Wisata Pulau Serangan Denpasar, Pilihan Tempat Wisata Asyik dengan Beragam Aktivitas di Bali

Wisata Pulau Serangan Denpasar

Banyak pulau kecil yang berada tak jauh dari Bali. Wisata Pulau Serangan Denpasar adalah salah satunya. Pulau ini tak hanya menawarkan tempat wisata alam dengan pemandangan indah. Di sini, Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas wisata menarik.

Pulau Serangan Denpasar dikenal sebagai salah satu pulau kecil yang lokasinya hanya sekitar 500 meter dari pusat Kota Denpasar. Pulau ini juga memiliki ukuran tak terlalu besar, dengan panjang maksimum sebesar 2,9 km dan lebar 1 km.

Wisata Pulau Serangan Denpasar 1 1024x768 » Wisata Pulau Serangan Denpasar, Pilihan Tempat Wisata Asyik dengan Beragam Aktivitas di Bali

via Trover

Apa Saja yang Dapat Dilakukan di Wisata Pulau Serangan Denpasar?

Nah, seperti yang telah disebutkan. Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas selagi berkunjung ke Pulau Serangan Denpasar. Aktivitas wisata tersebut antara lain adalah:

1. Berkunjung ke Kampung Nelayan Etnis Bugis

Selagi berlibur ke Pulau Serangan Denpasar, Anda bisa menyempatkan waktu untuk datang ke Kampung Nelayan di pulau ini. Ada hal unik yang bisa dijumpai dari kampung nelayan tersebut. Keunikan tersebut adalah para penduduknya yang bukan berasal dari etnis Bali, melainkan Bugis.

Para penduduk di Kampung Nelayan Pulau Serangan Denpasar ini memang adalah para pengungsi yang berasal dari Makassar. Mereka datang ke Pulau Serangan pada zaman kerajaan. Setelah berlayar jauh, mereka akhirnya sampai ke pulau ini dan memutuskan untuk menetap.

baca juga: Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Perjuangan Rakyat Bali di Denpasar

2. Alquran dan Makam Kuno di Masjid Assyuhada

Aktivitas berikutnya adalah berkunjung ke Masjid Assyuhada. Masjid ini berada tidak jauh dari Kampung Nelayan Bugis. Keberadaannya menjadi identitas utama para penduduk di Pulau Serangan dari etnis Bugis yang merupakan pemeluk agama Islam.

Di sini, Anda tak hanya bisa menyaksikan masjid tua yang telah berdiri sejak abad ke 17. Diketahui, masjid ini merupakan bangunan ibadah yang pembangunannya digagas oleh ulama besar Makassar bernama Syeikh Haji Mu’min. Di waktu yang sama, bisa pula menyaksikan keberadaan Alquran serta makam kuno.
Cara Menuju Pulau Serangan Denpasar

3. Wisata Bahari

Berbentuk sebuah pulau kecil, Anda dapat pula menyempatkan untuk bermain ke pantai yang ada di Pulau Serangan. Menariknya, ada beberapa olahraga air yang dapat dilakukan di sini, di antaranya adalah para sailing ataupun jet ski.

baca juga: Pantai Segara Ayu Denpasar, Pantai dengan Pemandangan Sunrise Memukau

4. Berkunjung ke Turtle Park

Di sini, wisatawan juga dapat menemukan area penangkaran penyu, tepatnya di Turtle Park Serangan. Wisatawan bisa melihat proses bertelurnya para penyu, penetasan, serta keberadaan peyu dewasa di sini.

5. Pura Sakenan

Meski menjadi pulau yang banyak dihuni oleh warga muslim, di Pulau Serangan Denpasar juga terdapat sebuah pura suci umat Hindu. Namanya, Pura Sakenan. Pura ini memiliki nilai sejarah tinggi, dibangun pada abad ke 10 oleh Mpu Kuturan yang juga dikenal dengan nama Mpu Rajakretha.

baca juga: Sylvia Bali Suite Residence, Pilihan Hotel Murah Ramah Backpacker Berfasilitas Lengkap di Denpasar

Cara Menuju Lokasi Pulau Serangan Denpasar

Para wisatawan bisa dengan mudah berkunjung ke pantai di pulau ini. Dulu, akses utama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kapal. Namun, setelah proses reklamasi, wisatawan dapat menjangkau pulau ini dengan jalur darat.

Pemerintah Bali telah membangun jembatan yang menghubungkan antara Pulau Serangan dengan Denpasar. Berkat jembatan ini, Anda cukup menyewa kendaraan agar bisa melintas menuju ke sini. Mudah dan bakal menyenangkan deh!