Taman Pahlawan Margarana Tabanan, Wisata Sejarah Mengenang Perjuangan I Gusti Ngurah Rai

Taman Pahlawan Margarana Tabanan

via Anything Bali

Berwisata sambil belajar tentu sangat cocok untuk anak-anak. Anda dapat berkunjung ke Taman Pahlawan Margarana Tabanan, di Bali. Tempat wisata ini selalu ramai di hari biasa maupun hari libur. Tak hanya berupa keindahan yang menarik, namun juga pengetahuan yang Anda dapatkan.

Selain taman makam pahlawan, ada pula monumen atau tugu yang menjadi saksi bisu peristiwa heroik puputan margarana. Di baliknya terdapat monumen menyerupai nisan dengan nama-nama pahlawan yang gugur dalam perang puputan margarana yang dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai.

Taman Pahlawan Margarana Tabanan 2 » Taman Pahlawan Margarana Tabanan, Wisata Sejarah Mengenang Perjuangan I Gusti Ngurah Rai

via Anything Bali

Sejarah Singkat Taman Pahlawan Margarana Tabanan

Monumen ini dibangun pada tahun 1954, delapan tahun setelah peristiwa heroik puputan margarana pada 20 november 1946. Diresmikan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Pahlawan Pujaan Bangsa dan memiliki areal mencapai 25 hektar dengan total 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan Indonesia di Bali.

Taman Pahlawan Margarana Tabanan 3 » Taman Pahlawan Margarana Tabanan, Wisata Sejarah Mengenang Perjuangan I Gusti Ngurah Rai

via Bintang Mandiri School

Nisan-nisan tersebut pun terjaga dengan baik kebersihannya. Di antara nisan-nisan itu, ada pula sebuah nisan yang ditujukan untuk I Gusti Ngurah Rai yang merupakan pimpinan pasukan dalam peristiwa heroik ini.

Daya Tarik Taman Pahlawan Margarana Tabanan

Dibangun dengan konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Memasuki area taman, Anda akan melihat prasati yang berisikan nama-nama pahlawan yang dimakamkan di Taman Margarana ini. Pahlawan tersebut adalah pahlawan nasional dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai dalam perang puputan Margarana.

Bagian Hilir, terdapat pelataran upacara, dan dua balai peristirahatan untuk pengunjung. Adapula patung panca bakti yang menggambarkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat dalam perjuangab kemerdekaan.

baca juga: Relief Bebitra Gianyar, Wisata Sejarah yang Menyimpan Banyak Kisah di Bali

Bagian Tengah, terdapat Taman Pahlawan Margarana Tabanan setinggi 17 meter, dengan atap bertingkat 8, serta pondasi persegi 5 yang melambangkan proklamasi RI 17 Agustus 1945. Pada tugu ini juga terpahat isi surat jawabab I Gusti Ngurah Rai kepada Belanda. Surat tersebut memiliki inti kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia yang menolak tunduk kepada NICA.

Di paling ujung monumen, terdapat bangunan Gedung Sejarah. Gedung ini menyimpan sejumlah benda peninggalan perjuangan kala itu. Diantaranya senjata hasil rampasan dari tentara NICA, alat komunikasi, alat penyamaran, alat medis dan lain-lain.

Bagian Hulu, biasa disebut Taman Bahagia. Pada bagian ini, ada ribuan tugu kecil yang merupakan simbol pahlawan-pahlawan yang gugur dalam perang puputan. Di dalamnya termasuk pula sebuah nisan untuk pahlawan tidak dikenal.

Lokasi Taman Pahlawan Margarana Tabanan

Wisata Taman Pahlawan Margarana terletak di Desa Kelaci, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Berjarak sekitar 35 km dari Kuta, sekitar 1 jam perjalanan dengan berkendara. Atau jika Anda dalam perjalanan ke Bedugul, Anda bisa mampir ke monumen ini terlebih dahulu.

Di dalam area Taman Pahlawan Margarana Tabanan terdapat berbagai fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung. Seperti toilet, rest area, dan restoran. Untuk masuk, Anda tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

baca juga: Pantai Watu Klotok Klungkung, Pantai Pasir Hitam dengan Pemandangan Sunset Memukau

Sejak beberapa tahun belakang, di taman ini juga akan dibangun bumi perkemahan remaja. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah kepada kaula muda dan mengajak mereka mengenang para pahlawan yang berjasa dan diharapkan para remaja ini dapat mencontoh sikap para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan mengajak anak-anak berkunjung ke berbagai wisata edukasi Anda dapat mengenalkan sejarah bangsa Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan tak akan membuat mereka bosan.