Tipat Blayag Khas Buleleng, Kuliner Ketupat yang Enak dari Bali

tipat blayag khas Buleleng

via yoggidoggi

Ketupat menjadi jenis kuliner yang umum dijumpai di Pulau Jawa. Apalagi, ketika memasuki lebaran, bisa dipastikan kuliner ini menjadi sajian wajib di rumah-rumah. Di Bali, Anda juga bisa mendapati kuliner yang mirip dengan ketupat, yakni tipat blayag khas Buleleng. Bakal jadi pengalaman menarik ketika Anda mencicipi kuliner yang satu ini ketika tengah berada di Bali.

Sekilas, tampilan dari tipat blayag khas Buleleng ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan ketupat. Kuliner ini biasa dibuat tidak dalam bentuk persegi seperti halnya ketupat. Sebagai gantinya, tipat dibungkus menggunakan daun enau atau aren yang kemudian dibentuk secara lonjong.

tipat blayag khas Buleleng 2 » Tipat Blayag Khas Buleleng, Kuliner Ketupat yang Enak dari Bali

via Plate Maps

Daun enau atau aren yang dipakai sebagai pembungkus tipat juga bukan daun biasa. Daun-daun tersebut dipilih daun yang berusia muda. Tujuannya, biar menimbulkan rasa tipat yang lebih nikmat. Di samping itu, daun yang muda juga memberi kemudahan dalam proses pembungkusan. Berbeda dengan daun berusia tua yang bakal lebih sulit untuk dilipat.

Cara pembuatan tipat juga membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti halnya pembuatan ketupat. Beras yang sebelumnya telah dibungkus, harus direbus dalam waktu selama 5 jam. Biasanya, semakin lama waktu perebusan, semakin bagus hasil yang didapatkan. Tipat blayagnya bakal terasa lebih halus dan legit.

baca juga: Upacara Otonan di Bali, Tradisi Penting yang Dilaksanakan 6 Bulan Sekali

Bahan-Bahan Pembuatan Tipat Blayag Khas Buleleng

Bahan utama yang keberadaannya wajib dalam kuliner ini tentu saja adalah tipat yang kemudian dipotong dalam ukuran kecil. Biar kenyang, biasanya dalam satu porsi, Anda bakal membutuhkan beberapa tipat yang harus dipotong. Selanjutnya, potongan tipat itu akan dicampur dengan bumbu serta lauk yang lain.

tipat blayag khas Buleleng 3 1024x1024 » Tipat Blayag Khas Buleleng, Kuliner Ketupat yang Enak dari Bali

via nailworx_soapsuds

Lauk lain yang bakal hadir dalam sajian tipat blayag khas Buleleng adalah taoge, urap sayuran, suwiran ayam, kacang tanah goreng, serta kemudian disiram dengan kuah ayam nyat-nyat. Sebagai pelengkap, keberadaan potongan telur rebus, taburang bawang goreng, serta peyek yang telah digoreng begitu garing memberikan kenikmatan lebih saat menyantap kuliner khas Bali ini.

Dengan tampilan seperti itu, tipat blayag khas Buleleng bakal terlihat begitu penuh dalam sajian piring. Sekilas, tampilannya pun bakal sangat mirip dengan kuliner lain yang sudah familier di mata masyarakat umum, yakni pecel. Apalagi, dengan adanya peyek yang begitu mencolok di bagian atas tipat.

baca juga: Serombotan Khas Klungkung, Kuliner Sehat, Murah, dan Halal dari Bali

tipat blayag khas Buleleng 1 » Tipat Blayag Khas Buleleng, Kuliner Ketupat yang Enak dari Bali

via yoggidoggi

Harga Tipat Blayag Khas Buleleng

Harga tipat blayag khas Buleleng juga begitu murah. Kuliner ini bisa didapatkan dengan mudah tidak hanya di kawasan Buleleng. Anda juga bisa menjumpainya di Denpasar. Kalau di Denpasar, ada satu warung yang terkenal dengan kuliner ini, yaitu Warung Bu Agus. Lokasi warung ini berada di alamat Jl. Tukad Yeh Aya Nomor 31, Renon.

baca juga: Nasi Lawar Kuwir, Kuliner Halal Khas Bali dengan Tanpa Campuran Babi

Selain enak, harga tipat blayag di Warung Agus juga sangat murah. Anda bisa mencicipi kuliner ini cukup dengan harga Rp10 ribu. Warung ini bisa Anda kunjungi mulai dari sore hari, pukul 4 sampai dengan jam 2 pagi. Jadi, cukup lama waktu bukanya. Alternatif lain, bisa juga datang ke Warung Blayag Buleleng yang ada di Surapati Nomor 124, Kampung Baru, Buleleng.

Nah, itulah pilihan kuliner enak yang ditawarkan oleh masyarakat Buleleng. Tak kalah enaknya dibandingkan menu khas Bali lainnya, deh!