Warung Lawar Sapi Odah Sanur, Kuliner Lawar Antimainstream dengan Campuran Daging Sapi

Warung Lawar Sapi Odah Sanur

via Good Indonesian Food

Mencari kuliner dengan bahan utama daging sapi bisa jadi perjalanan yang sangat sulit. Apalagi, sapi bagi para pemeluk Agama Hindu di Bali merupakan jenis hewan yang dianggap sakral. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menjumpainya. Satu tempat yang dapat Anda pertimbangkan kalau ingin menikmati olahan daging sapi di Bali adalah Warung Lawar Sapi Odah Sanur. Sebagai bonus tambahan, daging sapi yang ada di sini dikombinasikan dengan lawar yang merupakan kuliner tradisional khas Bali.

Warung Lawar Sapi Odah Sanur 3 » Warung Lawar Sapi Odah Sanur, Kuliner Lawar Antimainstream dengan Campuran Daging Sapi

via Foursquare

Warung Lawar Sapi Odah ini memang menyediakan menu nasi lawar dengan lauk daging sapi. Keberadaan warung ini menjadi variasi di tengah banyaknya warung nasi lawar dengan lauk daging babi. Secara rasa, lawar babi punya perbedaan mencolok dengan lawar sapi. Tekstur daging babi cenderung lebih lembut dan lunak dibandingkan dengan daging sapi. Namun, keberadaannya yang cukup langka, membuat nasi lawar sapi menarik untuk dicoba.

Suasana Warung Lawar Sapi Odah yang Mendorong Kedekatan

Warung Nasi Lawar Sapi Odah di Sanur ini merupakan sebuah warung pinggir jalan yang memberi pengalaman bersantap kuliner secara sederhana. Kondisi warung tidak jauh berbeda dibandingkan dengan warung kaki lima yang biasa dijumpai. Kondisi warung juga bukan sebuah bangunan permanen. Atap yang dipakai merupakan atap seng dengan penyangga memanfaatkan pohon besar. Selain itu, tidak ada dinding penyekat pada warung ini.

Warung Lawar Sapi Odah Sanur 1 1024x682 » Warung Lawar Sapi Odah Sanur, Kuliner Lawar Antimainstream dengan Campuran Daging Sapi

via Kura-Kura Guide

Suasana yang sangat sederhana seperti ini, membuat para pengunjung dapat menikmati santapan dengan cara yang lebih nyaman. Anda tidak akan menemukan perberadaan status antara masing-masing pengunjung. Mereka yang memiliki kasta brahmana atau ksatria, bisa saja duduk satu meja dengan orang dari kasta sudra. Demikian pula pejabat serta pengunjung yang miskin, bisa duduk berhadap-hadapan dan bercakap-cakap dengan penikmat kuliner nasi lawar sapi yang terbiasa hidup sederhana.

Dalam cara penyajiannya, Bu Odah yang sudah tidak lagi berusia muda, juga tidak membedakan status para pengunjungnya. Beliau tidak segan untuk mengajak ngobrol para pengunjung. Dengan keramahan seperti ini, tidak heran kalau Warung Lawar Sapi Odah menjadi salah satu warung yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan, hampir setiap hari, warung ini selalu dipenuhi pengunjung dan stok makanan habis sebelum waktu tutup resminya.

Variasi Menu di Warung Lawar Sapi Odah Sanur

Warung Lawar Sapi Odah Sanur 2 1024x683 » Warung Lawar Sapi Odah Sanur, Kuliner Lawar Antimainstream dengan Campuran Daging Sapi

via Good Indonesian Food

Selanjutnya, bagaimana dengan pilihan menu yang dapat Anda nikmati selama berkunjung ke Warung Nasi Lawar Sapi Odah? Menu utama tentu saja adalah nasi lawar. Lawar merupakan kuliner tradisional khas Bali yang dibuat dengan campuran berbagai jenis sayuran. Pada nasi lawar sapi di warung ini, Anda akan menemukan lawar yang bercampur dengan potongan daging sapi.

Selain itu, Anda dapat pula mencicipi menu khas Bali yang disebut dengan serapah sapi. Serapah punya bahan yang hampir mirip dengan lawar. Hanya saja, serapah sapi dibuat dengan campuran bahan seperti potongan sayur, darah kental, babat, serta santan. Tidak ketinggalan, Anda dapat pula menjumpai menu berupa darah sapi goreng.

Campuran darah kental yang ada pada serapah mungkin bakal membuat banyak orang enggan mencobanya. Namun, siapa yang menyangka kalau bagi masyarakat Bali, campuran darah segar tersebut merupakan salah satu bahan yang memberikan cita rasa tersendiri. Apalagi, penggunaan darah kental sebagai bahan makanan, bukan merupakan hal baru di Bali.

Mengenai harganya, nasi lawar sapi di tempat ini bisa disantap dengan harga yang sangat terjangkau. Anda dapat menemukan seporsi nasi lawar yang dipatok dengan harga berkisar antara Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. Warung ini biasa buka mulai pukul 9 pagi sampai pukul 1 siang. Hanya saja, kondisi yang kerap terjadi stok persediaan nasi habis sebelum jam 1.

Lokasi Warung Nasi Lawar Odah Sanur

Untuk bersantap kuliner nasi lawar dengan daging sapi di tempat ini, Anda bisa datang ke lokasi warungnya yang beralamat di Jl. Danau Buyan. Lokasi warung ini sangat dekat dengan Pantai Batu Jimbar yang merupakan salah satu pantai cukup populer di kawasan Sanur.