Serombotan Khas Klungkung, Kuliner Sehat, Murah, dan Halal dari Bali

serombotan khas Klungkung

Orang Sunda memiliki kebiasaan memakan makanan yang terbuat dari dedaunan dan sayuran. Kebiasaan itu tertuang secara nyata dengan banyaknya pilihan lalapan pada menu khas Sunda. Namun, kebiasaan ini tak sepenuhnya hanya ada di Jawa Barat. Anda juga bisa menemukan kuliner serupa di Bali. Salah satunya adalah makanan bernama serombotan khas Klungkung.

serombotan khas Klungkung 2 » Serombotan Khas Klungkung, Kuliner Sehat, Murah, dan Halal dari Bali

via Lumbung Restaurant

Kuliner serombotan khas Klungkung ini bakal jadi pilihan menu yang tepat untuk para vegetarian ataupun wisatawan muslim di Bali. Anda tak akan mendapati keberadaan bahan-bahan yang haram dan bahkan daging di makanan ini. Apalagi, dalam proses pembuatannya, serombotan juga memakai sayuran yang segar, jadi bakal terasa nikmat.

Bahan-Bahan untuk Membuat Serombotan Khas Klungkung

Ada 4 jenis sayur utama yang dibutuhkan untuk proses pembuatan kuliner khas Klungkung ini, yaitu kangkung, bayam, taoge, serta buncis. Sebagai tambahan, Anda juga bakal membutuhkan beberapa bahan lain seperti kacang panjang, kecipir, kelapa, bawang putih, bawang merah, cabai, kencur, lengkuas, serta garam. Terkadang, ada pula penambahan sayur lainnya seperti terong.

baca juga: Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

Masyarakat Bali tak menganggap serombotan sebagai lalapan. Oleh karena itu, serombotan dibuat dengan ada proses pemasakan, tidak dimakan secara mentah. Biasanya, proses pemasakan dilakukan menggunakan api sedang sampai matang. Untuk mempermudah cara penyajian, sayuran yang digunakan dipotong dalam ukuran kecil-kecil.

Mengenai bumbu, Anda bisa mendapati keberadaan 3 jenis bumbu yang biasa digunakan pada serombotan khas Klungkung, yaitu:

1. Sambal Nyuh
Sambal Nyuh dibuat dengan bahan utama parutan kelapa tua yang kemudian dipakar di atas api kecil. Selanjutnya, parutan kelapa tersebut dicampurkan dengan beragam bahan seperti bawang putih, garam, cabai, terasi, serta sedikit gula bali halus.

2. Bumbu kacang
Jenis bumbu kedua adalah bumbu kacang. Cara pembuatan bumbu kacang tak terlalu sulit, bahan-bahannya adalah kacang yang kemudian ditumbuk sampai halus. Berikutnya, kacang tumbuk dicampur dengan bahan lainnya, seperti bawang putih, garam, cabai, terasi, serta gula bali. Campuran ini kemudian digoreng.

3. Unyah sere limo
Bumbu ini dibuat dengan bahan-bahan di antaranya adalah garam, cabai, terasi, serta perasan jeruk purut.

baca juga: Upacara Otonan di Bali, Tradisi Penting yang Dilaksanakan 6 Bulan Sekali

Rekomendasi Tempat untuk Menikmati Serombotan Khas Klungkung yang Enak

Karena dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, tak heran kalau serombotan khas Klungkung bisa diperoleh dengan harga yang murah. Bahkan, Anda bisa menemukan serombotan yang dijual dengan harga hanya Rp5 ribu per porsi. Dengan harganya yang murah itu, kuliner ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mencicipi kuliner khas Bali.

Lalu, di mana tempat yang recommended untuk bisa mencicipi serombotan? Cara paling tepat adalah dengan menuju ke Klungkung yang berada di wilayah Bali bagian timur. Dari Kuta, Anda perlu menempuh perjalanan berkendara sekitar 1 jam 30 menit. Selanjutnya, Anda bisa menuju ke Pasar senggol yang berada di sebelah timur dari Kantor Bupati Klungkung.

baca juga: Gelang Tri Datu Khas Bali, Bukan Sekadar Aksesoris, Ada Makna Penting di Dalamnya

Pasar Senggol ini memiliki jam buka yang cukup mudah untuk didatangi. Anda bisa mendapati pasar ini pada sore hari, sekitar pukul 3.00 sampai malam pukul 22.00. Sebagai patokan, Pasar Senggol juga berada sangat dekat dengan Kerta Gosa yang merupakan destinasi wisata terkenal di Klungkung, berjarak hanya 5 menit berjalan kaki.