Sejarah Universitas Udayana, Universitas Negeri Terbaik dan Tertua di Bali

Universitas Udayana Bali

Reputasi Bali sebagai tempat wisata populer memang tidak perlu dipertanyakan. Di samping itu, kemajuan sektor pariwisata juga mendorong berkembangnya bidang lain di Bali, termasuk di antarany adalah sektor pendidikan. Bali memiliki salah satu universitas negeri yang reputasinya diakui secara nasional, yaitu Universitas Udayana (Unud).

Keberadaan Unud menjadi salah satu lembaga yang berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas bagi warga Bali. Apalagi, dengan berbekal pendidikan tinggi, masyarakat Bali dapat memanfaatkan keindahan alam yang ada secara lebih baik. Tidak hanya itu, Universitas Udayana juga kerap menjadi pilihan tempat menuntut ilmu pada tingkatan perguruan tinggi bagi mahasiswa dari luar Bali.

Sejarah Universitas Udayana Bali

Proses berdirinya Unud tidak bisa dilepaskan dari peran yang dimiliki oleh Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Apalagi, pada awalnya, yakni tanggal 29 September 1958, Unud yang waktu itu masih hanya berupa Fakultas Sastra Udayana, merupakan cabang dari Unair. Dalam peresmiannya, hadir secara langsung adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Prijono.

Universitas Udayana Bali 2 » Sejarah Universitas Udayana, Universitas Negeri Terbaik dan Tertua di Bali

Dalam proses pendirian Fakultas Sastra Unud cabang Unair tersebut, tak luput pula peran penting yang dimiliki oleh tokoh pendidikan asal Bali, yaitu Prof. Ida Bagus Mantra. Pria yang lahir pada 8 Mei 1928 tersebut berharap agar keberadaan fakultas sastra cabang Unair di Bali bisa menjadi sarana untuk menjaga dan mengembangkan budaya asli Bali.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia merasa pentingnya pemerataan pendidikan di wilayah tanah air. Fakultas Sastra Unud cabang Unair kemudian secara resmi memperoleh status perguruan tinggi negeri pada tanggal 17 Agustus 1962. Peresmian ini menjadikan Unud sebagai perguruan tinggi pertama yang ada di Bali. Namun, dalam setiap perayaan ulang tahunnya, Unud menggunakan tanggal 29 September sebagai hari lahir.

Perkembangan Kampus Universitas Udayana Bali

Dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia, usia Unud memang relatif muda. Apalagi, beberapa universitas ternama seperti Unair, ITB, UI, ataupun IPB sudah berdiri sejak sebelum masa kemerdekaan. Namun, bukan berarti Unud memiliki kualitas pendidikan yang rendah. Dalam perkembangannya, Unud tumbuh menjadi salah satu perguruan tinggi besar di wilayah Indonesia bagian timur.

Sebagai buktinya, Unud kini sudah memiliki total sebanyak 13 fakultas, yaitu:

1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
2. Fakultas Ilmu Budaya
3. Fakultas Teknik
4. Fakultas Kedokteran
5. Fakultas Pertanian
6. Fakultas Hukum
7. Fakultas Peternakan
8. Fakultas Ekonomi
9. Fakultas Kedokteran Hewan
10. Fakultas Pariwisata
11. Fakultas Kelautan dan Perikanan
12. Fakultas Teknologi Pertanian
13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ke-13 fakultas yang ada di Universitas Udayana Bali tersebut bisa ditemukan di 3 bangunan kampus yang tersebar di berbagai penjuru Pulau Bali. Empat alamat kampus Unud tersebut adalah:

1. Kampus Nias
Kampus Nias merupakan bangunan bersejarah yang menjadi lokasi berdirinya dari Fakultas Sastra Unud cabang Unair. Kampus ini lokasinya berada di kawasan Sanglah, Denpasar dan tidak terlalu jauh dari RSUP Sanglah Denpasar. Di sini, terdapat patung Dewi Saraswati yang dikenal sebagai dewi ilmu pengetahuan dalam kepercayaan Hindu.

2. Kampus Sudirman
Selanjutnya, terdapat Kampus Sudirman yang berlokasi di pusat Kota Denpasar. Kampus ini menjadi tempat untuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran Hewan, FISIP, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Ekonomi. Kompleks kampus ini memiliki ciri khas pada keberadaan deretan pohon palm di bagian depan. Oleh karena itu, Kampus Sudirman punya julukan sebagai Kampus Palm.

3. Kampus Pusat Bukit Jimbaran
Terakhir, ada Kampus Pusat Bukit Jimbaran. Kampus ini merupakan kompleks bangunan yang paling baru dari Unud, dibangun pada tahun 1986. Lokasinya di daerah yang strategis, di Jimbaran dan terkenal memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Apalagi, kompleks bangunan kampus ini sengaja dibangun selayaknya sebuah kota kecil.

Menarik lho berkeliling Kampus Unud. Desain bangunannya unik, dengan tema tradisional Bali.