Threads of Life Ubud, Tempat Berburu Oleh-Oleh Kain Tradisional Alami

Threads of Life Ubud

Mencari oleh-oleh saat liburan ke Bali bisa dilakukan dengan berbagai cara. Satu tempat yang bisa jadi pertimbangan adalah Threads of Life Ubud. Di sini, Anda berkesempatan untuk mencari oleh-oleh khas Bali berupa olahan kain tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami.

Threads of Life merupakan sebuah lembaga yang berusaha untuk menjaga eksistensi budaya lokal. Untuk melakukannya, mereka telah bekerja sama dengan lebih dari seribu wanita yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Salah satu usahanya adalah dengan membuat kain tradisional dari bahan alami.

Threads of Life Ubud 1 » Threads of Life Ubud, Tempat Berburu Oleh-Oleh Kain Tradisional Alami

Threads of Life Ubud menjadi tempat untuk memperlihatkan hasil kreasi para wanita yang bekerjasama dengan Threads of Life. Di sini, wisatawan berkesempatan untuk melihat kain dengan berbagai motif tradisional yang unik. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih untuk membawa pulang oleh-oleh kain tradisional yang sudah menjalani proses pengolahan lebih lanjut.

Upaya Revitalisasi Budaya Terlupakan oleh Threads of Life Ubud

Threads of Life Ubud diciptakan sebagai upaya untuk melakukan revitalisasi terhadap budaya yang mulai ditinggalkan di era modern. Hal ini mencakup budaya yang berkaitan dengan Pulau Bali. Oleh sebab itu, Threads of Life melakukan kerjasama dengan ratusan wanita yang berasal dari berbagai wilayah di Bali, termasuk di antaranya adalah Sidemen, Nusa Penida, dan Seraya.

Threads of Life Ubud 3 » Threads of Life Ubud, Tempat Berburu Oleh-Oleh Kain Tradisional Alami

Dalam pembuatannya, Threads of Life juga tidak menuntut aturan yang ketat kepada para pengrajin kain. Pengelola Threads of Life hanya mengatakan bahwa para wanita itu tidak usah berpacu untuk membuat pola yang modern dan unik. Sebagai gantinya, mereka meminta kepada para pengrajin wanita itu untuk membuat kain dengan pola yang telah diajarkan oleh orang tua terdahulu.

Dengan melakukan langkah tersebut, Threads of Life Ubud berharap bahwa kelangsungan budaya tradisional di Indonesia masih terjaga. Apalagi, nilai eksotisme budaya yang ada di Indonesia, menjadi daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Oleh karena itu, tak heran kalau mayoritas yang berkunjung ke galeri Threads of Life adalah wisatawan asing. Meski, tak sedikit pula wisatawan lokal yang datang dan berburu oleh-oleh.

Oleh-Oleh Bali di Threads of Life Ubud

Seperti yang disebutkan, oleh-oleh utama yang bisa Anda temukan di Threads of Life Ubud adalah kain tradisional. Anda akan menjumpai produk tekstil dengan motif yang begitu khas Bali, terutama motif yang bersesuaian dengan asal tempat tinggal para pengrajin, seperti Nusa Penida, Seraya, ataupun Sidemen.

Meski begitu, ada pula kain tradisional dari luar Bali yang bisa dijumpai di Threads of Life, seperti kain batik Jawa, kain dari Sumba, ataupun kain dari Timor. Semua jenis kain tersebut dibuat dengan cara tradisional dan melibatkan tenaga lokal. Pewarnaan yang dipakai juga bukan merupakan zat pewarna kimia, tetapi zat pewarna alam.

Harga oleh-oleh yang bisa dijumpai di Threads of Life Ubud begitu beragam. Anda bisa menemukan oleh-oleh yang dipatok dengan harga puluhan ataupun ratusan ribu. Namun, kalau ingin kain yang berkualitas, Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar, mencapai Rp6 jutaan.

Namun, Anda perlu mengingat, bahwa Threads of Life Ubud berupaya untuk mendorong perdagangan yang adil untuk para pengrajin. Oleh karena itu, tidak heran kalau harga barang di sini terlihat cukup mahal. Kalau ingin berbelanja, Anda bisa datang secara langsung ke galerinya yang ada di Jl. Kanjeng Nomor 24, Ubud.