Yuk, Mulai Belajar Bahasa Bali Online Lewat Wiki BASAbali, Gratis!

Belajar Bahasa Bali Online

via Sahabatnesia

Bahasa Bali menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Keberadaannya harus tetap dijaga agar tidak tergerus oleh globalisasi. Upaya menjaga eksistensi Bahasa Bali tak hanya bisa dilakukan oleh masyarakat lokal, tetapi juga siapa saja. Apalagi, saat ini terdapat layanan Wiki BASAbali yang menyediakan sarana belajar Bahasa Bali secara online dan gratis.

Wiki BASABali telah secara resmi mulai tersedia online di internet sejak bulan Maret 2019. Keberadaannya situs ini sangat didukung oleh Pemerintah Provinsi Bali. Apalagi, pada tahun sebelumnya, Pemerintah Bali telah mengeluarkan aturan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018. Aturan ini bertujuan untuk melindungi serta mendorong penggunaan bahasa, aksara, serta sastra Bali.

baca juga: 4 Jenis Pohon Keramat dan Mistis di Bali yang Dipercaya Sebagai Rumah Makhluk Halus

Belajar Bahasa Bali Online 2 » Yuk, Mulai Belajar Bahasa Bali Online Lewat Wiki BASAbali, Gratis!

via Sahabatnesia

Cara Belajar Bahasa Bali Online dengan Mudah di Wiki BASAbali

Wiki BASAbali menjadi solusi bagi Anda untuk bisa mempelajari Bahasa Bali secara ringkas. Karena akses internet bisa didapatkan dengan gampang, Anda dapat berkunjung ke situs ini dari mana saja. Tampilannya yang sederhana juga membuat situs pembelajaran online ini dapat dibuka dengan mudah tanpa memerlukan banyak paket data.

baca juga: Teh Beras Merah Khas Jatiluwih, Minuman Tradisional dari Bali yang Kaya Manfaat

Ketika menggunakan situs ini, Anda akan dihadapkan pada layar dengan tampilan sederhana. Tersedia 3 pilihan bahasa pengantar yang dapat digunakan. Anda bisa memilih bahasa pengantar berupa Bahasa Bali, Bahasa Indonesia, ataupun Bahasa Inggris. Dengan variasi bahasa pengantar tersebut, situs ini bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk turis mancanegara.

Belajar Bahasa Bali Online 1 1024x423 » Yuk, Mulai Belajar Bahasa Bali Online Lewat Wiki BASAbali, Gratis!

via Istimewa

Selanjutnya, kalau ingin mencari arti sebuah kata dalam Bahasa Bali, caranya juga sederhana. Terdapat kolom pencarian yang memungkinkan Anda bisa secara langsung mencari arti sebuah kata. Di situ, Anda bisa memilih menggunaan tiga opsi yang tersedia, yakni mengartikan sebuah kata dalam Bahasa Bali ke Indonesia dan Inggris, Indonesia ke Bali dan Inggris, serta Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bali.

Selain bisa digunakan dengan berkunjung secara langsung ke situs resminya, Wiki BASAbali juga bisa digunakan lewat perangkat Android. Anda bisa mengunduh secara langsung aplikasi Wiki BASAbali secara gratis di Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa secara bebas memperoleh arti sebuah kata dalam bahasa Bali cukup dengan memakai smartphone.

Akurasi Belajar Bahasa Bali Online di Wiki BASAbali

Hanya saja, saat ini fitur yang dimiliki oleh Wiki BASAbali memang sangat sederhana. Anda hanya bisa mendapatkan arti per kata. Pengelola Wiki BASAbali masih belum menyediakan fitur yang memungkinkan para pengunjungnya untuk mendapatkan arti kalimat yang tersusun secara utuh. Sebagai gantinya, ada fitur berupa permainan kata yang menarik untuk dimainkan.

baca juga: Kulineran Enak di Sari Organik Pulu Mujung Warung Kintamani Sambil Menyaksikan Keindahan Gunung Batur

Meski begitu, situs ini menyediakan arti dalam Bahasa Bali secara akurat. Apalagi, penyusunan situs ini dilakukan dengan menggabungkan berbagai kombinasi, seperti kamus referensi, perpustakaan, ensiklopedia, sastra bali modern, teks tradisional, dan sebagainya.

Dengan keberadaan aplikasi ini, eksistensi Bahasa Bali sebagai bahasa pengantar yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari di Bali masih bisa eksis. Keberadaannya bakal sangat terlalu disayangkan kalau harus tergusurkan oleh bahasa lainnya, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, atau malah bahasa alay.

Belajar Bahasa Bali juga sangat bermanfaat bagi wisatawan. Lewat situs Wiki BASAbali, Anda bisa memiliki ketrampilan menawar barang layaknya masyarakat lokal. Bisa belanja lebih murah, lho!