Menyaksikan Momen Religius Pujawali Pura Tanah Lot di Bali


pujawali Pura Tanah Lot
via Bali Post

Pura Tanah Lot menjadi satu dari sekian banyak destinasi populer di Bali. Apalagi, pura ini memiliki bentuk yang unik karena lokasinya berada di tengah laut. Ada banyak kesempatan yang bisa dipilih untuk berkunjung ke pura ini. Namun, kalau Anda ingin menyaksikan momen spesial, tak ada salahnya untuk datang pada pelaksanaan pujawali Pura Tanah Lot.

pujawali Pura Tanah Lot
via Bali Post

Pujawali atau biasa juga disebut piodalan merupakan upacara keagamaan yang biasa dilaksanakan di tempat ibadah. Pelaksanaan piodalan dapat dilakukan dalam skala kecil ataupun besar, ditentukan dengan kondisi finansial pengelola tempat ibadah. Secara harfiah, piodalan berasal dari kata odal yang artinya merupakan hari lahir. Jadi, perayaan pujawali atau piodalan merupakan momen perayaan ulang tahun pura.

Perayaan pujawali Pura Tanah Lot, seperti halnya piodalan di pura lain, dilaksanakan dengan berdasarkan perhitungan kalender Saka. Kalau berdasarkan penanggalan Masehi, pelaksanaan upacara ini dilangsungkan setiap 210 hari sekali atau 6 bulan. Di Pura Tanah Lot, pelaksanaan pujawali jatuh setiap Buda Wage Langkir dan perayaannya selalu ramai oleh para wisatawan, terutama wisatawan asing.

Apa yang Menarik Dalam Upacara Pujawali Pura Tanah Lot?

Wisatawan asing yang datang untuk menyaksikan upacara pujawali Pura Tanah Lot biasanya terlihat begitu antusias. Tak jarang, kedatangan wisatawan tersebut dilakukan lebih awal sebelum pelaksanaan upacara. Selain itu, wisatawan asing juga rela kalaupun harus menunggu seharian untuk bisa menyaksikan momen yang sakral di Pura Tanah Lot ini.

pujawali Pura Tanah Lot
via Bali Express

Antusiasme wisatawan asing dalam menyaksikan upacara pujawali Pura Tanah Lot memang cukup masuk akal, dan bahkan sangat normal. Apalagi, Pura Tanah Lot merupakan pura dengan status sebagai Pura Dhang Kahyangan. Pura ini menjadi lokasi meditasi Dang Hyang Nirartha yang berusaha untuk menyatukan energi lautan dengan energi gunung.

Pada momen pelaksanaan upacara pujawali Pura Tanah Lot, Anda akan menjumpai iring-iringan pemedek dalam jumlah yang besar. Pemedek sendiri merupakan sebutan untuk umat Hindu yang datang dengan bertujuan untuk mengikuti persembahyangan di pura dengan tanpa adanya ikatan khusus seperti keturunan atau kawitan.

pujawali Pura Tanah Lot
via Bali Post

Iring-iringan pemedek yang ingin berpartisipasi dalam upacara pujawali Pura Tanah Lot begitu banyak dan datang dari berbagai wilayah di Bali. Para pemedek itu biasanya sudah datang ke Pura Tanah Lot pada rentang antara pukul 4 sampai 6 pagi hari. Alasannya, pagi hari menjadi momen air laut sedang surut.

baca juga: Pura Tanah Lot Bali, Destinasi Wisata Paling Indah di Pulau Dewata

Kegiatan upacara di Pura Tanah Lot ini bisa berlangsung cukup lama. Oleh karena itu, tak heran kalau wisatawan juga terus berdatangan hingga sore hari. Apalagi, wisatawan juga dapat berbaur secara langsung dengan para pemedek. Di waktu yang sama, sore hingga malam hari merupakan puncak acara pujawali di Pura Tanah Lot.

Pengelola Pura Tanah Lot juga biasanya mengantisipasi kedatangan pemedek serta wisatawan dalam jumlah yang banyak. Bahkan, tak jarang ada pula persiapan berupa perahu boat yang dapat digunakan untuk mengantisipasi ketika air laut tengah pasang. Dengan begitu, para pemedek dapat mengikuti upacara tanpa terganggu fenomena alam.

Di waktu yang sama, wisatawan dapat memperoleh pengalaman unik selama berkunjung ke pura ini. Anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan memukau. Di waktu yang sama, juga berkesempatan untuk melihat upacara yang sakral bagi masyarakat Hindu Bali.


Like it? Share with your friends!

0
Imam Baihaki

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *