Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

Siobak Babi Khe Lok

via Panda Jajan

Siobak Babi Khe Lok khas Singaraja, makanan yang satu ini jadi pilihan wajib bagi Anda yang tengah liburan ke Buleleng. Kuliner ini menjadi bukti adanya akulturasi budaya antara masyarakat Tionghoa dengan Bali yang ada di Buleleng.

Siobak Babi Khe Lok 1 » Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

via Eksotika Bali Utara

Sesuai dengan namanya, siobak babi khe lok merupakan kuliner yang secara khusus menggunakan bahan babi. Bahkan, pada kuliner ini, bahan yang digunakan tidak hanya daging babi, melainkan hampir keseluruhan tubuhnya. Termasuk di antaranya adalah kulit, tulang rawan, serta jeroan.

Siobak Babi Khe Lok yang Legendaris Sejak Tahun 1963

Keberadaan kuliner khas Singaraja ini juga sudah sangat legendaris. Apalagi, Kota Buleleng pada zaman dulu dikenal sebagai pintu masuk utama menuju ke Bali. Jadi, tak heran kalau di sini Anda bisa menjumpai area pemukiman yang banyak ditempati oleh warga Tionghoa.

baca juga: Eks Pelabuhan Buleleng Singaraja, Pelabuhan Terbesar Bali di Zaman Dulu

Siobak Babi Khe Lok 3 1024x576 » Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

via Panda Jajan

Warung Siobak Babi Khe Lok adalah salah satu bukti dari akulturasi budaya tersebut. Apalagi, warung ini telah berada di Singaraja sejak tahun 1963. Menariknya, cita rasa dari kuliner legendaris tersebut membuat para pecinta kuliner terus berdatangan. Tak hanya warga Bali, tapi juga wisatawan yang datang dari berbagai kota di Indonesia.

baca juga: Pelabuhan Celukan Bawang Buleleng, Alternatif Pintu Masuk Liburan ke Bali

Cara Pembuatan Siobak Babi Khe Lok

Dalam proses pembuatannya, daging babi diolah dengan cara direbus dan dicampur dengan kecap manis serta kecap asin. Tidak ketinggalan, Anda juga perlu menambahkan beragam jenis rempah-rempah. Proses pemasakan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat daging babi menjadi lebih empuk.

Siobak Babi Khe Lok 2 1024x576 » Siobak Babi Khe Lok, Kuliner Khas Singaraja Perpaduan Unsur Bali dan Tiongkok

via Panda Jajan

Jenis rempah yang wajib hadir dalam proses pembuatan siobak babi khe lok adalah ngohyang. Rempah ngohyang ini konon menjadi ciri khas dari siobak Singaraja. Selanjutnya, daging babi dipotong dengan ukuran kecil-kecil yang kemudian dibubuhi dengan kerupuk kulit babi sebagai tambahan.

baca juga: Jukut Undis Buleleng, Kuliner Khas Bali yang Unik dengan Bahan Utama Kacang Hitam

Pada proses pembuatannya, siobak babi khe lok juga disertai dengan saus yang berwarna cokelat. Tidak ketinggalan, Anda juga bakal membutuhkan keberadaan tambahan berupa taburan cabe cincang serta acar mentimun di atas saus.

Lokasi Siobak Babi Khe Lok

Untuk menikmati kuliner yang satu ini di Buleleng, Anda bisa datang secara langsung ke kedai Siobak Babi Khe Lok yang beralamat di Jl Surapati Nomor 66, Singaraja. Anda bisa mengenali bangunan dari kedai ini dengan melihat kawasan sekitarnya yang memang dipenuhi oleh bangunan bernuansa Tionghoa.

Namun, untuk saat ini, Anda tak perlu datang secara langsung ke Singaraja untuk bisa menikmati kelezatan siobak babi khe lok khas Buleleng. Siobak Babi Khe Lok ini juga telah bisa dijumpai di beberapa kota lainnya yang kini bisa dijumpai di kota lainnya di Bali.

Bahkan, lokasi terdekat yang bisa temukan tak lain adalah di Kota Denpasar. Menariknya, cabang Siobak Babi Khe Lok yang ada di Denpasar, tidak hanya berada di satu lokasi, tapi 2 lokasi, yakni berada di Jl. Gatot Subroto dan Jl. Sutomo.

Nah, itulah salah satu kuliner legendaris yang bisa Anda coba cicipi selagi berada di Kota Singaraja, Buleleng. Selain siobak ini, Anda juga bisa mendapatkan deretan kuliner enak lainnya yang menjadi ciri khas dari Buleleng. Dijamin, tak bakal rugi untuk berburu kuliner enak di kabupaten ini deh!