Teluk Brumbun Bali Barat, Surga Pantai Tersembunyi dengan Keragaman Hayati yang Memesona

Teluk Brumbun Bali Barat

Nama Teluk Brumbun Bali Barat mungkin sangat asing di telinga wisatawan Indonesia. Namun, hal tersebut tidak membuat tempat ini jadi pilihan yang buruk saat menghabiskan waktu liburan ke Bali. Sebaliknya, kalau Anda mencari destinasi wisata pantai yang tersembunyi Teluk Brumbun merupakan pilihan tempat yang wajib didatangi.

Secara khusus, tempat wisata ini bakal menjadi destinasi menarik untuk para pecinta alam. Tempat wisata ini menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Oleh karena itu, bisa dipastikan, kalau suasana di teluk ini akan terlihat begitu alami. Fasilitas pendukung wisata juga sangat minim. Sekilas, hal ini membuatnya tak menarik, tapi di sisi lain menjanjikan petualangan yang seru.

Teluk Brumbun Bali Barat 3 » Teluk Brumbun Bali Barat, Surga Pantai Tersembunyi dengan Keragaman Hayati yang Memesona

via Chatadita

Teluk Brumbun Bali Barat Menjadi Surganya Jalak Bali

Hal seru pertama yang bisa Anda dapati selagi berkunjung ke sini adalah dengan melihat satwa liar yang berseliweran secara bebas. Secara khusus, di sini juga menjadi lokasi penangkaran jalak bali. Perlu diketahui, jalak bali merupakan burung eksotis yang dikenal sebagai hewan endemik dari Pulau Bali.

Teluk Brumbun Bali Barat 1 » Teluk Brumbun Bali Barat, Surga Pantai Tersembunyi dengan Keragaman Hayati yang Memesona

via Birdquest-Tour

Debagai hewan endemik, burung yang satu ini kerap menjadi buruan para pemburu. Tak heran, kalau keberadaan hewan yang satu ini cukup langka, dan bisa jadi terancam punah. Oleh karena itu, di Teluk Brumbun Bali Barat, didirikanlah tempat penangkaran untuk burung yang satu ini. Para wisatawan pun bisa secaralangsung melihat eksotisme burung cantik ini di penangkaran.

baca juga: Air Terjun Sekumpul Buleleng, Keindahan Tersembunyi di Bali

Tempat penangkaran burung jalak bali di sini memiliki ukuran yang cukup besar. Terdapat tempat berupa kubah yang terbuat dari kawat sebagai tempat tinggal para burung. Pada waktu-waktu tertentu, petugas di tempat penangkaran ini pun melakukan pelepasan untuk jalak bali yang sudah dianggap bisa hidup di alam liar.

Teluk Brumbun Bali Barat 2 » Teluk Brumbun Bali Barat, Surga Pantai Tersembunyi dengan Keragaman Hayati yang Memesona

via Birdquest-Tour

Selain berkesempatan untuk melihat eksotisme jalak bali, ada pula beragam hewan lain yang dapat dijumpai di sekitar Teluk Rumbun Bali. Berjalan-jalan di sekitar Teluk Brumbun Bali Barat, Anda akan menjumpai monyet yang berseliweran bebas.

Selain itu, para wisatawan yang berkunjung ke sini berkesempatan untuk melakukan aktivitas lain. Aktivitas pertama adalah dengan melakukan kegiatan trekking atau penjelajahan. Suasana alami yang ada di teluk ini, sungguh menggoda untuk ditelusuri lebih lanjut.

baca juga: Berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati, Ngarai Tersembunyi di Bali

Selanjutnya, para wisatawan dapat pula bersantai di tepi pantai yang ada di teluk. Pantai di sini memiliki suasana yang sangat sepi. Tak perlu khawatir terganggu oleh pengunjung lain. Hiburan yang bisa diperoleh, tak lain adalah suara kicauan burung jalak bali yang cantik serta suara hewan lain.

Cara Menuju Teluk Brumbun Bali Barat

Lalu, bagaimana cara wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersembunyi di Bali ini? Terdapat 2 rute yang bisa didapatkan untuk mencapai tempat wisata yang ada di Bali Barat ini, yakni jalur laut dan jalur darat.

Kalau ingin melintasi jalur laut, Anda bisa menuju ke Dermaga Labuhan Lalang. Di dermaga ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan layanan sewa perahu milik masyarakat setempat. Perjalanan laut ke Teluk Brumbun memakan waktu sekitar 45 menit.

Kalau memilih jalur darat, waktu tempuh yang diperlukan jauh lebih lama. Belum lagi, medan yang dilalui memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Oleh karena itu, tak heran kalau wisatawan banyak yang memilih untuk melintas lewat jalur laut.