berikutnya adalah melilitkannya pada tusuk sate. Tusuk sate yang biasa digunakan untuk sate languan adalah tusuk sate dari pelepah daun kelapa. Setelah dililit, sate dapat dipanggang menggunakan bara api yang berasal dari tempurung kelapa.

Berburu Kuliner Sate Languan Bali yang Enak

Anda memang bisa mencoba untuk membuat sate languan Bali sendiri di rumah. Namun, kalau tengah berada di Bali, pastikan untuk mencicipi kuliner ini secara langsung di tempat asalnya. Rekomendasi warung yang terkenal dengan sajian sate languannya adalah Warung Mertha Sari di Klungkung.

Di sini, Anda dapat mencicipi seporsi sate languan yang begitu terkenal kelezatannya. Dalam penyajiannya, sate languan di Warung Mertha Sari biasanya disertai dengan pepes ikan tongkol yang disebut lempet, sayur kacang panjang, nasi putih, sup ikan bumbu rempah, kacang tanah goreng, serta sambal matah.

Selain di Warung Mertha Sari, Anda juga bisa menjumpai warung di sepanjang Pantai Lebih yang menyediakan kuliner ini. Di situ, Anda akan menemukan bahwa penikmat sate languan tidak hanya wisatawan domestik. Banyak pula wisatawan mancanegara yang begitu tertarik dengan cita rasa kuliner tradisional ini.

Tertarik untuk mencicipi kuliner ini?