Tips Memilih Transportasi Murah saat Liburan ke Bali dan Lombok

liburan murah ke Bali dan Lombok

via Cempaka Holiday

Buat Anda yang ingin merencanakan liburan dengan durasi yang panjang, Bali dan Lombok bisa jadi pengalaman menarik. Di Bali, Anda bisa menjumpai beragam tempat wisata yang sudah terkenal keindahan dan keunikannya. Sementara itu, Lombok menawarkan keindahan alam yang tak kalah dibandingkan dengan Pulau Dewata.

liburan murah ke Bali dan Lombok 2 » Tips Memilih Transportasi Murah saat Liburan ke Bali dan Lombok

via Sasambo Tour

Kedua pulau ini memang memiliki lokasi yang bersebelahan. Akses transportasi yang menghubungkan keduanya juga bisa dijumpai dalam beragam pilihan. Banyaknya opsi transportasi ini, memberi keleluasaan bagi para wisatawan dalam memilih cara yang termurah. Oleh karena itu, aktivitas liburan ke Bali dan Lombok, sangat cocok untuk para backpacker.

Nah, dalam artikel ini, Anda bisa menemukan tips transportasi yang paling efektif kalau ingin melakukan liburan jangka panjang ke Bali dan Lombok. Simak informasi lengkapnya berikut, ya!

Tips Transportasi Murah Naik Kereta dari Jakarta ke Bali

Pilihan pertama untuk akses transportasi murah tentunya adalah naik kereta. Hanya saja, Anda tak akan menjumpai akses kereta secara langsung menuju ke Denpasar. Bagi wisatawan yang berangkat dari Jakarta, Anda terlebih dulu menuju ke Surabaya, selanjutnya perjalanan diteruskan ke Banyuwangi.

liburan murah ke Bali dan Lombok 1 » Tips Memilih Transportasi Murah saat Liburan ke Bali dan Lombok

via Cempaka Holiday

Ada 2 pilihan tiket kereta api murah Jakarta-Surabaya yang bisa Anda manfaatkan, yakni Gaya Baru Malam dan Kertajaya. Per September 2018, kedua kereta tersebut, masing-masing dipatok dengan harga RpRp104 ribu Rp165. KA Kertajaya berangkat dari Jakarta pukul 14.00 dan sampai di Surabaya pukul 01.40 keesokan harinya di Stasiun Pasar Turi. Sementara itu, KA GMB berangkat pukul 10.15 dan sampai pukul 01.35 di Stasiun Gubeng.

baca juga: Warung Stop Makan Yuk Uluwatu, Pilihan Tempat Makan Murah saat Liburan ke Bali

Berikutnya, dari Surabaya, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi. Dari Stasiun Gubeng, Anda bisa mendapati 3 pilihan KA ekonomi tujuan Banyuwangi, yakni Wijayakusuma, Probowangi, dan Sri Tanjung. Ketiga kereta itu masing-masing berangkat pukul 00.30, 04.25, dan 14.00. Sementara itu, bagi Anda yang turun di Pasar Turi, tidak ada opsi KA tujuan Banyuwangi. Jadi, Anda harus berpindah dari Pasar Turi menuju ke Gubeng.

Sementara itu, bagi wisatawan yang berangkat dari Yogyakarta, ada 2 opsi kereta yang dapat dimanfaatkan. Berbeda dengan kereta yang berangkat dari Jakarta, Anda bisa memakai kereta dengan tujuan langsung ke Banyuwangi. Kedua kereta tersebut adalah Wijayakusuma yang berangkat dari Stasiun Tugu pukul 18.16 dan Sri Tanjung yang berada di Lempuyangan, berangkat pukul 07.00.

baca juga: Pande Permai Bungalow Ubud, Penginapan Murah Meriah di Kawasan Monkey Forest

Selanjutnya, dari Stasiun Banyuwangi, Anda tinggal berjalan kaki untuk bisa sampai ke Pelabuhan Ketapang. Langkah berikutnya, tinggal memesan tiket penyeberangan yang harganya sangat terjangkau, hanya Rp6.500 per orang. Sesampainya di Gilimanuk, Anda bisa menemukan bus tujuan Denpasar ataupun Padang Bai yang merupakan pelabuhan penyeberangan ke Lombok.

Untuk bus ke Denpasar, tersedia bus ekonomi dengan biaya tiket sekitar Rp25-Rp30 ribu. Sementara itu, kalau memilih melanjutkan perjalanan ke Lombok, bus Gilimanuk-Padang Bai, bisa dijumpai dengan tarif berkisar antara Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per orang. Dari Padang Bai, angkutan penyeberangan ke Pelabuhan Lembar di Lombok bisa ditemukan dengan biaya yang murah, sekitar Rp43 ribu.

Dengan pilihan transportasi tersebut, Anda bisa liburan ke Bali dan Lombok dengan biaya yang sangat terjangkau. Mengenai pemilihan hotel murah, tak perlu khawatir. Ada beragam opsi penginapan ekonomis yang bisa dijumpai di Bali dan Lombok. Apalagi, kedua pulau ini merupakan destinasi favorit para backpacker.