Sosok Wanita Tua Misterius yang Menjadi Cikal Bakal Pendirian Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Nama Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar memang kurang familier di telinga para wisatawan. Apalagi, pura ini juga bukan pura tua ataupun pura dengan nilai sejarah tinggi seperti Pura Besakih ataupun Pura Luhur Lempuyang. Namun, keberadaan Pura Geria Anyar merupakan salah satu bukti fenomena penuh misteri yang sering kali muncul di Pulau Bali.

Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar 1 1024x576 » Sosok Wanita Tua Misterius yang Menjadi Cikal Bakal Pendirian Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Pura ini didirikan sekitar tahun 1962 oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Pada awal pendiriannya, pemerintah setempat sebenarnya tidak memiliki rencana untuk membangun pura. Saat itu, mereka bertujuan untuk mewujudkan pendirian jembatan. Namun, fenomena misterius berupa penampakan sesosok wanita tua, membuat rencana tersebut berubah.

baca juga: Patung Dewa Ruci Kuta, Monumen Megah yang Menggambarkan Kegagahan Bima

Sosok Wanita Tua yang Meminta Dibuatkan Rumah

Dalam proses pendirian jembatan, pemerintah melalui dinas pembangunan umum bermaksud untuk membangun jembatan yang ditempatkan di lokasi sebelah barat dari pura. Namun, rencana pembangunan itu gagal terus-menerus dengan penyebab yang beragam. Sampai akhirnya terjadi fenomena gaib munculnya sosok wanita tua misterius.

Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar 3 » Sosok Wanita Tua Misterius yang Menjadi Cikal Bakal Pendirian Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Wanita tua tersebut meminta kepada petugas yang mengurusi pembangunan jembatan untuk dibuatkan rumah. Kalau permintaan itu tak diwujudkan, pembangunan jembatan bakal terus gagal. Petugas kemudian membawa permasalahan ini ke rapat bersama dengan unsur dari Parisada Hindu Bali.

baca juga: Pura Kebo Edan Ubud, Pura Suci yang Menjadi Perlindungan dari Segala Jenis Ilmu Hitam

Dari hasil rapat tersebut, terjadi kesepakatan dilakukan pembangunan pelinggih yang diposisikan di bagian timur jembatan. Pada awalnya, pelinggih tersebut cukup sederhana, hanya berupa pemayasan dan padmasari. Hal yang mengejutkan, proses pembangunan jembatan berjalan lancar setelah berdiri pelinggih.

Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar 2 » Sosok Wanita Tua Misterius yang Menjadi Cikal Bakal Pendirian Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Sosok wanita tua yang muncul secara misterius dalam proyek pembangunan jembatan tersebut kemudian diketahui merupakan perwujudan dari Ida Batara Ratu Niyang Sakti. Selanjutnya, pemerintah pun memperluas bangunan pelinggih sehingga menjadi sebuah pura. Sebagai tambahan, didirikan pula pelinggih gedong Ratu Niyang Sakti.

baca juga: Makam Pangeran Mas Sepuh Bali, Wisata Religi Wali Pitu yang Menjadi Ziarah Umat Hindu dan Islam

Tidak ketinggalan, Anda juga akan menemukan keberadaan beberapa pelinggih lain yang ada di kompleks Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar. Dua pelinggih tersebut adalah pelinggih Ida Pedanda Sakti Wawu Rawuh, pelinggih Ida Batara Gde Mecaling, pelinggih Ida Batara Segara, dan lain-lain. Pura ini memiliki ukuran yang cukup luas, berdiri di atas lahan sekitar 17,8 are.

Fenomena Misterius di Pura Geria Anyar Tanah Kilap Denpasar

Setelah proses pembangunan jembatan selesai, dan Pura Geria Anyar berdiri kokoh, fenomena misterius juga masih kerap terjadi. Konon, banyak pengunjung yang sering menemukan keberadaan sosok wanita tua yang muncul di area sekitar pura. Meski kejadian ini cukup tidak masuk akal, masyarakat setempat percaya kalau wanita tua tersebut adalah perwujudan dari Ratu Niyang Sakti.

Pura ini juga kerap menjadi tempat persinggahan sejenak umat Hindu Bali. Lokasinya yang berada di tepi jalan, membuat banyak masyarakat setempat yang berkunjung secara singkat dan menghaturkan canang. Apalagi, tak jauh dari pura, Anda dapat menemukan pedagang canang. Kalau Anda ingin masuk ke area pura, bisa pula menyewanya dari pedagang canang.

Lokasi Pura Geria Anyar ini dapat Anda temukan berada di wilayah Banjar Gelogor Carik yang ada di Desa Pakraman Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kabupaten Badung. Tidak sulit untuk menemukan pura ini, berada di Jalan Griya Anyar, tak jauh dari Rumah Sakit BIMC Kuta.