Teluk Gilimanuk Bali Barat, Wisata Murah Meriah Dekat Pelabuhan Penyeberangan Banyuwangi-Bali


Pelabuhan Gilimanuk menjadi akses utama kedatangan para wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa. Para wisatawan bisa datang ke sini dengan menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Nah, ketika sampai di Pelabuhan Gilimanuk, Anda punya kesempatan untuk menikmati liburan secara langsung. Ada cukup banyak pilihan wisata dekat pelabuhan yang bisa dikunjungi, Teluk Gilimanuk Jembrana merupakan salah satunya.

Teluk Gilimanuk Bali Barat
via chomink_schoemi

Teluk Gilimanuk Bali Barat memang menjadi destinasi liburan yang dapat Anda jangkau dengan mudah dari Pelabuhan Gilimanuk. Bahkan, Anda bisa menjangkau lokasi teluk ini dengan mudah dari pelabuhan tanpa perlu menggunakan kendaraan bermotor. Cukup berjalan kaki selama 10 menit, Anda sudah bisa secara langsung menikmati keindahan pantai di Teluk Gilimanuk. Selain itu, lokasi tempat wisata ini juga berada dekat dan bahkan satu kompleks dengan Taman Siwa Mahadewa.

Daya Tarik Teluk Gilimanuk Jembrana

Lokasi Teluk Gilimanuk memang berada dekat dengan area pelabuhan publik. Namun, pemerintah setempat telah melakukan penataan teluk ini dengan sangat baik. Hasilnya, Anda akan menjumpai kondisi teluk yang terjaga kebersihannya. Hanya saja, Anda tidak akan menjumpai pantai dengan pasir yang cantik selama berkunjung ke tempat ini.

Teluk Gilimanuk Bali Barat
via Pariwisata Kebudayaan Jembrana

Meski begitu, pemandangan yang bisa Anda temukan di sini tetap begitu memesona. Apalagi, di tepi pantai, Anda akan menjumpai kondisi yang begitu hijau. Selain itu, Anda dapat pula menyaksikan keberadaan pulau pasir kecil di tengah laut, yang biasa disebut dengan Pasir Timbul. Ukuran pulau pasir ini sangat kecil dan hanya muncul ketika kondisi laut tengah surut.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Teluk Gilimanuk Bali Barat

Tempat wisata ini menjadi destinasi wisata baru yang cukup populer di mata wisatawan lokal. Selama berada di sini, wisatawan dapat mencoba beberapa aktivitas, seperti:

Teluk Gilimanuk Bali Barat
via senolrawks

1. Naik perahu
Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan selama di sini adalah dengan memanfaatkan waktu berkeliling teluk. Di sini, Anda dapat menjumpai layanan penyewaan perahu atau jukung yang disediakan oleh para nelayan. Biaya sewa jukung di sini tidak terlalu mahal. Anda bisa mendapatkan aktivitas ini cukup dengan mengeluarkan biaya sekitar 120 ribu hingga 150 ribu.

2. Bersantai menikmati keindahan pemandangan
Kegiatan wisata berikutnya di Teluk Gilimanuk adalah dengan memilih bersantai dan menikmati ketenangan serta keindahan pemandangan. Suasana yang ada di sini memang terasa memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan. Apalagi, Anda tidak hanya menemukan pemandangan berupa laut biru dengan ombak yang tenang. Ada pula pemandangan berupa gunung di kejauhan.

3. Snorkeling dan berenang
Perairan yang ada di Teluk Gilimanuk cukup terjaga kebersihannya. Kondisi ini memberi kemungkinan bagi para pelancong untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Anda dapat memilih untuk melakukkan aktivitas snorkeling atau cukup dengan berenang di tepi teluk.

4. Berfoto seru
Di sini, Anda tidak sekadar bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan indah. Ada pula sebuah dermaga dari kayu yang sengaja disusun untuk memberi fasilitas berfoto instagramable. Anda dapat memilih berfoto di dermaga atau bagian ujung yang bertuliskan The Secret Bay Teluk Gilimanuk.

Untuk wisatawan yang berkunjung ke Teluk Gilimanuk, saat ini masih bisa melakukannya secara gratis. Pemerintah setempat berupaya untuk mempopulerkan destinasi Teluk Gilimanuk sebagai tempat wisata yang berada dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Seiring dengan meningkatnya angka kunjungan, tak menutup kemungkinan wahana wisata yang tersedia juga semakin bertambah.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki