Senjata Khas Bali Unik dan Menarik Perlu Diketahui


Mendengar tentang Bali pasti akan teringat dengan destinasi wisata yang menarik dan tidak pernah sepi pengunjung. Tahukah kalian? Jika budaya yang kental juga termasuk senjata khas Bali yang tetap lestari tak lekang waktu. Hal itu, dibuktikan dengan masih bisa ditemukan wilayah pembuat senjata tradisional.

Pulau Dewata sebagai sebutan yang sering diucapkan banyak orang karena memang terkenal dengan Pura untuk tempat beribadah bagi penduduk. Ya, masyarakat Bali kebanyakan menganut kepercayaan atau beragama Hindu. Apabila mengunjungi Bali, kalian dapat menemukan tempat ibadah di setiap rumah khas Bali. 

Membahas mengenai apapun tentang Bali akan selalu menarik, bukan? Iya, seperti ada daya tarik tersendiri dan tak pernah bosan untuk diceritakan. Diketahui bahwa Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat dan nilai kebudayaan. Upaya melestarikan senjata tradisional yang langka juga dilakukan. 

Tetap menghidupkan dan melestarikan senjata khas sebagai langkah untuk menjaga agar tidak punah. Diingat, kalau senjata tradisional di Bali sekarang sudah jarang dipergunakan bahkan langka. Oleh karena itu, diusahakan agar terjaga dan tetap diketahui, maka sering diadakan pameran sebagai edukasi. 

Senjata merupakan alat yang dapat digunakan untuk melukai, membunuh, dan melenyapkan atau menghancurkan sesuatu, seperti benda ataupun makhluk hidup. Memiliki fungsi untuk mempertahankan diri, akan tetapi bisa juga sebagai alat untuk mengancam lawan, lalu melindungi diri dan menyerang dari musuh. 

Senjata khas dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Seperti, berburu, berladang, dan sebagai identitas suatu bangsa yang ikut memperkaya kebudayaan nusantara. Mengetahui senjata tradisional daerah Bali untuk pengetahuan dan cinta budaya. Dengan begitu, akan semakin menambah wawasan mengenai Bali, bukan hanya wisatanya saja. 

Beragam Senjata Khas Bali yang Unik dan Menarik untuk Diketahui

Senjata termasuk dalam unsur budaya manusia yang memiliki usia hampir sama dengan munculnya peradaban manusia. Senjata tradisional sebagai suatu produk budaya penanda bahwa ilmu dan teknologi metalurgi masyarakat Indonesia pada masa lalu mengalami kemajuan. Seperti pada masyarakat Bali yang masih mempertahankan senjata tradisional. 

Bali sebagai daerah tujuan wisata, baik untuk domestik maupun mancanegara dengan keindahan alam serta kebudayaan yang melekat. Salah satu ketertarikan turis asing berkunjung ke Bali karena keunikan budaya yang dimiliki. Sehingga, menjadikan Pulau Dewata ini eksotisme budaya yang menarik. Seperti beragam Senjata Khas Bali berikut ini :

1. Senjata Tradisional Keris Tayuhan Bali

Senjata Khas Bali
(sumber gambar: Masbroo.com)

Keris ternyata bukan hanya sebagai senjata tradisional pada masyarakat Jawa, tetapi Bali juga mempunyai. Keris Tayuhan oleh penduduk Bali merupakan identitas diri. Berawal dari ketika Kerajaan Majapahit berhasil menduduki Pulau Bali, tepatnya sejak tahun 1343. Kemudian, mulai diajarkan cara membuat keris. Sekarang masih bisa ditemukan daerah pembuatnya. 

Ada ciri khas tersendiri untuk Keris Tayuhan, sehingga banyak orang yang mencari untuk kepentingan ritual maupun koleksi. Pembuatan keris ini tidak berbeda jauh dengan di pulau Jawa, seperti pada lekukan yang berjumlah ganjil saat proses penempaan. Dipercaya memiliki nilai-nilai sakral, sehingga diperhatikan perawatan dan penyimpanannya. 

Dilihat dari sisi fungsional sebagai sarana perlindungan diri ketika masa peperangan. Seiring dengan perkembangan zaman, beralih sebagai benda pusaka dilengkapi dengan hiasan di bagian gagang bilah dan sarung. Senjata khas Bali ini dipercaya menjadi simbolis yang memiliki nilai sejarah dalam agama Hindu. Sehingga, ada perawatan khusus. 

2. Senjata Tombak 

Tombak sebagai senjata tradisional yang sering dipakai pada zaman dahulu, seperti ketika Indonesia berbentuk kerajaan-kerajaan. Biasanya yang memakai adalah para prajurit untuk perlengkapan perang. Pada masyarakat Bali, kedekatan dengan senjata tombak sering digambarkan pada tarian bernama Tari Wirayuda. Dimainkan 2- 4 orang. 

3. Senjata Taji

Senjata Tradisional Khas Bali
(sumber: suksesinews)

Senjata tradisional yang langka ini mirip dengan jalu ayam yang dipergunakan dalam permainan Tajen. Taji biasanya diikatkan pada kaki ayam sebagai senjata ketika sedang mengadakan aduan. Dalam upacara adat tabur roh pada masyarakat Bali juga memakai Taji sebagai perlengkapan.

Pada saat upacara tabur roh akan menaburkan darah hewan untuk korban sebagai sesaji. Dengan tabur roh dipercaya masyarakat Bali bisa mengusir bhuta atau pengaruh negatif. Oleh sebab itu, dapat menjauhkan manusia dari mara bahaya. 

4. Senjata Trisula 

Senjata tradisional yang langka ini dikenal dengan nama lain Serampang dengan bentuk tombak bermata 3 atau 3 tombak. Trisula atau trisula merupakan senjata yang dipergunakan dan identik dengan Dewa Siwa. Salah satu Dewa Trimurti yang disembah masyarakat Hindu-Budha di Pulau Jawa dan Bali. 

5. Senjata Wedhung

Senjata Khas Bali Wedhung
(Sumber gambar: Asyrafahmadi.wordpress.com)

Cara menggunakan senjata Wedhung dengan dipegang sebab bentuknya menyerupai pisau. Arti dari senjata Wedhung adalah kesiapan untuk mengabdi kepada seorang pemimpin yang berkuasa. Terbuat dari logam yang ditempa dengan bagian gagang dari kayu atau besi. Serta, memiliki corak khas sehingga berbeda dengan Wedhung daerah Cirebon yang putih polos. 

Nah, itulah beberapa macam senjata khas Bali yang dipergunakan dalam peperangan ataupun memenuhi kebutuhan manusia. Senjata tradisional tersebut memiliki keterkaitan dengan kebudayaan yang mempunyai nilai filosofis. Senjata itu sebagai benda pusaka yang harus dijaga dan dilestarikan. 


Like it? Share with your friends!

Jarot Triguritno
Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel