Wisata Puncak JR Jembrana, Tempat Liburan Kekinian Menyaksikan Keindahan Bali dari Atas Langit


Destinasi wisata kekinian menggunakan fasilitas berupa gardu pandang banyak ditemukan di Pulau Bali. Apalagi, Bali terkenal memiliki keindahan alam yang alami. Wisata Puncak JR Jembrana adalah salah satu destinasi wisata kekinian yang hadir dengan suasana seperti itu. Saat berada di Puncak Jumpa Remaja (JR), Anda akan diajak seperti tengah menyaksikan pemandangan Bali dari negeri di atas langit.

Wisata Puncak JR Jembrana
via @darsmotto

Tempat wisata di Jembrana ini telah diresmikan sejak tahun 2017. Pemrakarsa dari tempat wisata kekinian di Bali adalah para pemuda yang tergabung dalam Sekaa Truna Truni (STT) desa setempat. STT sendiri, dalam lingkup masyarakat Bali merupakan organisasi kepemudaan yang biasa dibangun dalam lingkup banjar. Para pemuda yang tergabung dalam STT desa setempat, secara tidak sengaja menemukan keberadaan tempat ini.

Fasilitas Foto Selfie Keren di Wisata Puncak JR Bali

Dari penemuan tersebut, mereka kemudian punya inisiatif untuk bisa memanfaatkannya sebagai destinasi wisata. Apalagi, mereka berharap agar keberadaan tempat wisata baru yang berlokasi di Banjar Pancaseming di Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana dapat mengembangkan kondisi masyarakat secara ekonomi. Ditambah lagi, saat ini tren wisata kekinian tengah booming di Bali.

baca juga: Surfing Seru-Seruan di Pantai Medewi Jembrana, Yuk!

Wisata Puncak JR Jembrana
via @artaheaven

Fasilitas yang ada di Wisata Puncak JR Bali juga cukup lengkap. Anda bisa menemukan berbagai pilihan lokasi berfoto yang menarik. Apalagi, kawasan ini berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan berupa lembah yang masih asri. Lembah tersebut dipenuhi dengan pohon-pohon hijau yang meneduhkan pandangan. Ditambah lagi, keberadaan pohon-pohon itu juga membuat udara di sekitar tempat wisata terasa segar.

baca juga: Air Terjun Juwuk Manis Jembrana, Air Terjun Mini yang Memukau

Pilihan tempat berfoto yang bisa digunakan selama di Wisata Puncak JR cukup variatif. Anda bisa menemukan gardu pandang yang secara langsung menghadap ke arah lembah. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai keberadaan ayunan kayu yang sengaja ditempatkan di pinggir tebing. Dengan posisi yang ekstrem seperti itu, ayunan kayu ini sangat cocok bagi Anda yang punya nyali tinggi.

Selain itu, ada pula spot spesial yang kerap dipilih para wisatawan saat berada di Wisata Puncak JR Bali. Spot istimewa tersebut adalah sebuah menara yang dikenal dengan nama menara bendara. Menara ini dibangun dengan ketinggian yang cukup membuat siapapun berpikir ulang untuk menaikinya. Di bagian puncak menara, terdapat bendera merah putih yang berkibar. Menarik untuk bisa berfoto di sini.

baca juga: Pantai Baluk Rening Jembrana, Pantai Indah yang Juga Berkhasiat untuk Kesehatan

Tiket Masuk dan Lokasi Wisata Puncak JR Jembrana

Aktivitas wisata menuju ke Puncak Jumpa Remaja yang ada di Jembrana dapat dilakukan oleh siapa saja dengan biaya terjangkau. Para pemuda banjar yang mengelola tempat ini memang sengaja mematok tarif masuk murah meriah, hanya Rp5 ribu per orang. Tujuannya, agar masyarakat dari setiap kalangan bisa menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh Desa Batuagung, Jembrana.

Sejak awal pembukaannya, wisatawan yang datang ke Wisata Puncak Jumpa Remaja mayoritas adalah anak muda serta wisatawan domestik. Perjalanan menuju ke lokasi wisata dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, butuh waktu perjalanan cukup panjang, mencapai 3 jam berkendara. Namun, Anda bisa lebih cepat menjangkau tempat ini kalau berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 43 km.


Like it? Share with your friends!

Imam Baihaki