Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud, Tawarkan Suasana yang Lebih Dekat dengan Budaya Tradisional Bali


Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud menjadi tujuan primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa wisata ini berada di Ubud, dimana kawasan Bali ini terkenal memiliki alam dan nuansa pedesaan dan budayanya yang kental.

Pengunjung wisatawan asing lebih sering berkunjung ke desa ini, sebab para wisatawan asing tersebut sangat tertarik dengan budaya dan adat penduduk Desa Nyuh Kuning yang masih tradisional dan pariwisata yang tak tersentuh modernisasi.

Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud
Sumber: Airy

Daya Tarik Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Desa ini dibangun menggunakan konsep Tri Hita Karana, menjaga keselarasan dan keharmonisan hubungan manusia dengan alam, manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan, sehingga semua tertata baik sesuai konsep budaya Bali, menyuguhkan harmonisasi alam dan budaya.

Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud dibangun jauh dari konsep pembangunan pariwisata modern dan lebih cenderung mengadopsi budaya lokal dengan alami dan tanpa sentuhan modernisasi. Sehingga alam dan budaya khas pedesaan dapat Anda rasakan.

Baca Juga: Desa Celuk Gianyar, Desa Wisata Penghasil Kerajinan Emas dan Perak di Bali

Kegiatan menyenangkan di Desa Nyuh Kuning ialah berjalan kaki ataupun bersepeda mengelilingi desa. Keindahan alam hijau serta udara yang sejuk tentu menjadi ‘obat’ bagi Anda yang jenuh dengan kegiatan sehari-hari.

Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud
Sumber: Instagram.com/myyshiley

Jalanan desa sangat bersih. Di kanan dan kiri Anda akan disuguhi pepohonan bunga kamboja yang menjadi ciri khas pulau Bali. Tak lupa sesajen dengan janur kuning berada di depan rumah yang artistik dan penuh aura spiritual.

Anda benar-benar akan merasakan indahnya desa bak lukisan. Di kanan dan kiri hanya ada taman hijau dan pepohonan rindang. Serta ditemani suara hewan ternak warga.

Fasilitas Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Rumah-rumah warga dapat dijadikan tempat menginap, berbaur dengan penduduk lokal serta Anda dapat mengenal budaya lebih dalam. Selain rumah warga, ada sejumlah resort, hotel maupun villa yang dapat Anda jadikan tempat menginap.

Di malam hari, Anda akan disuguhi pertunjukan tari tradisional yang tersebar di sejumlah tempat. Dengan biaya masuk yang murah yakni Rp. 10.000 saja Anda sudah dapat dengan puas menikmati pementasan tarian tradisional.

Baca Juga: Desa Wisata Baha Mengwi, Pilihan Liburan Edukasi dengan Nilai Sejarah Tinggi

Restoran maupun warung tersedia di Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud. Kebanyakan restoran tersebut menyediakan menu lokal dan nusantara bahkan berbagai masakan dimasak dengan cara tradisional. Salah satu restoran yakni Laka Leke Restaurant pada hari-hari tertentu menggelar pertunjukan tari sebagai suguhan sambil menemani makan Anda.

Ada sejumlah toko souvenir yang menjual berbagai barang yang dapat dijadikan oleh-oleh. Mulai dari tas rajut, baju, tas, topi, kain bali, dan lain-lain. Pilihan snack khas Bali juga tersedia.

Lokasi Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Wisata desa ini, berada di Jalan Raya Nyuh Kuning, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Desa wisata ini berada di Banjar Nyuh Kuning, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Lebih disarankan Anda berkunjung dengan membawa kendaraan sendiri, terlebih jalanan di kawasan Ubud tergolong sempit dan rawan akan kemacetan.

Objek wisata dekat Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud antara lain monkey forest ubud, padang tegal, bukit campuhan, puri saren agung, pura saraswati, hingga berbagai museum seni lukis seperti museum arma ubud, antonio blanco, museum neka dan puri lukisan. Dijamin, liburan ke sini akan memberi pengalaman unik tersendiri.


Like it? Share with your friends!

0
Imam Baihaki