Wajib Coba! Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Ayam Betutu Halal di Bali

wisata kuliner ayam betutu 768x308 » Wajib Coba! Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Ayam Betutu Halal di Bali

Jalan-jalan ke Bali tentu kurang afdol kalau tidak sekalian mencicipi sajian kuliner lokalnya yang beragam. Bali tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya yang menyejukkan mata, tapi juga citarasa kulinernya yang menggugah selera. Ayam betutu adalah sajian populer dari Bali yang kerap dicari wisatawan lokal atau mancanegara. Racikan khas dengan menggunakan resep bumbu tradisional khas Bali yang disebut Base Genep (bumbu lengkap) tak diragukan lagi membuat lidah tamu bergoyang dan ketagihan.

Tidak sulit mencari sajian kuliner ayam betutu di berbagai sudut kota di Pulau Dewata. Keberadaannya yang sudah menjamur membuat pengunjung bisa dengan mudah menemukan makanan bercitarasa pedas dan gurih ini mulai dari warung kecil sampai restoran mahal. Namun, buat wisatawan Muslim mungkin menjadi polemik tersendiri. Mereka agak bingung membedakan ayam betutu yang halal dan tidak halal. Terkait proses penyembelihan ayam, penggunaan alat-alat memasak, pengolahan masakan, serta penggunaan minyak apakah menggunakan unsur babi atau tidak menjadi hal yang sangat dicermati di sini.

ayam betutu bali enak » Wajib Coba! Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Ayam Betutu Halal di Bali

Oleh karena itu Ayam Betutu Ibu Nia mungkin bisa menjadi salah satu rekomendasi ayam betutu halal di Denpasar Bali. Pasalnya Ayam Betutu Ibu Nia sudah mendapatkan sertifikat halal MUI sehingga dapat menjamin kehalalan produk yang disajikan. Sebagai bukti, nama restoran yang terletak di Jalan Merdeka No.1, Renon, Denpasar ini sudah tercatat di Daftar Penerima Sertifikat Halal LPPOM MUI Prov. Bali, Periode April 2020 yang tercantum di laman situs resmi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Adanya sertifikat ini sekaligus mengurangi kekhawatiran wisatawan Muslim dalam bersantap terkait adanya isu pengusaha restoran yang membuat tanda halal buatan sendiri atau klaim pribadi.

kuliner ayam betutu bali » Wajib Coba! Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Ayam Betutu Halal di Bali

Dari daerah asalnya sendiri, sajian ayam berbalur aneka bumbu dan rempah ini paling terkenal dari Gilimanuk atau Gianyar. Di sini lah Ayam Betutu Ibu Nia menjadi keunggulan selain faktor kehalalannya, yakni karena terletak di daerah pariwisata tempat tamu biasa menginap. Rumah makan yang berdiri pada 1 April 2013 ini punya outlet strategis di Renon dan Sidakarya. Tidak hanya nasi kotak dan katering, menu paket untuk tamu travel agent, acara keagamaan, acara bazar dan lain-lain juga dilayani di sini. Buat yang tidak sempat ke tempat makannya langsung juga bisa order via GoFood dan GrabFood, sangat efektif dan efisien bukan?

Ciri khas Ayam Betutu Ibu Nia menggunakan bumbu khas Bali yang melimpah atau disebut bumbu genep. Proses memasak ayamnya sendiri menggunakan minyak tanusan atau minyak kelapa, bukan kelapa sawit, dan rasa pedasnya asli dari cabe dan bumbu rempah, bukan dari merica jadi lebih mantap di lidah. Bagi penyuka pedas, tersedia 3 jenis sambal khas Bali yaitu sambal terasi, sambal matah, dan sambal embe yang bisa diambil sepuasnya bila makan di tempat.

wisata kuliner ayam betutu » Wajib Coba! Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Ayam Betutu Halal di Bali

Selain mendapatkan sertifikat halal dari MUI Bali, Ayam Betutu Ibu Nia juga mengantongi sertifikat laik hygiene dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar. Nggak heran kualitas makanan serta layanan rumah makan ini menjadi salah satu tempat makan rekomendasi ayam betutu untuk wisata kuliner halal di Bali yang sayang dilewatkan, termasuk untuk tamu group dari travel agent. Restoran yang berlokasi di Renon Denpasar memiliki kapasitas tempat duduk untuk 40 orang, maksimal 50 orang. Paket menu bisa disesuaikan dengan permintaan serta budget dari masing-masing travel agent jadi ramah di kantong. Jika hendak melakukan pemesanan untuk dibawa perjalanan jauh, staf Ayam Betutu Ibu Nia akan menyiapkan ayam yang baru dimasak dan dibungkus dengan kemasan khusus hingga lebih tahan lama.

Selamat menikmati Ayam Betutu Ibu Nia, salah satu rekomendasi ayam betutu di Bali yang enak dan halal, serta higenis untuk penikmat wisata kuliner tradisional Bali. Wajib coba!