Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani, Hutan Kumuh yang Kini Menjadi Destinasi Instagenic


Industri pariwisata di Bali berkembang dengan sangat pesat. Apalagi, Bali memiliki anugerah berupa keindahan alam yang memukau. Oleh karena itu, tidak salah kalau para wisatawan bakal tak akan pernah bosan dalam menentukan destinasi wisata selama di Bali. Bakal ada kejutan berupa destinasi baru yang bisa Anda temukan, salah satunya adalah Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani.

Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani 4 » Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani, Hutan Kumuh yang Kini Menjadi Destinasi Instagenic
via @prizkyamelia

Taman Wisata Ampupu Kembar merupakan destinasi wisata instagramable yang menawarkan tempat berfoto asyik. Di sini, Anda akan menjumpai area hutan yang dipenuhi oleh keberaan pohon ampupu atau pohon kayu putih. Pohon-pohon ini tertata secara apik. Suasana hutan yang dulu sangat kumuh, kini berganti menjadi area yang terjaga kebersihannya.

Desain Hutan Instagramable di Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani

Taman Wisata Ampupu Kembar yang ada di area Kintamani ini memang terbilang sebagai destinasi wisata baru. Keberadaannya mulai bisa diketahui oleh para wisatawan pada akhir tahun 2017. Mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini adalah wisatawan domestik. Jumlah kunjungannya juga cukup tinggi, bisa mencapai angka sekitar 30 orang per hari. Angka tersebut meningkat drastis ketika akhir pekan serta hari libur.

Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani 2 » Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani, Hutan Kumuh yang Kini Menjadi Destinasi Instagenic
via @puu_ar

Desain hutan yang cantik dan instagramable menjadi daya tarik kenapa banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Ampupu Kembar. Kawasan hutan ini dipercantik dengan adanya anyaman bambu yang diletakkan di atas pohon. Selain itu, Anda juga bisa menemukan spot berfoto instagramable, ayunan, serta tempat yang bisa digunakan untuk bersantai.

Aktivitas Selama di Taman Wisata Ampupu Bali

Ketika berkunjung ke Taman Wisata Ampupu Kembar, aktivitas utama yang dapat dilakukan oleh para wisatawan tentu saja adalah berburu foto instagramable. Ada banyak spot yang bisa Anda pilih. Anda dapat berfoto dengan deretan pohon kayu putih yang berdiri secara rapi. Anda bisa pula memilih untuk berpose di spot foto instagramable.

Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani 1 » Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani, Hutan Kumuh yang Kini Menjadi Destinasi Instagenic
via @therealbalieco

Selanjutnya, Anda juga dapat memilih untuk mencoba aktivitas memancing. Hal yang perlu Anda ketahui, Taman Wisata Ampupu berlokasi di area sekitar Danau Batur. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang sengaja menyempatkan waktu singgah ke Taman Wisata Ampupu untuk melakukan aktivitas memancing. Di sini, Anda berkesempatan untuk memperoleh berbagai jenis ikan air tawar, termasuk ikan mujair yang merupakan ikan tawar andalan dari masyarakat Kintamani.

Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani 3 » Taman Wisata Ampupu Kembar Kintamani, Hutan Kumuh yang Kini Menjadi Destinasi Instagenic
via @mount_batur_bali

Sebagai tambahan, Anda dapat pula memilih untuk mendirikan tenda dan bermalam di area Taman Wisata Ampupu Kembar. Terdapat area camping ground yang sengaja disediakan oleh pengelola wisata. Lokasi camping ground ini berada tak jauh dari tepi danau, sehingga membuat Anda tidak mengalami kesulitan kalau ingin mencari air minum ataupun air untuk keperluan memasak.

Cara Menuju Lokasi Taman Wisata Ampupu Bali

Akses untuk menuju ke lokasi destinasi wisata terbaru di Bali ini tidak terlalu sulit. Bahkan, Anda dapat menjumpainya berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan antara Pura Jati menuju Toya Bungkah. Oleh karena itu, Anda dapat memilih untuk singgah ke tempat ini ketika melakukan perjalanan ke pemandian air panas Toya Bungkah.

Tiket masuk yang perlu Anda bayarkan untuk ke tempat ini juga murah meriah. Pihak pengelola hanya mematok tarif sebesar Rp10 ribu untuk tiap pengunjung. Dari dana tersebut, sebanyak 50 persen di antaranya digunakan sebagai dana untuk pengelolaan dan pengembangan Hutan Ampupu. Dengan begitu, kawasan hutan ini bisa terjaga keasrian dan kebersihannya.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki