Indahnya Pantai Kelingking Secret Point Nusa Penida


Kelingking Secret Point Nusa Penida-1
Keindahan Kelingking Secret Point Nusa Bali via asepchik

Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yang secara administratif berada di bawah Kabupaten Klungkung. Alam Nusa Penida masih murni dan memiliki pemandangan memukau yang berupa pantai tenang berpasir putih, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst di tepian laut.  Salah satu objek yang memukau di sini adalah Kelingking Secret Point Nusa Penida.

Di Kelingking Secret Point, terdapat spot yang terkenal untuk diving yakni Manta Point. Di kedalaman bawah laut Manta Point ini pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) berenang bebas bersama mereka. Inilah yang menjadikan Manta Point di Kelingking Secret Point menjadi spot yang harus dikunjungi untuk merasakan serunya berenang bersama puluhan ekor ikan Manta yang langka.

Kelingking Secret Point Nusa Penida-1
Keindahan Kelingking Secret Point Nusa Bali via asepchik

Berkunjung ke Pantai Kelingking ini tidak akan membuat siapapun bosan. Terlebih lagi pantai ini masih sangat alami. Fasilitas penunjangnya sedikit. Kalaupun ingin menginap, para traveler bisa memilih untuk mendirikan tenda. Asyik lho, bisa menginap di alam terbuka ditemani dengan pemandangan salah satu pantai paling eksotis di seantero Pulau Dewata Bali.

Pura di Kelingking Secret Point Nusa Penida

Selain Pantai Kelingking, ada pula pantai lain yang terletak tidak jauh dari tempat ini yang disebut dengan nama Pantai Paluang. Di pantai ini terdapat sebuah pura yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Pura Paluang atau juga ada yang menamainya dengan Pura Mobil. Terutama karena di sini terdapat keberadaan pelinggih yang punya bentuk mobil.

Pura di Kelingking Secret Point Nusa Penida
Pura di Kelingking Secret Point Nusa Penida via missnidy

Lokasi Pantai Kelingking Nusa Penida

Kelingking Secret Point terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Pantainya ada di bawah tebing dan tidak terlalu luas. Bukitnya sangat tinggi dan tidak ada akses jalan untuk turun ke bawah. Jadi memang pengunjung hanya bisa menyaksikan pemandangan Kelingking Secret Point dari atas bukit Karang Dawa. Meskipun begitu, berwisata ke sini sangat memuaskan karena di Indonesia tidak gampang mencari pemandangan seperti di Kelingking Secret Point.

Kelingking Secret Point Nusa Penida
Keindahan Pantai Kelingking di Nusa Penida Bali via Pino

baca juga: Crystal Bay Nusa Penida, Pantai dengan Air Laut Super Bening

Cara Menuju Kelingkin Secret Point Nusa Penida

Karena Nusa Penida adalah pulau yang ada di tengah laut, sehingga pengunjung hanya bisa mencapainya dengan alat transportasi laut. Bisa berangkat dari Pantai Sanur atau Padang Bai di bagian timur Pulau Bali. Jika dari Pantai Sanur, bisa naik perahu umum tradisional atau disebut jukung dengan biaya sekitar Rp. 40 ribu dan ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

baca juga: Pantai Geger Nusa Dua, Pantai Pasir Putih yang Alami

Jika dari Padang Bai, Anda bisa naik kapal feri dengan biaya sekitar Rp. 30 ribu atau speed boat dengan membayar Rp 45 ribu. Perjalanan dari Padang Bai ditempuh sekitar 1 jam untuk menuju Nusa Penida.  Perjalanan menuju obyek wisata Kelingking Secret Point memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam dari pelabuhan Nusa Penida dan berjarak sekitar 25 km.

Infrastuktur di Nusa Penida belum begitu sempurna. Pilihan transportasi umum di pulau ini juga sangat terbatas. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke sini sebaiknya Anda menyewa motor agar lebih fleksibel mencapai berbagai destinasi wisata di Nusa Penida.


Like it? Share with your friends!

1
Imam Baihaki