10 Tempat Terkenal Angker di Bali, Cocok Untuk yang Suka Mistis!


Keindahan alam Bali telah terkenal ke seantero negeri, bahkan hingga ke mancanegara. Namun, pesona Bali tidak hanya terbatas di situ saja, melainkan juga ada sisi lain yang menarik, terutama bagi wisatawan penggemar mistis. Ya, ada banyak tempat angker di Bali yang banyak memikat penggemar misteri. Sepuluh di antaranya adalah di bawah ini.

Daftar 10 Tempat Angker di Bali

1. Angkernya Taman Festival Bali

Taman Festival Bali angker
(sumber gambar: Naikmotor.com)

Tempat wisata yang ada di Padanggalak, Sanur, Kota Denpasar ini tadinya sangat megah dan berisi berbagai wahana modern, bahkan spektakuler. Namun, sayangnya, Taman Festival bali hanya mampu bertahan selama dua tahun sejak dibuka untuk umum pada tahun 1997. Sejak tahun 1999, wahana wisata ini ditutup dan menjadi salah satu tempat angker di Bali.

Banyak cerita mistis yang beredar, apalagi sejak salah satu bagian bangunan terbengkalai ini terbakar pada tahun 2012 yang membuatnya semakin angker. Pohon-pohon besar semakin rindang dan akar-akarnya mencuat keluar dan merambat dinding bangunan yang penuh dengan coretan tangan jahil.

Namun, bagi para penggemar mistis, tempat ini justru menarik untuk dikunjungi. Hanya saja, saat menyusuri bangunan-bangunannya harus berhati-hati. Tentu saja karena beberapa bagian sudah lapuk, ditambah lagi kemungkinan adanya binatang buas seperti ular. Bahkan, dahulunya di salah satu bagian ada tempat penangkaran buaya kanibal yang ganas.

2. Kuburan Desa Trunyan

Upacara pemakaman yang terkenal di Bali adalah Ngaben, yaitu tata cara kremasi bagi orang yang sudah meninggal. Namun, di daerah Bali Timur, tepatnya Desa Trunyan,  jenazah manusia tidak dikuburkan ataupun dikremasi. Cara pemakamannya adalah dengan meletakkan jenazah tersebut pada lahan berpagar bambu di sekitar pohon Trunyan. 

Meskipun jenazah tersebut perlahan membusuk, tetapi tidak mengeluarkan aroma tak sedap karena tersamarkan oleh wangi dari pohon Trunyan. Banyak orang yang datang berkunjung untuk melihat makam tersebut, dan merasa itu adalah salah satu tempat angker di bali.

3. Patung Bayi Sakah dan Sejarahnya yang Sempat Jadi Misteri

Lokasi patung ini adalah di Jalan Raya Sakah, Batuan Kaler, Sukawati. Patung ini terkenal angker, bahkan kabarnya, terdengar tangis lirih bayi yang terdengar di sekitar patung ini saat malam bulan purnama. Misteri terasa makin kuat, karena ada larangan untuk mengungkap sejarah patung tersebut jika tidak pada waktu yang tepat.

4. PI Bedugul

Bangunan mewah sebuah resor terbengkalai ini juga menarik minat para penggemar misteri. Banyak cerita mistis yang beredar, mulai dari arwah salah satu pekerja yang gentayangan, sosok gadis cantik misterius, hingga berbagai suara-suara mengerikan yang muncul di sana. Hingga kini, siapa pemilik hotel megah terbengkalai 50 km dari utara Kuta ini masih belum diketahui.

5. Kapal Ho Tsai Fa No. 18 yang Berlayar Tanpa Awak

tempat angker di bali
(sumber gambar: Indonesia.tripcanvas.co)

Di salah satu pantai Bali, yaitu Padang-padang, pernah ditemukan sebuah kapal terdampar. Anehnya, di kapal tersebut tidak ditemukan seorang pun, termasuk kapten maupun awaknya. Hal ini menimbulkan banyak spekulasi, termasuk pendapat bahwa ini adalah kapal berhantu. Meskipun kapal tersebut sudah dipindahkan, tidak mengurangi aura angker di pantai itu.

6. Bounty Beach Clubs Bungalows

Lokasi Bounty Bungalows ini ada di pulau kecil Bali, yaitu Gili Meno. Dulunya, resort ini cukup diminati karena indah dan suasananya yang tenang. Tahun 2002, resort ini ditutup, kabarnya akibat dampak bom Bali. Namun, ada yang mengatakan penyebabnya adalah pemiliknya meninggal dengan mengenaskan. Kini, diyakini tempat tersebut menjadi sarang hantu.

7. Pesawat Terbengkalai

Selanjutnya, di selatan Kuta, yaitu dekat pantai Pandawa, ada sebuah pesawat terbengkalai. Lokasinya yang berada di bukit terpencil membuatnya memiliki aura angker. Ada kabar menyebutkan bahwa tadinya bangkai kapal tersebut akan disulap menjadi restoran. Namun, akhirnya proyek gagal dan tempat itu jadi memiliki suasana angker.

8. Dam Gronjongan

Dam tersebut berfungsi untuk membendung sungai Wus yang ada di Sukawati. Konon kabarnya, saat pemerintah Belanda membangun dam ini, kesulitan untuk memasang pembatasnya. Akhirnya, diputuskan untuk mengorbankan sepasang suami istri untuk dijadikan pekelem. Hingga kini dam tersebut memiliki aura mistis kuat.

9. Pantai Padanggalak

10 tempat angker di bali
(sumber gambar: Travelingyuk.com)

Pantai ini memiliki hempasan ombak yang sangat ganas. Beredar kabar di masyarakat bahwa pantai Padanggalak dihuni seorang Dewi yang gemar menenggelamkan manusia dan menjadikannya sebagai budak. Oleh sebab itu, pantai ini diselimuti misteri karena banyak orang yang tiba-tiba hilang di sana.

10. Bangkai Kapal Tenggelam

Tempat angker selanjutnya terletak di pantai tulamben, Karangasem. Terdapat bangkai kapal milik Amerika yang tenggelam akibat serangan Jepang. Ada orang yang melakukan penyelaman dan mendatangi kapal tersebut. Namun, banyak yang meyakini bahwa arwah tentara dan awak kapal masih gentayangan di sana.

Itulah tadi beberapa tempat angker di bali yang cukup menarik bagi penggemar mistis. Bahkan tempat-tempat ini menjadi alternatif tujuan selain wisata dengan panorama indah di Bali. Namun, jika memutuskan untuk mengunjunginya, pastikan agar selalu berhati-hati. Jangan hanya karena rasa penasaran, sampai rela untuk membahayakan diri sendiri ya! 


Like it? Share with your friends!

Jarot Triguritno
Jarot is a content writer at Kintamani. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about travel

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *