Wisata Unik Berkunjung ke Gua Sarang Walet di Batu Melawang Nusa Ceningan

Batu Melawang Nusa Ceningan

Pulau tiga nusa, yakni Nusa Lembongan, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan memang menjadi primadona wisata baru di Bali. Banyak destinasi wisata menarik yang bisa Anda temukan di tiga pulau kecil tersebut. Untuk pilihan aktivitas wisata yang anti mainstream, Anda dapat mencoba berkunjung ke Pulau Batu Melawang Nusa Ceningan.

Batu Melawang Nusa Ceningan 1 » Wisata Unik Berkunjung ke Gua Sarang Walet di Batu Melawang Nusa Ceningan

Gua ini merupakan sebuah gua yang menjadi rumah dari banyak burung walet liar. Di sini, mereka akan mendirikan sarang yang dibuat dari bahan utama berupa air liur mereka. Terkadang, ada beberapa orang yang berusaha untuk memanen sarang walet dari gua ini. Hanya saja, aktivitas memanen di Gua Sarang Walet di Batu Melawang merupakan aktivitas yang ekstrem dan berbahaya.

baca juga: Jembatan Kuning Nusa Ceningan, Ikon Wisata Sekaligus Transportasi Utama Nusa Lembongan-Ceningan

Gua Sarang Walet di Batu Melawang Nusa Ceningan Sudah Dimanfaatkan Sejak 1990

Gua Sarang Walet yang ada di Nusa Batu Melawang merupakan properti yang menjadi milik Pemerintah Kabupaten Klungkung. Mereka secara rutin mengirim orang yang bakal melakukan pemanenan dengan memetik sarang burung walet di gua ini. Aktivitas ini telah berlangsung sejak tahun 1990.

Batu Melawang Nusa Ceningan 2 » Wisata Unik Berkunjung ke Gua Sarang Walet di Batu Melawang Nusa Ceningan

Dulu, gua ini banyak dihuni oleh burung walet. Bahkan, menurut penuturan dari para pejabat yang menangani, orang-orang yang melakukan panen kerap mengalami kesulitan. Alasannya, karena burung walet yang terbang kerap membuat mereka kerepotan. Namun, saat ini kondisinya sudah jauh berbeda.

baca juga: Nusa Ceningan Bali, Pulau Kecil dengan Sejuta Pesona Keindahan dan Destinasi Wisata Alternatif

Batu Melawang Nusa Ceningan 3 » Wisata Unik Berkunjung ke Gua Sarang Walet di Batu Melawang Nusa Ceningan

Populasi burung walet di Gua Sarang Walet mengalami penurunan. Dulu, sekali panen bisa mendapatkan jumlah sarang walet mencapai 30 kg. Saat ini, angka panen yang bisa diperoleh dari gua ini menurun sangat jauh. Sekali pemanenan, jumlah sarang burung yang bisa didapatkan hanya sekitar 2-4 kg. Padahal, biaya untuk menyewa tenaga pemetik sarang juga cukup mahal.

Aktivitas Wisata di Gua Sarang Walet Batu Melawang Nusa Ceningan

Sebagai gantinya, para wisatawan juga cukup banyak yang menyempatkan waktunya berkunjung ke Nusa Batu Melawang. Lokasi dari pulau kecil ini berada tidak jauh dari Pantai Banah yang sudah terkenal sebagai destinasi wisata alam cantik. Untuk menjangkau pulau ini, para wisatawan harus memanfaatkan layanan penyeberangan agar bisa mendarat di pulau.

baca juga: Abyss Zipline Ceningan Island Resort, Aktivitas Flying Fox Menantang dengan Pemandangan Menakjubkan

Selama berada di Batu Melawang, wisatawan harus ekstra hati-hati. Biasanya, para pengunjung hanya bisa menyaksikan gua dari luar. Alasannya, karena bakal cukup berbahaya kalau ada pengunjung yang memutuskan untuk masuk dan menjelajahi Gua Sarang Walet. Apalagi, mulut gua ini berhadapan secara langsung dengan laut lepas dan sering muncul ombak besar.

Kalau mau, Anda perlu menunggu air surut sehingga aktivitas masuk ke dalam gua bisa lebih aman. Menariknya lagi, Anda juga bisa menggunakan jasa guide dari penjaga yang biasa ditemukan di sekitar gua ini. Dengan begitu, Anda dapat menjelajahi gua unik ini dengan lebih aman.

Lokasi Batu Melawang Nusa Ceningan

Gua Sarang Walet yang ada di Nusa Batu Melawang ini bisa Anda temukan dalam gugusan pulau tiga nusa yang ada di Kecamatan Nusa Penida. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Desa Nusa Lembongan. Keberadaan gua ini menjadi salah satu aktivitas wisata menarik yang cukup jarang dilakukan oleh para wisatawan. Tertarik mencoba?