Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

gua unik dan hits di Bali

via richard-seaman.com

Keragaman tempat wisata yang ada di Bali membuat pulau ini memang jauh lebih populer dibandingkan dengan destinasi wisata lain di Bali. Selain dapat menyempatkan waktu untuk menjejalah pantai-pantai eksotis, Anda dapat pula menjumpai wisata gua unik dan hits di Bali.

Pilihan tempat wisata berupa gua unik dan hits di Bali yang bisa Anda kunjungi juga begitu variatif. Untuk membantu Anda dalam melakukan aktivitas penjelajahan gua unik tersebut, berikut ini adalah pilihan tempat terbaik yang dapat dikunjungi:

1. Gua Gajah Gianyar

Gua Unik dan Hits di Bali 1 1024x768 » Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

via richard-seaman.com

Gua Gajah menjadi pilihan wisata gua unik dan hits di Bali yang dapat Anda kunjungi. Keunikan Gua Gajah bisa dilihat karena gua ini juga difungsikan sebagai sebuah pura, dibangun sekitar abad ke 9. Nama pura ini didapatkan dari keberadaan patung Dewa Ganesha yang berada cukup banyak di dalam gua. Selain itu, Anda juga akan menjumpai air terjun mini serta taman yang rindang.

baca juga: Keramas Aero Park Gianyar, Restoran Unik dengan Nuansa Makan di Dalam Pesawat

2. Gua Garba Gianyar

Gua Unik dan Hits di Bali 2 » Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

via Anything Bali

Masih berada di wilayah Kabupaten Gianyar, Anda dapat pula menjumpai keberadaan Gua Garba. Gua unik dan hits di Bali ini berlokasi di Desa Pejeng yang dikenal sebagai salah satu situs arkeologi dan menyimpan nilai sejarah tinggi. Di gua yang telah berdiri sejak tahun 1116 Masehi ini, wisatawan dapat menjumpai keberadaan bangunan kuno serta tangga batu. Tak ketinggalan, ada pula cap kaki yang dipercaya merupakan telapak dari Kebo Iwa.

baca juga: La Laguna Canggu Bali, Tempat Nongkrong Unik Kekinian di Pantai Berawa

3. Gua Giri Putri

Gua Unik dan Hits di Bali 3 1024x814 » Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

by 🇮🇳Joel Mathew

Beralih ke Nusa Penida, Anda dapat menjumpai Gua Giri Putri. Gua yang satu ini dikenal sebagai gua terbesar yang ada di Nusa Penida. Ukurannya memang begitu besar, dengan kedalaman mencapai 310 meter. Selain itu, masyarakat sekitar juga memiliki kepercayaan tersendiri terkait keberadaan sumber mata air yang ada di dalam gua. Mereka percaya bahwa air tersebut punya khasiat dalam menyembuhkan beragam jenis penyakit.

4. Gua Lawah

Gua Unik dan Hits di Bali 4 1024x678 » Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

via @berns_bali_tours

Gua Lawah yang terletak di Kabupaten Klungkung dikenal sebagai salah satu pura paling penting di Bali. Pura Gua Lawah tak hanya menawarkan desain arsitektur bangunan yang unik. Para pengunjung juga dapat menyaksikan ribuan klelawar yang menghuni bagian dalam gua. Dengan suasana seperti itu, tak heran kalau gua ini cenderung cukup mengerikan.

baca juga: Pohon Bunut Bolong, Pohon Raksasa Unik yang Menyimpan Sisi Magis Misterius

5. Gala-Gala Underground House

Gua Unik dan Hits di Bali 5 1024x634 » Wisata Gua Unik dan Hits di Bali yang Paling Terkenal

via Soca Atisomya

Nah, wisata gua unik dan hits di Bali yang terakhir adalah Gala-Gala Underground House. Gua yang satu ini merupakan gua buatan yang proses pembuatannya diprakarsai oleh Mangku Byasa di Nusa Penida. Proses pembangunannya membutuhkan waktu yang begitu lama, mencapai 15 tahun, dari tahun 1961 dan berakhir pada tahun 1976. Menariknya lagi, proses pembuatan gua ini dilakukan dengan tradisional tanpa memanfaatkan alat-alat modern. Meski begitu, wisatawan yang datang ke Gala-Gala Underground House dapat menjelajahi gua ini dengan aman.

Demikianlah pilihan 5 destinasi gua unik dan atraktif yang dapat Anda kunjungi selama berlibur ke Bali. Pengalaman menjelajahi wisata gua-gua tersebut bisa menjadi momen liburan yang menarik. Apalagi, keunikan gua-gua seperti ini, tak akan Anda jumpai ketika liburan ke tempat lain. Nah, tertarik untuk menyaksikan keunikan gua-gua tersebut?