Wisata Desa Gunung Salak, Liburan Menjelajahi Terasering Sawah dan 3 Air Terjun Indah

Wisata Desa Gunung Salak

via Bali Post

Nama wisata Desa Gunung Salak memang tak terlalu populer. Nama dari desa wisata ini masih kalah kalau dibandingkan dengan desa wisata yang sudah ada lebih dulu, seperti Desa Penglipuran atau Desa Taro. Namun, desa yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan ini kini menjelma menjadi desa wisata dengan aktivitas liburan yang mengasyikkan.

Wisata Desa Gunung Salak 1 » Wisata Desa Gunung Salak, Liburan Menjelajahi Terasering Sawah dan 3 Air Terjun Indah

via Tatkala

Desa Gunung Salak menawarkan suasana alam khas pedesaan. Wilayah desa yang berada di Kecamatan Selemadeg Timur ini didominasi oleh areal sawah yang masih aktif. Pemerintah setempat pun berupaya untuk mempercantik tampilan sawah di desa ini dengan mendesainnya dengan bentuk terasering. Dengan situasi seperti itu, kondisi desa wisata di sini tak kalah indah dibandingkan desa lain.

Tiga Air Terjun Indah di Wisata Desa Gunung Salak Tabanan

Wisata Desa Gunung Salak 2 » Wisata Desa Gunung Salak, Liburan Menjelajahi Terasering Sawah dan 3 Air Terjun Indah

via Bali Post

Ketika liburan ke Desa Gunung Salak, Anda akan menemukan 3 air terjun indah. Tiga air terjun tersebut adalah:

1. Air Terjun Tibu Megan

Air Terjun Tibu Megan bisa Anda temukan di Banjar Apit Yeh. Lokasinya berada cukup jauh dari pusat Desa Gunung Salak. Anda perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1 km untuk menjangkau air terjun ini. Hanya saja, jalur yang bisa Anda manfaatkan untuk menjangkau lokasi Air Terjun Tibu Megan cukup baik, tidak seburuk kondisi jalanan menuju Air Terjun Batu Sangihan dan Air Terjun Tibu Sampi.

baca juga: Wisata Empat Air Terjun Paling Indah Bali di Desa Gitgit Buleleng

2. Air Terjun Batu Sangihan

Air Terjun Batu Sangihan bisa dibilang memiliki keunikan kalau dibandingkan dengan air terjun di tempat lain. Di sini, Anda akan menjumpai keunikan berupa air yang terasa agak manis. Konon, keunikan ini bisa didapatkan karena aliran air di Batu Sangihan didapatkan dari 10 mata air alami.

3. Air Terjun Tibu Sampi

Air terjun yang ketiga adalah Air Terjun Tibu Sampi. Air terjun ini memiliki ktinggian mencapai 15 meter yang berada di wilayah Banjar Kemetug Kanciana. Lokasi air terjun ini memang cukup tersembunyi. Untuk menjangkaunya, Anda perlu menyusuri jalan tegalan yang jaraknya sekitar 200 meter dari jalan utama. Namun, suasana alami di air terjun ini membuat perjalanan yang sulit itu terbayar lunas.

baca juga: Berkunjung ke Desa Adat Penglipuran Bali, Desa Terbaik Sedunia

Aktivitas Wisata Desa Gunung Salak Tabanan

Selain menghabiskan waktu dengan berkunjung dan menjelajahi 3 air terjun di Desa Gunung Salak, Anda dapat pula mencoba aktivitas lain selama di desa ini. Pemerintah desa telah berusaha membangun fasilitas yang nyaman untuk kedatangan para wisatawan. Selain mendesain terasering sawah, kawasan desa ini juga sudah disertai dengan jogging track nyaman.

Jogging track yang ada di sini sebenarnya merupakan jalur yang disiapkan secara khusus untuk track sepeda gunung berskala nasional. Jalur ini dibangun dengan menggunakan bahan beton dan disengaja melintasi 7 subak yang ada di wilayah Desa Gunung Salak. Dengan keberadaan jalur ini, para pengunjung yang mencoba aktivitas bersepeda atau jogging, dapat pula menikmati keindahan sawah yang terhampar luas di Gunung Salak.

Lokasi Desa Gunung Salak

Akses menuju lokasi Desa Gunung Salak di Kabupaten Tabanan tidak terlalu menyulitkan. Anda dapat menjangkau wilayah desa ini dengan melakukan perjalanan berkendara sekitar 1 jam setengah. Selain itu, Desa Gunugn Salak juga bisa Anda datangi selagi liburan ke Tanah Lot yang sama-sama berada di wilayah Tabanan. Jarak dari Tanah Lot menuju Gunung Salak, hanya perlu waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.