Wisata Museum Pasifika Bali, Pilihan Liburan Edukatif Hasil Karya Seni Tingkat Dunia

Wisata Museum Pasifika Bali

Wisata Museum Pasifika Bali adalah museum lukisan berstandar Internasional di Nusa Dua, Bali. Museum ini kini menjadi magnet yang menarik wisatawan mancanegara dan domestik. Berbagai jenis lukisan dari seniman lokal hingga seniman luar negeri dipajang di museum.

Museum yang berdiri diatas lahan seluas 1,5 hektar ini memiliki luas bangunan 30 are. Bangunan museum yang modern kontemporer memiliki nuansa tradisional dan modern. Di sisi kanan dan kiri bangunan terdapat lahan hijau yang rindang.

Wisata Museum Pasifika Bali 2 » Wisata Museum Pasifika Bali, Pilihan Liburan Edukatif Hasil Karya Seni Tingkat Dunia

via gogootour.com

Sejarah Wisata Museum Pasifika Bali

Pada tahun 2004, museum ini bernama Asia Pacific Art Centre dan belum termasuk museum. Pada tahun 2006, barulah diberi nama museum pasifika. Dari nama art centre menjadi museum disebabkan koleksi lukisan maupun karya seni yang lain terus bertambah.

baca juga: Berburu Foto Keren di Museum 3 Dimensi Dream Museum Zone Bali

Museum ini didirikan oleh pecinta seni kenamaan Indonesia Moetaryanto P dan pria berkebangsaan Prancis, Philippe Augier. Meski koleksi seni di museum pasifik merupakan seni permanen, akan tetapi di tempat ini sering diadakan eksibisi seni baik dari Bali atau negara lain. Museum Pasifik juga digunakan sebagai tempat menampung berbagai artefak kebudayaan dari negara-negara Asia Pasifik.

Daya Tarik Wisata Museum Pasifika Bali

Museum Pasifika terbagi dalam 8 paviliun serta dipisah menjadi 11 ruangan. Beragam seni tradisional maupun modern dipajang di setiap ruangan. Dengan floor plan 9 ruangan, terdiri dari seniman Indonesia, Italia, Belanda, Prancis, Indo Eropa, Temporary Exhibition Of Theo Meier, Indo Cina, Chen Shen dan Premiere Art Of Vanuatu.

baca juga: Museum Lukisan Sidik Jari, Wisata Edukasi yang Unik di Denpasar

Wisata Museum Pasifika Bali 3 1024x615 » Wisata Museum Pasifika Bali, Pilihan Liburan Edukatif Hasil Karya Seni Tingkat Dunia

via Anything Bali

Tercatat total koleksi museum menyimpan tidak kurang dari 1100 karya seni, 700 lukisan dan 400 patung. Dan merupakan hasil karya seni dari 200 seniman dari hampir 25 negara di dunia. Dengan sebegitu banyak koleksi, tidak heran kalau tempat ini menjadi lokasi wisata yang selalu ramai oleh para pengunjung.

Event Menarik Di Wisata Museum Pasifika Bali

Eksibisi dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional pernah digelar di Museum Pasifika. Menariknya hampir disetiap kesempatan, ada saja tokoh penting dan kepala negara yang datang untuk berkunjung dan menikmati sajian karya seni yang dipajang.

baca juga: Museum Le Mayeur Sanur, Sarana Menikmati Koleksi Lukisan Seniman Legendaris Belgia

Tercatat, perwakilan UNESCO Irina Bokova, presiden Mexico Enrique Pena Nieto, Sekjen PBB Kofie Annan, presiden Swiss Didier Burkhalter dan lainnya pernah berkunjung ke Museum Pasifika.

Museum Pasifika secara rutin antara 2-3 kali dalam sebulan, akan memberikan pembelajaran mencintai dan memahami seni sambil bermain. Tidak hanya itu, museum juga sering mengadakan kegiatan yang sifatnya edukasi dengan cara mengundang pelajar sekolah.

Lokasi Wisata Museum Pasifika Bali

Museum Pasifika terletak di Jalan Nusa Dua, Benoa, kecamatan kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 20 km dari Denpasar dan dari Bandara Internasional Ngurah Rai dapat ditempuh sekitar 13 km.

Fasilitas di museum terdapat cafe dan resto, toilet, tempat parkir hingga panggung terbuka untuk menggelar beragam acara. Untuk harga tiket dibagi dalam beberapa kelompok, untuk dewasa Rp.50.000 untuk domestik, Rp.75.000 untuk mancanegara.

Sedangkan pengunjung anak sekolah dikenai tarif Rp.5.000 saja. Harga diatas dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan, untuk mendapatkan inormasi yang pasti, Anda dapat menghubungi email; info@museum-pasifika.com.

Jam buka Museum Pasifika adalah setiap hari, buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WITA.