Tari Pendet Bali, Jenis Tarian Tradisional Tertua dari Pulau Dewata

tari pendet Bali

via Indonesia Kaya

Ada begitu banyak jenis tarian tradisional yang berasal dari Pulau Bali. Namun, bakal sulit untuk mengalihkan perhatian dari tarian tradisional yang bernama tari pendet Bali. Popularitas tarian tradisional ini memang sudah begitu lama. Bahkan, tari pendet merupakan tari tradisional paling tua yang berasal dari Bali.

Tari tradisional ini merupakan jenis tarian yang dilakukan untuk penyambutan tamu. Pementasan tari pendet Bali pun kerap dilakukan ketika ada tamu penting yang tengah berkunjung. Selain itu, pertunjukan tari pendet juga menjadi acara pembuka untuk setiap acara budaya yang dilangsungkan di Pulau Dewata Bali.

Tari Pendet Bali 1 1024x683 » Tari Pendet Bali, Jenis Tarian Tradisional Tertua dari Pulau Dewata

via Wikipedia

Tari Pendet Bali Telah Ada Sejak Tahun 1950

Para ahli kesenian di Bali mengungkapkan bahwa tari pendet merupakan tari tradisional yang telah ada sejak tahun 1950. Pada awal kemunculannya, tari Bali ini digunakan sebagai sarana pelengkap upacara piodalan yang dilangsungkan di pura ataupun tempat suci keluarga.

baca juga: Desa Batubulan Gianyar, Dari Ukiran Khas Tradisional Hingga Tari Barong Bali Ada di Tempat Ini

Pertunjukan tari pendet di masa lalu, terkesan begitu sakral. Apalagi, pementasan tari pendet bukanlah untuk menyambut kedatangan tamu penting. Orang-orang Bali melangsungkan pementasan tari pendet Bali karena ingin menyambut kedatangan para Dewata yang berasal dari kahyangan. Di samping itu, tari pendet juga merupakan wujud rasa syukur kepada Dewata.

Tari Pendet Bali 2 » Tari Pendet Bali, Jenis Tarian Tradisional Tertua dari Pulau Dewata

via Indonesia Kaya

Sosok bernama I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng yang berasal dari Desa Sumertha, Denpasar merupakan kreator dari tari pendet khas Bali. Pada awalnya, tari pendet dipertontonkan dengan melibatkan 4 orang penari. Mereka yang menarikan tarian ini umumnya adalah remaja putri yang disertai dengan mangkok perak dengan bunga warna-warni di dalamnya.

baca juga: Tari Kecak Uluwatu, Wisata Budaya dengan Sajian Pemandangan Sunset Menakjubkan

Selanjutnya, sosok I Wayan Beratha menjadi tokoh yang membawa tarian tradisional Bali ini melangkah lebih jauh. Beliau melakukan penambahan dari awalnya tarian yang dilakukan oleh empat orang menjadi lima orang. Tak hanya itu, beliau juga pernah mempertontonkan tari pendet Bali yang dilakukan secara massal, dengan mengikutsertakan sebanyak 800 orang penari.

Tari Pendet Bali 3 » Tari Pendet Bali, Jenis Tarian Tradisional Tertua dari Pulau Dewata

via Indonesia Kaya

Tari Pendet Bali Tak Hanya Dilakukan Siapa Saja

Secara umum, tari pendet memang dipertunjukkan oleh para gadis muda Bali. Namun, pada kenyataannya, tari tradisional Bali ini bisa dipentaskan oleh siapa saja. Tari pendet tidak terbatas hanya bisa dilakukan oleh gadis muda, tetapi juga oleh para laki-laki ataupun wanita dewasa sekalipun.

baca juga: Tari Sanghyang Janger Maborbor, Tari Tradisional yang Jadi Ritual Penting Umat Hindu Bali

Masyarakat Bali kerap mengajarkan gerakan tari pendet di banjar-banjar. Di situ, para anak muda akan diajak untuk mengikuti gerakan dari para penari yang berusia dewasa. Gerakannya mirip dengan tari rejang, hanya saja tari pendet Bali punya gerakan yang jauh lebih dinamis.

Meski begitu, tari pendet merupakan jenis tarian yang punya gerakan begitu sederhana. Bahkan, banyak yang menganggap kalau gerakan tari pendet merupakan dasar dari berbagai jenis tari-tarian tradisional di Bali. Tak heran kalau banyak warga Bali yang menguasai gerakan tari pendet.

Saat ini, tari pendet pun telah bertransformasi menjadi tak sekadar tari untuk ritual upacara keagamaan. Keberadaannya sudah menjadi identitas yang tak bisa lepas dari masyarakat Bali. Secara khusus, tari tradisional ini juga tak luput dari identitas pariwisata Pulau Dewata Bali.