Pulau Serangan Denpasar, Wisata Berkunjung ke Penangkaran Penyu Hijau


pulau serangan denpasar
via indah-haya

Jika Anda ingin mencari destinasi wisata yang tak biasa, datatang saja ke Pulau Serangan Denpasar. Pulau Serangan ialah pulau kecil yang terpencil. Namun, lokasinya yang terpencil membuatnya masih terjaga dan asri. Siapa sangka bahwa pulau kecil ini merupakan tempat penangkaran penyu hijau loh.

Pulau Serangan Denpasar ini memiliki panjang maksimum 2,9 km dan lebar 1 km. Serangan memiliki beberapa keunikan yang dapat anda nikmati saat berlibur. Terdapat berbagai objek wisata yang dapat anda coba, seperti menikmati keindahan matahari terbit ataupun saat tenggelam, memancing, mengunjungi konservasi penyu, dapat merasakan keindahan sunrise dan sunset, serta terdapat objek wisata lainnya.

pulau serangan denpasar
via indah-haya

Saat di Pulau Serangan, anda dapat mengunjungi Pantai berpasir putih di Nusa Serangan yang terletak di sebelah selatan, melewati kawasan Bali Turtle Island Development. Selain itu, berada di pantai ini anda juga dapat bermain-main atau melakukan watersport, seperti snorkeling, parasailing, waterski, jetski, banana boat, dan banyak lagi. Meskipun tidak selengkap wisata bahari yang ada di Tanjung Benoa, namun di Pulau Serangan juga sudah cukup memanjakan anda para pecinta wisata air.

Hal yang paling menarik yang dapat anda lakukan ketika berlibur di Serangan adalah menngunjungi tempat konservasi penyu. Anda semua pastinya tahu bahwa penyu ini keberadaannya perlu untuk dijaga, maka dari itu terdapat balai konservasi di Pulau Serangan Denpasar.

pulau serangan denpasar
via panduanwisata

Terdapat 3 jenis penyu yang ditangkar disini, yaitu penyu hijau, sisik, dan lekang. Di balai konservasi ini terdapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti merelokasi telur penyu di pantai dan dibawa ke tempat penangkaran untuk ditetaskan, kemudia setelah menetas, penyu yang berupa tukik ini akan dikembalikan ke habitatnya. Anda dapat menyaksikan secara lagsung pelepasan tukik-tukik ke laut.

Pura Sakenan Di Pulau Serangan Denpasar

Di Pulau Serangan ini juga dibangun pura bernama Pura Sakenan. Pura Sakenan sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Pura Sakenan di Timur dan Pura Sakenan di Barat. Pura yang dijadikan juga sebagai tempat mengadakan upacara penting setiap 6 bulan sekali menurut kalender orang Bali yaitu upacara Piodalan.

Ratusan umat yang merayakan datang ke pura Sakenan. Upacara diadakan selama tiga hari bertepatan juga dengan Hari Raya Kuningan. Akan ada beberapa tarian tarian tradisional dipertunjukan selama perayaan dan biasanya hingga akhir pekan Kuningan.

Pulau Serangan juga merupakan tempat yang cocok bagi anda yang mencari ketenangan saat liburan. Menginap di penginapan yang ada, saat pagi hari anda dapat melihat sunrise dan ketika senja anda dapat menyaksikan sunset. Suasana tersebut pun sangat cocok bagi yang berlibur bersama pasangan.

Lokasi Pulau Serangan Denpasar

Pulau yang terletak 5 km di sebelah selatan kota Denpasar ini dapat anda jadikan sebagai destinasi berlibur. Untuk dapat menuju ke Pulau Serangan ini anda dapat menempuh perjalanan dari arah Sanur menuju ke bandara, sebelum Lotte Mart, anda msuk kiri jalan. Disini anda akan menemukan jembatan penghubung antara dataran utama Bali dengan Pulau Serangan. Sayangnya jembatan ini hanya dapat dialalui ketika air laut sedang surut. Jika musim penghujan atau air laut pasang maka saying sekali Anda tidak dapat berkunjung ke Pulau Serangan.

Pulau Serangan Denpasar merupakan pulau yang menyajikan objek wisata dan edukasi. Masih banyak lagi tempat-tempat yang dapat anda kunjungi bersama-sama keluarga atau kawan-kawan anda ketika berlibur. Nikmati masa liburan anda dengan berkunjung ke Pulau Serangan dan ciptakanlah pengalaman yang menarik.


Like it? Share with your friends!

0
Imam Baihaki