Pesona Wisata Alam Bukit Campuhan Ubud yang Mengagumkan


Bukit Campuhan Ubud
by @aeroboopictura

Pemandangan Bukit Campuhan Ubud kini menjadi destinasi wisata baru yang populer di kalangan para wisatawan. Lokasinya yang tersembunyi, membuat tempat ini jadi lokasi favorit, terutama karena bisa sejenak merasakan kesunyian, jauh dari ingar bingar suasana perkotaan.

Bukit Campuhan Ubud tak hanya menawarkan indahnya pemandangan alam. Refresing di bukit ini juga mampu mengusir segala kepenatan. Pemandangan asri di Bukit Campuhan Ubud semakin nampak asyik dengan jalur trekking yang tertata rapi sepanjang 2 kilometer. Menghirup segarnya udara Ubud di atas Bukit Campuhan bisa menjadi cerita yang tak terlupakan.

Bukit Campuhan Ubud
by @pamungkas_denay

Baca Juga: Monkey Forest Ubud, Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Bali

Pura Gunung Lebah di Bukit Campuhan Ubud

Di kawasan Bukit Campuhan Ubud terdapat sebuah pura yang bernama Pura Gunung Lebah sehingga ada pula yang menyebut kawasan ini sebagai Bukit Gunung Lebah. Bukit ini diapit oleh dua anak sungai sehingga terbentuk lembah-lembah hijau yang rimbun oleh pepohonan tropis. Rumput-rumput ilalang juga tumbuh dengan sangat baik sehingga sepanjang mata memandang hanya tampak hijaunya alam yang menyegarkan.

Di kejauhan tampak pohon nyiur yang meliuk-liuk terkena angin dengan hamparan persawahan yang indah. Di sisi lain, bangunan-bangunan hotel yang berada di tebing bukit semakin menambah unik lukisan alam yang tercipta.

Bukit Campuhan Ubud
by @chelly_dora

Baca Juga: Wisata ala Pedesaaan di Terasering Sawah Tegalalang Ubud

Aktivitas Bersepeda di Bukit Campuhan Ubud

Masuk ke kawasan Bukit Campuhan, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Jika Anda membawa kendaraan bermotor, Anda cukup bayar parkir Rp 5.000 yang nantinya masuk ke kas desa setempat. Jika Anda ingin menyusuri bukit dengan sepeda kayuh, Anda bisa menyewa di persewaan sepeda di Ubud dengan kisaran biaya sewa Rp 20.000.

Bukit Campuhan Ubud
by @aeroboopictura

Wisata ke Bukit Campuhan Ubud asyiknya dilakukan bersama pasangan. Karena banyaknya pasangan muda mudi yang datang ke sini sehingga sebutan Bukit Cinta juga menjadi nama bukit cantik ini. Namun tak harus dengan pasangan, beramai-ramai dengan kawan juga menjadi wisata yang seru jika dihabiskan di Bukit Campuhan ini.

Baca Juga: Wisata Kuliner Halal di Bali: Bebek Tepi Sawah Ubud

Tips Wisata ke Bukit Campuhan Ubud

Datang ke Bukit Campuhan yang perlu Anda siapkan adalah minuman, makanan ringan, dan yang paling penting adalah kamera. Selalu siapkan kamera dalam posisi baterai full jika tidak ingin kehilangan momen indah di Bukit Cinta alias Bukit Campuhan Ubud.

Bukit Campuhan Ubud
by Gregor Golob

Karena bukit ini terdapat pura yang disucikan, sebaiknya pengunjung yang datang tetap menjaga etika dan kesopanan. Kebersihan lokasi juga harus diperhatikan karena tidak adanya petugas yang membersihkan sehingga kesadaran wisatawan sangat diperlukan.

Jika Anda berencana datang ke Bukit Campuhan, baiknya datang pada pagi hari atau sore hari karena ketika pagi udara masih sangat segar dengan matahari yang hangat. Jangan datang ketika siang jika tidak ingin terpapar panasnya matahari karena tidak adanya tempat berteduh.

Cara Menuju Lokasi Bukit Campuhan Ubud

Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan jika Anda berangkat dari Denpasar. Sampai di pusat kota Ubud, arahkan kendaraan ke arah Barat menuju Hotel Ibah. Sampai di Hotel Ibah, belok kiri menuju jalan turunan hingga sampai di depan sekolah SMK. Anda dapat parkir kendaraan di halaman sekolah ini kemudian berjalan sekitar 10 meter. Akses jalan menuju wisata Bukit Campuhan berada di sebelah kanan pura. Anda bisa trekking dengan mengayuh sepeda atau dengan berjalan kaki, sama asyiknya kok.


Like it? Share with your friends!

0
Imam Baihaki