Taman Tao Sukasada, Wisata Kekinian Tepi Sungai Banyumala di Buleleng

Taman Tao Sukasada

via Republika

Seiring dengan perkembangannya, bantaran sungai kini disulap menjadi objek wisata yang menarik minat pengunjung, seperti Taman Tao Sukasada. Wisata baru ini terletak tepat di tepi Sungai Banyumala. Wisata tepi sungai ini sangat pas untuk Anda yang ingin berlibur ke tempat tenang.

Taman Tao baru dibuka pada bulan Februari 2017. Meski tergolong baru dibuka, cukup ramai pengunjung yang datang dan kebanyakan kawula muda yang penasaran dan untuk eksis di media sosial. Mereka beramai-ramai datang ke sini karena tertarik dengan suasananya yang berbeda.

Taman Tao Sukasada 1 » Taman Tao Sukasada, Wisata Kekinian Tepi Sungai Banyumala di Buleleng

via bali-travelnews

Menurut sang pemilik, Made Yasamada, pembuatan taman seluas 26,5 are itu diawali dengan keprihatinannya terhadap sungai yang dijadikan tempat pembuangan sampah. Dengan adanya taman ini, sang pemilik ingin menyampaikan pesan agar tidak lagi membuang sampah sembarangan dan turut serta menjaga lingkungan terutama sungai.

baca juga: Wisata Alami Air Terjun Melanting Buleleng Bali

Asal Nama Taman Tao Sukasada

Sang pemilik menjelaskan, arti Tao berasal dari bahasa Bali yang berarti teduh. Tidak berlebihan jika menyebutnya teduh, lantaran pemandangan yang disuguhkan. Air sungai yang jernih dan segar, pemandangan tebing hijau serta bebatuan cadas di seberang sungai dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan.

baca juga: Air Terjun Jembong Buleleng, Wisata Alam Wajib untuk Para Pencinta Air Terjun

Fasilitas Di Taman Tao Sukasada

Mengusung desain futuristik dan identik dengan tradisi dan budaya hindu di Bali membuat Taman Tao terlihat modern dan ala pedesaan dalam satu waktu. Perabotan kayu dipilih agar semakin terlihat menyatu dengan alam.

Di bagian depan pintu masuk, terdapat Pating Dewa Ganesha, kemudian masuk ke dalam lokasi, Anda akan menjumpai Patung Dewa Brahmana, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang sejajar dengan patung Dewi Kwan Im.

Taman Tao Sukasada 2 » Taman Tao Sukasada, Wisata Kekinian Tepi Sungai Banyumala di Buleleng

via Republika

Warung disediakan oleh pengelola. Warung ini menyediakan makanan dan minuman lokal. Dan harganya pun terjangkau. Anda bebas menyantap hidangan di tempat duduk manapun yang Anda suka. Dan yang paling populer ialah tempat duduk yang tepat menghadap sungai dengan meja panjang.

Lokasi Dan Jam Buka Taman Tao Sukasada

Taman Tao terletak di Lingkungan Bantang Banua, Kel. Sukasada, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng. Lokasinya hanya berjarak 400 meter di sebelah barat Simpang Tugu Tiga Sukasada. Dan lokasi taman ini tepat berada di bawah jembatan.

Jika Anda masih bingung dengan lokasi Taman Tao, Anda dapat menuju Monumen Tri Yuda Sakti atau Terminal Sangket. Kemudian jalab ke arah barat hingga menjumpai jalanan menurun yang curam di kawasan Sangket. Dan pintu masuk tempat wisata ini berupa kayu dan terdapat hiasan penjor.

baca juga: Wisata Empat Air Terjun Paling Indah Bali di Desa Gitgit Buleleng

Pengelola Taman Tao tidak memungut biaya ketika Anda akan memasuki kawasan wisata. Anda cukup membayar hidangan yang Anda beli. Taman Tao buka mulai pukul 09:00 hingga 18:00 di weekdays dan pukul 09:00 hingga 21:00 di weekend. Anda juga dapat bermain air seperti mandi atau mengapung dengan ban. Dan tanpa biaya tambahan alias gratis.

Lebih menyenangkan lagi apabila Anda berkunjung bersama teman atau keluarga. Anda juga dapat mengajak anak-anak dan memberi pengetahuan akan ekosistem dan lingkungan. Tentu liburan anak-anak menjadi lebih bermanfaat.

Anda yang ingin berlibur ke Taman Tao, disarankan memilih hari cerah, sebab banyak bangku yang tidak terdapat payung atau tempat berteduh. Dan yang paling penting, jangan membuang sampah sembarangan guna menjaga lingkungan tetap asri.