Wisata Liburan Keliling Danau Bedugul yang Eksotis dan Spektakuler

danau bedugul

via Wikipedia

Kuta dan Ubud bukanlah destinasi wisata utama yang kerap dikunjungi wisatawan. Dalam perjalanan wisatawanya ke Bali, tak sedikit pula wisatawan yang menyusun itinerary dengan menyertakan keberadaan Danau Bedugul. Kawasan Bedugul terkenal dengan suasana yang sejuk karena termasuk wilayah dataran tinggi, dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut.

Aktivitas paling populer yang dilakukan oleh para wisatawan selama berada di Bedugul adalah berkunjung dan menjelajahi Danau Bedugul. Di kawasan ini, Anda bisa menyaksikan secara langsung keberadaan 3 danau besar yang ada di Bali. Tiga danau tersebut adalah Danau Beratan, Danau Tamblingan, serta Danau Buyan.

Berburu Foto Mirip Uang Rp50 Ribu di Danau Beratan Bedugul

Danau Bedugul 2 » Wisata Liburan Keliling Danau Bedugul yang Eksotis dan Spektakuler

via Trover

Danau Beratan menjadi nama danau yang paling dikenal oleh para wisatawan di Bedugul. Alasannya, karena danau ini merupakan lokasi dari salah satu pura yang penting di Bali, yakni Pura Ulun Danu. Pura tersebut bisa ditemukan berada di area pinggir danau. Di waktu yang sama, Anda juga akan menjumpai keindahan Pura Ulun Danu dengan latar belakang Danau Beratan dalam uang pecahan Rp50 ribu.

Secara administratif, Danau Beratan terletak di area paling timur dibandingkan dengan danau Bedugul yang lain. Dua danau lainnya, yakni Danau Tamblingan dan Danau Buyan, kerap disebut sebagai danau kembar. Lokasi Danau Beratan sangat mudah dijangkau, berada di tepi jalanan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan danau ini dengan sangat mudah.

Danau Tamblingan yang Sejuk Dikelilingi Area Hutan Rindang

Danau Bedugul 1 1024x683 » Wisata Liburan Keliling Danau Bedugul yang Eksotis dan Spektakuler

via Wikipedia

Kalau ingin berkunjung ke danau dengan suasana yang lebih sepi dan tenang, Danau Tamblingan adalah pilihannya. Berbeda dengan Danau Beratan, potensi wisata Danau Tamblingan memang sengaja tidak dikembangkan. Alasannya, agar danau ini menjadi area yang tetap asri dan alami. Oleh karena itu, Anda bakal menemukan area sekeliling Danau Tamblingan yang penuh dengan pepohonan rindang.

Konon, nama danau ini berasal dari dua kata, yakni tamba dan elingang yang masing-masing memiliki arti obat dan ingat. Menurut info yang tertulis dalam Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul, dulu masyarakat di sekitar Danau Tamblingan pernah terkena wabah penyakit. Namun, berkat kemampuan spiritual yang ada di air Danau Tamblingan, wabah tersebut bisa disembuhkan. Oleh karena itu, danau ini kemudian disebut dengan Tamblingan.

Danau Buyan yang Menjadi Danau Terbesar di Bedugul

Danau Bedugul 3 1024x659 » Wisata Liburan Keliling Danau Bedugul yang Eksotis dan Spektakuler

via Bali Gateaway

Danau Buyan memiliki lokasi yang berada di tengah-tengah antara Danau Beratan dan Danau Tamblingan. Danau ini juga memiliki ukuran paling besar, dengan luas mencapai 490 hektare dan kedalaman 89 meter. Danau Buyan dan Danau Tamblingan terhubung lewat keberadaan kanal kecil yang disebut dengan nama Telaga Aya. Kedua danau ini terpisahkan oleh kawasan hutan mencapai 1 km jaraknya.

Seperti halnya Danau Tamblingan, akses yang bisa digunakan untuk menuju ke Danau Buyan relatif lebih sulit dibandingkan Danau Beratan. Oleh karena itu, ekosistem yang ada di sekitar danau bisa terjaga dengan baik. Dengan suasana alami dan air yang bersih, Danau Buyan kerap dipilih oleh para wisatawan sebagai lokasi berkemah. Selain bisa menikmati pemandangan indah sepuasnya, Anda juga tidak akan kebingungan kalau ingin mencari air minum serta makanan.

Itulah keindahan 3 danau di Bedugul yang bisa Anda jelajahi selama berkunjung ke kawasan ini. Selain keindahan alam berupa danau, Bedugul juga memiliki banyak tempat menarik lain. Dijamin, Anda bakal tidak akan merasa rugi menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah kawasan Bedugul.