Taman Nusa Gianyar, Wisata Budaya ala TMII dari Bali

Taman Nusa Gianyar

via laksmindirajournal

Taman Nusa merupakan tempat wisata berkonsep taman budaya yang difokuskan pada budaya Indonesia. Di taman ini, pengunjung akan banyak mendapat berbagai informasi mengenai kebudayaan di seluruh Nusantara.

Kawasan Taman Nusa Gianyar, dibangun di lahan seluas 15 hektare dan tiap-tiap bangunan, dibangun berdasarkan informasi perjalanan waktu sejarah Indonesia dan kebudayaan Indonesia dari masing-masing suku.

Taman Nusa Gianyar 1 » Taman Nusa Gianyar, Wisata Budaya ala TMII dari Bali

via this-is-bali

Daya Tarik Taman Nusa Gianyar

Sebelum memasuki Taman Nusa, Anda akan disambut dengan patung putih berbentuk orang yang sedang bermain musik dan menari, mewakili kebudayaan dan adat Nusantara. Tidak heran kalau menyebut tempat wisata ini sebagai Taman Mini Indonesia Indah milik warga Bali, kan?

Taman Nusa Gianyar 2 1024x685 » Taman Nusa Gianyar, Wisata Budaya ala TMII dari Bali

via this-is-bali

Memasuki area dalam Taman Nusa, terdapat Setidaknya ada 60 buah rumah adat dari segala pelosok Nusantara dapat Anda temukan di Taman Nusa. Bangunan rumah adat ini dibangun dengan desain menyatu dengan alam. Dan Anda diizinkan masuk ke dalamnya, untuk melihat segala perabotan serta foto yang menggambarkan kehidupan warga suku di Indonesia beserta kebudayaannya.

baca juga: Pantai Jerman Desa Adat, Nama Unik Pantai Yang Cantik di Kuta

Selain itu, pengunjung akan dibawa “memutar” waktu, mulai zaman prasejarah era primitif, masa perunggu, masa awal kemerdekaan hingga masa kini. Hal ini dapat dilihat dari replika candi, patung proklamator Indonesia Presiden Soekarno dan Presiden Bung Hatta. Sedangkan masa kini diwakili oleh miniatur lokomotif dan dilengkapi ruang bangunan kota.

Fasilitas Taman Nusa Gianyar

Selain diatas, ada pula fasilitas yang disajikan oleh Taman Nusa diantaranya replika candi borobudur, replika patung gajah mada, museum budaya, museum batik, museum wayang, pusat penelitian budaya, perpustakaan, sanggar seni dan auditorium.

Restoran di dalam area taman menyediakan masakan khas Indonesia dan masakan internasional. Harga setiap menunya cukup ramah di kantong. Ditambah suasana restoran dengan konsep semi terbuka sehingga udara tetap sejuk meski tanpa AC.

Taman Nusa Gianyar 4 » Taman Nusa Gianyar, Wisata Budaya ala TMII dari Bali

via laksmindirajournal

Taman Nusa Gianyar memiliki lahan yang luas, sehingga tak perlu bingung apabila tersesat, sebab terdapat peta lokasi dan penjelasan singkat hampir di setiap persimpangan jalan agar Anda tak bingung.

Pembangunan Taman Nusa ini diprakarsai oleh Santosa Senangsyah. Dengan tujuan pembangunan untuk memberi edukasi perihal pengetahuan dan kebudayaan di Nusantara, khusunya kawula muda agar tak tergerus oleh modernisasi dan teknologi.

baca juga: Payuk Bali Cooking Class Ubud, Tawarkan Pengalaman Liburan Asyik di Pulau Dewata

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Taman Nusa Gianyar

Taman Nusa Gianyar buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 Wita. Untuk dapat menikmati dan melihat seluruh area taman, Anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp. 85.000 untuk dewasa sedangkan Rp., 70.000 untuk anak anak. Dan gratis bagi anak dibawah 2 tahun.

baca juga: Peramalan Ketut Liyer, Populer Berkat Film Hollywood Eat Pray Love

Lokasi Taman Nusa Gianyar

Lokasi dari Taman Nusa Gianyar berada di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan Kabupaten Gianyar, Bali. Objek wisata terdekat ada air terjun tegenungan, pantai lebih, taman safari, pamtai siyut, dan pantai purnama. Lokasinya dekat dengan objek wisata lain seperti kawasan wisata di Ubud.

Anda yang datang dari kota Denpasar hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Dan dengan dua alternatif jalan yakni melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra dan melalui Kota Gianyar. Sejak dibuka pada 10 Juli 2013, Taman Nusa sering dikunjungi oleh peserta studi tour anak sekolah maupun wisatawan yang berlibur.