Street Art Keren Di Bali, Objek Foto Instagramable yang Murah Meriah

Street Art Keren Di Bali

Street Art atau seni jalanan merupakan seni visual yang menggunakan ruang publik sebagai media untuj berekspresi. Salah satu street art terbaik di dunia ada di Bali.

Street art berasal daru budaya hip-hop. Street art masuk ke Indonesia tahun 1990-an bersamaan dengab musik hip-hop. Julien Trax adalah warga negara asing yang mempopulerkan seni jalanan di Indonesia, khususnya Bali.

Street Art Keren Di Bali 1 » Street Art Keren Di Bali, Objek Foto Instagramable yang Murah Meriah

via ladiscretebijoux

Julien Trax mendirikan BaliStreetArt.com untuk mewadahi para seniman street art di Bali. Para seniman yang tergabung dalam BaliStreetArt.com berasal dari berbagai latar belakang. Tak melulu seniman lokal, seniman asing dan wisatawan juga dapat bergabung ke BaliStreetArt.com.

baca juga: Desa Batubulan Gianyar, Dari Ukiran Khas Tradisional Hingga Tari Barong Bali Ada di Tempat Ini

Street Art Keren Di Bali 3 » Street Art Keren Di Bali, Objek Foto Instagramable yang Murah Meriah

via streetartnews

Street art yang dibuat sangat beragam seperti mural, grafiti, stensil, 3D painting, pasteup, doodle dan lainnya. Tema yang diangkat street art bearasal dari isu lingkungan sepertu iau tentang alam dan sosial masyarakat.

baca juga: Menelusuri Wisata Kesenian di Desa Kamasan Klungkung

BaliStreetArt.com mewadahi para seniman untuk berkarya secara legal dan agar hasil karyanya dapat dinikmati banyaj orang. Para seniman street art ini tak asal coret-coret jahil di ruang publik, namun setiap karya seni memikiki nilai sosial atau sindiran terhadap isu di lingkungan.

Festival Street Art Bali

“Tropica” adalah festival street art terbesar di Bali. Seniman dari berbagai negara akan berkumpul dan melakukan live painting di lokasi yang ditentukan

Tiap tahun, festival street art di Bali memilih lokasi yang berbeda. Hal ini didasari ruang publik yang tersedia. Dan tiap tahunnya diadakan sekitar bulan Juli. Selain itu, pelaksanaan juga melihat kondisi cuaca di Bali.

baca juga: Bali Art Center Denpasar, Pilihan Tepat Menelusuri Budaya Kesenian Unik Khas Bali

Tahun 2017 , Tropica diadakan mulai tanggal 26 sampai 30 Juli. Berlokasi di Jalan Raya Canggu, festival street art ini diikuti oleh 45 seniman dari 15 bisa negara.

Tak hanya live painting saja, pengunjung yang ingin melihat festival street art ini juga akan disambut dengan sajian hiburan seperti musik, skateboard, pameran redbull canvas cooler dan pesta di beberapa lokasi.

Sponsor utama festival street art di Bali ialah produk cat Nippon Paint. Setiap tahunnya produk cat ini selalu mendukung gelaran festival street art terbesar di Bali dengan produk cat unggulannya.

Deretan Lokasi dengan Street Art Keren di Bali

Lokasi Street art Bali ada banyak sekali. Jumlah street art Bali sudah menyebar hampir di seluruh wilayah Bali. Namun, yang paling banyak di wilayah Canggu.

Penyebaran street art di ruang publik Bali tak semudah menjumpai berbagai benda seni dengan media mainstream. Para seniman street art mengaku sedikit kesulitan atas izin dinding yang akan digunakan untuk menghasilkan karya seni.

Tetapi, diluar itu pengunjung pasti sudah siap dengan kamera ketika akan berkunjung ke area street art Bali. Tak akan ada habisnya Anda membidikan kamera ketika melihat banyaknya karya seni street art dalam satu wilayah atau lingkungan.

Namun, lokasi yang berada di sekitar rumah warga, para pengunjung juga wajib mentaati aturan lingkungan tersebut. Seperti berbicara yang sopan, tidak membuang sampah sembarangan dan tentunya tidak merusak hasil karya seni street art. Dengan begitu, street art ini bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, tak hanya warga Bali, tapi juga wisatawan dari berbagai tempat.