Suasana Misterius dan Sakral Hutan Lumut di Gunung Lesung Bali

Gunung Lesung Bali

via Bali Hacks

Cara menikmati liburan di Bali tidak hanya dengan berkunjung ke pura ataupun pantai. Kalau Anda ingin mencari liburan yang menawarkan petualangan, tidak ada salahnya kalau memilih aktivitas mendaki gunung. Banyak pilihan gunung yang bisa Anda tuju, salah satunya adalah Gunung Lesung Bali.

Gunung Lesung Bali 2 » Suasana Misterius dan Sakral Hutan Lumut di Gunung Lesung Bali

via jacobmetcalf.net

Popularitas Gunung Lesung sebagai destinasi pendakian memang masih sangat kurang. Dibandingkan dengan aktivitas mendaki Gunung Lesung, banyak wisatawan yang memilih untuk menggapai puncak dari Gunung Agung, Gunung Batur, ataupun Gunung Batukaru. Padahal, Gunung Lesung menawarkan pesona tersendiri yang unik.

baca juga: Batur Mountain View, Penginapan Murah di Kintamani dengan Sajian Pemandangan Gunung Batur

Kawah Gunung Lesung yang Berbentuk Mata

Gunung Lesung merupakan gunung yang sudah tidak aktif, dengan ketinggian mencapai 1.865 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, gunung ini memiliki area hutan yang lebat dan rindang. Satu hal yang membuat gunung ini sangat unik adalah keberadaan kawah hijau di bagian tengahnya. Kawah ini memiliki bentuk seperti mata yang dalam kondisi terbuka.

Gunung Lesung Bali 1 » Suasana Misterius dan Sakral Hutan Lumut di Gunung Lesung Bali

via Bali Hacks

Selain mempunyai keunikan pada bentuk kawah yang unik, Gunung Lesung juga dikenal sebagai wilayah gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali. Lokasi Gunung Lesung berada tidak jauh dari Danau Tamblingan yang merupakan salah satu danau terindah di Bali. Di sini juga terdapat Pura Naga Loka yang merupakan pura suci umat Hindu Bali.

baca juga: Pura Luhur Besi Kalung, Pura Suci dengan Pemandangan Mengagumkan di Gunung Batukaru

Konon, terdapat legenda yang berkaitan erat dengan keberadaan Pura Naga Loka. Selain pura tersebut, Anda juga bisa menjumpai adanya sebuah gua yang tidak diketahui dasarnya, disebut dengan Lubang Naga Loka yang berada tidak jauh dari area Puncak Gunung Lesung. Tidak ketinggalan, ada pula Pura Bukit serta Pura Endek yang tidak kalah keramatnya.

Jalur Pendakian Gunung Lesung Bali

Gunung Lesung Bali 3 » Suasana Misterius dan Sakral Hutan Lumut di Gunung Lesung Bali

via Travel Life Love

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajah keasrian hutan yang ada di kawasan Gunung Lesung, bisa memulainya dari titik awal pendakian di Desa Tamblingan. Dari desa tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan mengikuti aliran Sungai Mue. Biar tidak mengalami kesulitan dalam menjelajahi hutan, Anda dapat meminta pertolongan kepada masyarakat sekitar untuk memandu.

baca juga: Pendakian Gunung Abang Kintamani, Pilihan Aktivitas wisata Penuh Tantangan di Bali

Selama di perjalanan melintasi rute pendakian Gunung Lesung, pemandangan yang bisa didapatkan bakal membuat Anda terpukau. Selama perjalanan, Anda akan menemukan dominasi keberadaan pohon-pohon besar yang eksotis, dengan diselimuti oleh lumut. Pemandangan pohon besar yang tertutupi oleh lumut, memberikan kesan yang misterius pada hutan ini.

Sesampainya di puncak Gunung Lesung, pemandangan yang indah berupa Danau Tamblingan bakal menjadi hiburan gratis yang bisa dinikmati sepuasnya. Selain itu, keberadaan pura kecil di puncak Gunung Lesung juga mengharuskan Anda untuk bersikap sopan selama di area tersebut.

Perjalanan yang Anda butuhkan untuk menjelajahi keindahan Gunung Lesung di Bali cukup lama. Sekali jalan, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 5 sampai 6 jam. Perjalanan yang cukup lama disebabkan karena kondisi jalanan yang berupa semak belukar. Ketika mendaki ke gunung ini, pastikan untuk membawa persediaan makanan dan minuman.

Selain itu, hindari kebiasaan buang sampah sembarangan, ya! Bawa kembali sampah, sehingga gunung terbebas dari sampah-sampah manusia. Selamat berlibur, ya!